Comscore Tracker

5 Dampak Negatif Terlalu Fokus dengan Kehidupan Dunia Maya  

Kamu sering merasa sepi di tengah keramaian  

Seiring dengan berkembangnya teknologi digital, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan beragam aplikasi media sosial yang bertebaran. Memang tidak dapat dimungkiri jika saat ini keberadaan media sosial seolah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Entah untuk sekadar untuk berkomunikasi maupun kebutuhan berbisnis.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan keberadaan media sosial, asal kamu bisa memfungsikannya secara tepat dan untuk hal-hal yang sekiranya positif. Namun, bagaimana jika kita menggunakan media sosial secara berlebihan sehingga terlalu fokus dengan dunia maya? Berikut ini lima dampak negatif yang akan dihadapi.

1. Tidak percaya diri

5 Dampak Negatif Terlalu Fokus dengan Kehidupan Dunia Maya  ilustrasi merasa minder (pexels.com/John diez)

Siapa, sih, di era sekarang ini yang tidak kenal dengan keberadaan media sosial? Bisa dipastikan hampir semua orang pasti mengenal dan menggunakannya, terutama para generasi muda. Baik itu difungsikan sebagai media komunikasi, bekerja, maupun sekadar sebagai sarana hiburan.

Meskipun begitu, penggunaan media sosial juga perlu dikontrol dengan baik, lho. Mungkin terdengar sepele, tapi pada kenyataannya ini bisa memicu rasa tidak percaya diri. Terlalu fokus dengan dunia maya membuatmu meragukan kemampuan diri sendiri karena terpaku dengan kehidupan orang lain yang nampak sempurna.

2. Sepi di tengah keramaian

5 Dampak Negatif Terlalu Fokus dengan Kehidupan Dunia Maya  ilustrasi berjalan di keramaian (pexels.com/pixabay)

Kesepian memang menjadi salah satu situasi yang tidak diinginkan oleh sebagian orang. Kesepian tidak selalu diidentikkan dengan kondisi yang sendiri tanpa adanya orang. Namun bisa jadi kamu merasa sepi dan sunyi meskipun sedang berada di tengah-tengah keramaian.

Namun tahukah kamu? Merasa sepi di tengah keramaian merupakan salah satu dampak negatif yang bisa saja terjadi ketika kamu terlalu fokus dengan dunia maya. Meskipun kamu bisa berkomunikasi dengan orang lain, komunikasi tersebut tetaplah tidak secara nyata. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Mengutamakan Real Life Daripada Dunia Maya  

3. Terkucil dari pergaulan

5 Dampak Negatif Terlalu Fokus dengan Kehidupan Dunia Maya  ilustrasi merasa terpuruk (pexels.com/pixabay)

Sebagai makhluk sosial kita pasti berkomunikasi satu sama lain. Mulai dari komunikasi yang bersifat ringan seperti bertegur sapa maupun komunikasi intens untuk membicarakan urusan yang penting. Bisa dipastikan semua orang pasti melakukan komunikasi dengan sesama.

Namun sayangnya, komunikasi ini tidak akan berjalan lancar jika kamu terlalu fokus dengan kehidupan dunia maya. Sekali dua kali mungkin tidak masalah. Namun jika ini dilakukan secara berkelanjutan, bukan tidak mungkin jika pada akhirnya kamu akan terkucil dari pergaulan orang-orang sekitar.

4. Banyak pekerjaan terbengkalai

5 Dampak Negatif Terlalu Fokus dengan Kehidupan Dunia Maya  ilustrasi merasa malas (pexels.com/Ron Lach)

Untuk memenuhi tuntutan hidup, bekerja merupakan hal yang wajib dilakukan. Berada dalam dunia kerja, tentu kamu memiliki tanggung jawab terkait pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Baik itu tanggung jawab yang menyangkut urusan sepele maupun urusan penting.

Lantas, apa kaitannya dengan terlalu fokus kehidupan dunia maya? Ketika kamu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk sekadar bermain media sosial tanpa tujuan yang jelas, maka akan timbul kemalasan. Jika ini terus berlanjut, bisa dipastikan semakin banyak pekerjaan yang terbengkalai.

5. Waktu terbuang sia-sia

5 Dampak Negatif Terlalu Fokus dengan Kehidupan Dunia Maya  ilustrasi menyentuh jarum jam (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Waktu memang tidak dapat dimiliki, namun waktu yang terbuang sia-sia akan menimbulkan penyesalan. Nasihat untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin sudah banyak bertebaran, baik itu nasihat yang disampaikan secara langsung maupun nasihat tertulis di berbagai artikel serta media sosial.

Salah satu aktivitas yang bisa membuat waktu terbuang sia-sia yaitu terlalu fokus dengan kehidupan dunia maya. Kamu seharian hanya bersantai sambil bermain media sosial tanpa ada tujuan yang pasti. Padahal di luar sana ada banyak kesempatan untuk mengembangkan diri menjadi pribadi yang unggul dan berkualitas.

Keberadaan media sosial seolah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Namun demikian, kamu harus bisa menggunakannya secara tepat. Setelah mengetahui lima dampak negatif di atas, apakah kamu masih terlalu fokus dengan kehidupan dunia maya ke depannya?

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Sering Curhat di Media Sosial, Pernah Begini?

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya