Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Mengalami Demotivasi

Segera bangkit dan lakukan yang terbaik  

Pernahkah kamu merasa kehilangan semangat saat bekerja? Kamu merasa lelah dan tidak ingin lagi berusaha untuk mencapai yang lebih baik. Jika dirimu sedang terjebak dalam kondisi yang demikian, sadarilah itu merupakan bukti yang menunjukkan bahwa kamu sedang mengalami demotivasi.

Walaupun terlihat sepele, jika dibiarkan berlarut-larut, hal ini tentu juga akan memengaruhi kinerjamu. Sebisa mungkin kamu harus bisa keluar secepatnya dari kondisi tersebut. Lantas, apa sajakah yang harus kamu lakukan ketika sedang mengalami demotivasi? Yuk, baca artikel di bawah ini.

1. Renungkan kembali apa yang sesungguhnya menjadi tujuanmu

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Mengalami Demotivasiilustrasi perempuan bersantai (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap dari kita tentu memiliki tujuan hidupnya masing-masing. Jika diibaratkan, tujuan hidup seperti halnya sebuah kemudi. Adanya tujuan hidup membuatmu tahu ke mana harus melangkah dan keputusan seperti apa yang hendak diambil. Namun demikian, akan berbeda jadinya jika kamu sedang mengalami demotivasi.

Jika kamu berada dalam situasi yang demikian, salah satu hal yang bisa kamu lakukan yaitu dengan merenungkan kembali apa yang sebenarnya menjadi tujuan hidupmu. Tentukan apa yang ingin kamu raih dalam jangka pendek, menengah, maupun dalam jangka panjang. Dengan mengetahui apa yang menjadi tujuan hidupmu, kamu jadi lebih semangat menjalani hidup. 

2. Jaga work life balance

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Mengalami Demotivasiilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Anh Tuan)

Keseimbangan kerja menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Sebagaimana yang kita tahu, terlalu bermalas-malasan dalam bekerja itu tidak baik. Begitu juga dengan perilaku memforsir diri untuk bekerja sampai di luar batas wajar. Sebisa mungkin antara waktu bekerja dengan bersantai harus seimbang.

Lantas, apa kaitannya dengan demotivasi? Perlu diketahui, salah satu cara yang bisa kamu lakukan ketika sedang mengalami demotivasi yaitu dengan menjaga work life balance sebaik mungkin. Kehidupan yang seimbang antara dunia kerja dengan dunia di luar kerja akan membuat semangatmu tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Demotivasi saat Bekerja, Tetapkan Tujuan Nyata

3. Luangkan waktu untuk istirahat

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Mengalami Demotivasiilustrasi bersantai (pexels.com/Artem Beliaikin)

Padatnya kesibukan yang dijalani memang menimbulkan kelelahan tersendiri. Kelelahan yang dimaksud bukan hanya dari segi fisik, tapi juga kelelahan dari segi mental. Tidak jarang kondisi yang seperti ini pada akhirnya membuatmu tidak termotivasi menjalani apa pun.

Berada dalam kondisi yang demikian, salah satu hal yang bisa kamu lakukan yaitu dengan meluangkan waktu untuk istirahat. Bagaimana pun juga, kondisi psikis, fisik, dan pikiranmu ibarat mesin. Jika dipaksakan terus bekerja tanpa istirahat tentu kinerjanya bisa terganggu.

4. Cari tahu apa yang sedang menghambatmu

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Mengalami Demotivasiilustrasi berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memang tidak dapat dipungkiri jika upaya meraih tujuan yang diinginkan tidaklah mudah. Ada banyak banyak hal-hal tidak terduga yang bisa menghambat langkahmu. Hambatan-hambatan ini juga yang pada akhirnya sering membuat kinerjamu jadi tidak maksimal karena tidak termotivasi lagi.

Lantas, apa yang harus dilakukan ketika sedang berada dalam situasi yang demikian? Salah satu yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mencari tahu apa yang sebenarnya menjadi hambatanmu. Dengan demikian, kamu bisa menemukan solusi dengan tepat sehingga tidak terjebak dalam rasa putus asa berlarut-larut.

5. Self reward

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Mengalami Demotivasiilustrasi belanja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tuntutan pekerjaan dan rutinitas yang harus dijalani memang menimbulkan kelelahan tersendiri. Ketika rasa lelah itu sudah menumpuk, tidak jarang kamu akan terjebak dalam demotivasi. Kamu tidak lagi memiliki semangat untuk berusaha dan meraih apa yang diinginkan.

Lalu apa kaitannya dengan self reward? Sikap menghargai diri sendiri atau self reward menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan motivasi yang sempat menghilang. Self reward membuat dirimu lebih bahagia karena merasa diapresiasi dan diperhatikan. 

Demotivasi menjadi salah satu fase yang pernah dialami setiap orang. Jika saat ini kamu sedang terjebak dalam situasi tersebut, ingat lima hal di atas, ya!

Baca Juga: 5 Pemicu Demotivasi ini Jarang Disadari, Jangan Menyerah Dulu!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya