Comscore Tracker

5 Hal yang Terjadi saat Kamu Ikut-ikutan Konflik Orang Lain

Pikiranmu gak pernah tenang 

Kebiasaan buruk sangat susah dihilangkan. Salah satu di antara kebiasaan buruk yang jarang disadari yaitu ikut campur urusan orang lain. Setiap kali orang lain ada konflik kamu selalu berusaha terlibat di dalamnya.

Kebiasaan seperti ini tentu saja membawa akibat di kemudian hari. Kamu jadi gampang terseret masalah atau dipandang sebagai perusuh. Jika kamu sering melibatkan diri dalam konflik orang lain, lima hal ini akan sering terjadi.

Baca Juga: Jangan Ikut-ikutan, 8 Saran Diet Ini Ngawur Banget!

1. Kamu memiliki musuh di mana-mana 

5 Hal yang Terjadi saat Kamu Ikut-ikutan Konflik Orang Lainilustrasi berkonflik (pexels.com/Keira Burton)

Kehadiran musuh di mana-mana membuat dirimu tidak tenang. Di lingkungan kerja kamu berkonflik dengan seseorang. Di lingkungan sekitar rumah kamu juga tidak akur dengan tetangga dan masyarakat kompleks.

Rawan memiliki musuh di mana-mana merupakan hal yang akan terjadi saat kamu melibatkan diri dalam masalah orang lain. Mungkin yang sedang berkonflik dengan seseorang adalah temanmu. Tapi sikapmu yang ikut-ikutan terlibat membuat orang turut tidak menyukaimu.

2. Kamu gampang terseret ke dalam persoalan rumit 

5 Hal yang Terjadi saat Kamu Ikut-ikutan Konflik Orang Lainilustrasi bersedih (pexels.com/MART PRODUCTION)

Terseret ke dalam persoalan rumit sudah pasti tidak kamu inginkan. Persoalan rumit bikin pusing tujuh keliling. Permasalahan satu belum selesai sudah muncul lagi sederet permasalahan yang lain.

Hal ini akan terjadi saat kamu sering melibatkan diri dalam konflik orang lain. Kamu terlalu ikut campur dengan hal-hal yang tidak seharusnya kamu campuri. Saat orang tersebut terjebak permasalahan, kamu turut terkena getahnya.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Bila Kamu Selalu Ikut-ikutan Ucapan Orang Lain

3. Bukan tidak mungkin kamu dijadikan sasaran tuduhan 

5 Hal yang Terjadi saat Kamu Ikut-ikutan Konflik Orang Lainilustrasi menunjuk (Rodolpho Zonardo)

Walaupun melibatkan diri dalam konflik orang lain itu kurang baik, tapi masih banyak yang melakukannya. Entah karena alasan kepo, ingin dicap sebagai teman yang baik, maupun alasan-alasan yang lain. Tapi kebiasaan ini juga memiliki risiko tersendiri.

Saat ikut terlibat dalam konflik orang lain bisa saja kamu jadi sasaran tuduhan. Orang lain yang berbuat kesalahan tapi kamu yang menanggung dampaknya. Jika dampak itu tidak terlalu serius bukan masalah. Tapi jika merugikan diri sendiri pasti kamu sangat menyesal.

4. Pikiranmu tidak pernah tenang 

5 Hal yang Terjadi saat Kamu Ikut-ikutan Konflik Orang Lainilustrasi tertekan (RODNAE Productions)

Ketenangan berpikir mempengaruhi kebahagiaan hidup. Saat pikiran tenang, hidup terasa nyaman. Pikiran tidak terbebani dan hati terasa lapang. Tapi ketenangan ini akan hilang seketika saat kamu terlibat dalam suatu masalah.

Pikiran tidak tenang merupakan salah satu hal yang akan terjadi saat kamu ikut melibatkan diri dalam konflik orang lain. Konflik temanmu yang berkepanjangan membuat pikiranmu ikut kalut. Kemanapun pergi, kamu selalu diliputi kekhawatiran. Semua aktivitas jadi terganggu.

5. Selalu ikut campur konflik orang lain bikin kamu dicap perusuh 

5 Hal yang Terjadi saat Kamu Ikut-ikutan Konflik Orang Lainilustrasi menunjuk (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap dari kita pasti ingin memperoleh citra diri yang baik. Tapi yang perlu diingat, semua tergantung perilaku dan karakter diri. Apakah kamu bisa berbuat sesuai tatanan etika atau malah memancing keributan di tengah-tengah masyarakat.

Saat kamu selalu melibatkan diri dalam konflik orang lain, orang akan menganggapmu bermusuh. Kamu dianggap sebagai biang kerok yang hanya memperkeruh masalah. Akibat perilaku itu orang-orang tidak akan segan apalagi hormat kepadamu.

Mengetahui permasalahan orang lain bukan sesuatu yang salah. Tapi kamu juga harus paham batasan. Jangan sampai keinginan kepo membuatmu terus melibatkan diri dalam konflik orang lain. Alih-alih menuai dampak positif, yang ada kamu ikut terkena getahnya.

Baca Juga: 9 Foto Kucing Galau Ini Bakal Bikin Kamu Ikutan Mewek!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya