Comscore Tracker

5 Kebiasaan Buruk saat Iseng Buka Aplikasi Online Shop, Sering Kalap!

Kamu masih sering tergoda promo gak, nih?  

Di era perkembangan teknologi digital seperti sekarang, aplikasi online shop tentu bukan hal yang asing lagi. Dengan adanya aplikasi online shop, seseorang tidak perlu repot-repot ke tempat penjual jika ingin membeli suatu barang. Mereka cukup melakukan pemesanan melalui aplikasi yang ada di smartphone.

Namun demikian, keberadaan beragam aplikasi belanja online yang bertebaran ternyata juga menjadi tantangan tersendiri. Tidak jarang sebagian orang sering jadi memiliki kebiasaan buruk ketika sedang berbelanja secara online. Kira-kira apa saja itu? Berikut ini lima kebiasaan buruk yang sering dilakukan saat sedang membuka aplikasi online shop.

1. Sering tergoda promo

5 Kebiasaan Buruk saat Iseng Buka Aplikasi Online Shop, Sering Kalap!ilustrasi potongan harga (pexels.com/Artem Beliaikin)

Keberadaan online shop memang sudah menjamur. Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan keberadaan promo-promo yang bertebaran. Baik itu potongan harga yang bikin banyak orang kepincut maupun bebas biaya kirim yang membuat orang pada akhirnya belanja besar-besaran.

Sering tergoda oleh beragam promo yang bertebaran tentu menjadi salah satu kebiasaan buruk yang dimiliki para pengguna aplikasi online shop. Mungkin niat awalmu hanya ingin membeli satu barang yang benar-benar diperlukan. Namun, karena banyak promo bertebaran, pada akhirnya kamu tergoda untuk membelinya.

2. Membeli barang untuk menuruti keinginan semata

5 Kebiasaan Buruk saat Iseng Buka Aplikasi Online Shop, Sering Kalap!ilustrasi belanja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang sudah pasti memiliki keinginannya masing-masing yang tidak dapat disamakan. Namun sayangnya, keinginan seringkali tidak terbatas. Satu sudah berhasil dituruti, muncul lagi seribu keinginan yang lain. Ini berlangsung secara berulang sehingga secara tidak sadar terjebak sifat konsumtif.

Salah satu kebiasaan buruk yang masih sering digunakan oleh para pengguna aplikasi online shop yaitu membeli barang hanya untuk menuruti keinginan semata. Kamu tidak memikirkan apakah barang tersebut pada nantinya akan berguna atau tidak. Tidak jarang barang yang kamu beli hanya akan berakhir sebagai pajangan.

Baca Juga: 5 Ide Konten Instagram yang Menarik untuk Akun Online Shop

3. Sering menganggap remeh pengeluaran kecil

5 Kebiasaan Buruk saat Iseng Buka Aplikasi Online Shop, Sering Kalap!ilustrasi uang receh (pexels.com/DS Stories)

Membicarakan kondisi keuangan, pasti ada yang namanya pemasukan dan pengeluaran. Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan istilah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Bagi kita mungkin pengeluaran tersebut terlihat kecil dan tidak seberapa, tapi jika dilakukan berulang tentu ini akan menguras tabungan.

Menjadi pengguna aplikasi online shop, tentu kita sering dihadapkan dengan kondisi yang demikian. Sebab alasan sedang promo atau ada potongan biaya kirim, pada akhirnya berbelanja sampai di luar batas kewajaran. Padahal pengeluaran yang terlihat kecil tersebut jika dilakukan secara berulang tentu akan menguras keuangan.

4. Kalap belanja

5 Kebiasaan Buruk saat Iseng Buka Aplikasi Online Shop, Sering Kalap!ilustrasi kalap belanja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Siapa, sih yang tidak senang ketika belanja? Apalagi jika kamu belanja banyak hal yang kamu inginkan. Entah itu barang yang penting maupun tidak penting. Apalagi di era perkembangan teknologi digital seperti sekarang ini di mana sudah banyak bertebaran aplikasi online shop.

Walaupun pada kenyataannya memudahkan kita dalam berbelanjan, namun keberadaan aplikasi online shop juga bisa menumbuhkan kebiasaan buruk, lho. Sebab tergoda oleh barang-barang yang terlihat menarik, apalagi dengan iming-iming potongan harga, pada akhirnya kita kalap dalam berbelanja.

5. Mendahulukan keinginan daripada kebutuhan

5 Kebiasaan Buruk saat Iseng Buka Aplikasi Online Shop, Sering Kalap!ilustrasi belanja (pexels.com/Max Fischer)

Setiap dari kita tentu memiliki keinginan dan kebutuhan. Namun demikian, tidak semua orang mampu memilah dengan cermat apa yang menjadi kebutuhan serta mana saja yang sekedar keinginan. Apalagi jika kita sudah membuka aplikasi belanja online.

Mendahulukan keinginan daripada kebutuhan merupakan salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan ketika tengah berbelanja secara online. Terlena dalam potongan harga dan barang yang terlihat menarik, pada akhirnya apa yang menjadi keinginan diutamakan dan apa yang menjadi kebutuhan malah diabaikan.

Keberadaan aplikasi belanja online memang berkembang pesat akhir-akhir ini. Kira-kira dari kelima kebiasaan buruk di atas, mana sajakah yang masih sering kamu lakukan ketika tengah berbelanja secara online?

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Saat Memberi Istri Jatah Belanja, Jangan Pelit!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya