Comscore Tracker

5 Kerugian Saat Kamu Mengabaikan Sifat Ceroboh, Mudah Gagal!  

Sifat ceroboh menyisakan penyesalan tak berujung 

Ceroboh merupakan kata yang sudah tidak asing lagi didengar. Tentu kamu pernah bertemu dengan seseorang yang mudah lupa dengan sesuatu maupun mudah kehilangan barang termasuk hal-hal kecil sekalipun. Sifat ceroboh mengarah kepada seseorang yang memiliki kebiasaan tidak teliti dan tidak hati-hati.

Meskipun terdengar sebagai hal yang lumrah untuk dilakukan, namun nyatanya sifat ceroboh membawa pengaruh yang besar, lho. Jika hal ini terus menerus dibiarkan, tentu akan membawa kerugian dalam hidup. Apa sajakah itu?, berikut lima kerugian yang akan didapat saat kamu mengabaikan sifat ceroboh.

1. Pekerjaan sering terbengkalai

5 Kerugian Saat Kamu Mengabaikan Sifat Ceroboh, Mudah Gagal!  ilustrasi sedang kelelahan (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Setiap orang tentu memiliki tanggungan kerja yang harus segera diselesaikan. Tidak jarang pekerjaanmu tersebut membutuhkan tingkat ketelitian dan kecermatan yang tinggi. Namun sayangnya, hal tersebut tidak sejalan dengan sifat ceroboh yang sudah mengakar kuat dalam dirimu.

Jika kamu termasuk orang yang masih mengabaikan kebiasaan tersebut, mulai sekarang lebih berhati-hati, deh. Jika tidak segera dikontrol, kebiasaan ceroboh tentu dapat membawa kerugian termasuk dalam dunia kerja. Alih-alih selesai, yang ada pekerjaan justru semakin terbengkalai.

2. Sering kehilangan sesuatu yang penting

5 Kerugian Saat Kamu Mengabaikan Sifat Ceroboh, Mudah Gagal!  ilustrasi memilah dokumen (pexels.com/Anete Lusina)

Setiap orang pasti memiliki barang-barang yang dibutuhkan dalam hidupnya. Entah itu barang kecil yang bersifat remeh-temeh dan tidak terlalu berharga maupun barang-barang penting yang harus dijaga sebaik mungkin. Salah satu kerugian yang didapat akibat dari mempertahankan kebiasaan ceroboh adalah sering kehilangan sesuatu.

Jika itu terkait dengan barang-barang sepele sih mungkin tidak terlalu bermasalah. Tetapi kalau yang hilang itu adalah barang-barang penting dan berharga seperti handphone, dompet, ataupun dokumen-dokumen tertentu, sudah pasti kamu akan pusing tujuh keliling saat mengalami hal tersebut.

3. Mudah gagal

5 Kerugian Saat Kamu Mengabaikan Sifat Ceroboh, Mudah Gagal!  ilustrasi mengalami kegagalan (pexels.com/Inzmam Khan)

Meskipun tersengar sepele, nyatanya kebiasaan ceroboh itu dapat merugikan diri sendiri, lho. Sifat ceroboh menjadikanmu cenderung tidak hati-hati dalam setiap langkah. Jika dibiarkan terus menerus, tentu yang akan mengalami kerugian adalah dirimu sendiri.

Kebiasaan ceroboh yang sering dilakukan dapat menuntunmu kepada jurang kegagalan. Di awal mungkin kamu sudah berjuang sekuat yang kamu bisa. Namun karena kecerobohan tersebut, bisa jadi apa yang selama ini kamu perjuangkan justru hancur begitu saja. Jika ini sampai terjadi, bukankah yang tersisa justru hanya penyesalan?.

Baca Juga: 5 Hal Baik yang Akan Terjadi saat Rencanamu Gagal, Gak Usah Berlebihan

4. Gampang diperdaya oleh orang lain

5 Kerugian Saat Kamu Mengabaikan Sifat Ceroboh, Mudah Gagal!  ilustrasi sekelompok pekerja kantoran (pexels.com/Yan Krukov)

Setiap orang memiliki ciri khas dan kepribadiannya masing-masing. Ada tipikal orang yang memiliki watak dan perilaku yang baik. Adapula mereka yang memiliki karakter buruk sehingga tidak segan memanfaatkan apalagi menipu orang lain.

Salah satu sasaran empuk bagi orang-orang yang hobi memperdaya adalah mereka yang memiliki sifat ceroboh. Kamu tidak memiliki ketelitian sehingga gampang ditipu dan dimanfaatkan. Jika itu menyangkut hal-hal sepele, sih tidak begitu bermasalah. Tetapi jika itu menyangkut hal yang penting tentu yang dirugikan adalah dirimu sendiri.

5. Sering terjebak dalam bahaya

5 Kerugian Saat Kamu Mengabaikan Sifat Ceroboh, Mudah Gagal!  ilustrasi tertekan (pexels.com/MART PRODUCTION)

Hidup memang penuh tantangan dan permasalahan. Namun demikian, tantangan dan permasalahan yang muncul seringkali berasal dari sifat dan kebiasaan yang dilakukan oleh diri sendiri. Maka dari itu, sikap waspada dan hati-hati sangat diperlukan.

Salah satu kerugian yang di dapat ketika kamu memiliki sifat ceroboh dan cenderung tidak hati-hati adalah sering terlilit masalah. Seringkali masalah-masalah yang muncul dapat menjebakmu dalam situasi berbahaya sehingga akan menyengsarakan diri sendiri. Jika ini sampai terjadi, apakah kamu tidak menyesal?. 

Istilah ceroboh seolah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh banyak orang. Namun jika sifat ini dibiasakan terus menerus, tentu akan merugikan diri sendiri. Setelah mengetahui lima kerugian di atas, apakah kamu masih tertarik menjadi orang yang ceroboh?.

Baca Juga: 6 Alasan Menghindari Hal yang Gak Kamu Sukai Itu Sebenarnya Bikin Rugi

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya