6 Keuntungan Saat Kamu Bisa Mengontrol Hal-hal Negatif yang Datang

Kehidupan terasa lebih tenang

Kehidupan memang dikelilingi oleh banyak hal tidak terduga. Selain berbagai pengalaman positif, kamu juga bisa bertemu hal-hal negatif. Contohnya seperti kegagalan, rasa takut dan kekhawatiran, atau pikiran buruk sejak awal.

Memilih tenggelam dalam hal-hal negatif justru mengacaukan kehidupan yang kamu jalani. Cara yang tepat untuk mengatasi dengan mengontrolnya. Saat kamu mampu mengontrol hal negatif yang datang, ada keuntungan yang akan dirasakan.

1. Kesehatan mental yang lebih baik

6 Keuntungan Saat Kamu Bisa Mengontrol Hal-hal Negatif yang Datangilustrasi tersenyum (pexels.com/Matthias Cooper)

Kehidupan seringkali diwarnai dengan pengalaman kurang menyenangkan. Contohnya saat kamu memiliki prasangka buruk tentang kegagalan. Menghadapi fenomena demikian, kamu harus bisa mengelola diri secara bijaksana. Jangan malah tenggelam dalam prasangka.

Beberapa keuntungan akan dirasakan saat kamu bisa mengontrol hal-hal negatif yang datang. Diantaranya kesehatan mental yang lebih baik. Kamu mampu mengelola emosi negatif yang datang. Baik berupa kecewa maupun kemarahan.

2. Kehidupan yang lebih tenang

6 Keuntungan Saat Kamu Bisa Mengontrol Hal-hal Negatif yang Datangilustrasi sosok tangguh (pexels.com/Andre Furtado)

Hal-hal negatif sering datang tanpa diduga. Contohnya seperti gejolak emosi negatif, atau saat kamu dikuasai rasa takut akan kegagalan. Sebisa mungkin harus mengontrol hal-hal negatif yang datang dalam hidup.

Tidak ada yang rugi dengan sifat demikian. Mampu mengontrol hal-hal negatif yang datang, Kehidupan terasa lebih tenang. Kamu tidak harus merasa tertekan dan terbebani. Apalagi terjebak prasangka yang tidak pasti.

3. Mampu fokus dan berkonsentrasi pada tujuan hidup

6 Keuntungan Saat Kamu Bisa Mengontrol Hal-hal Negatif yang Datangilustrasi berkonsentrasi (pexels.com/Mikhail Nilov)

Tanpa disadari, banyak sekali hal-hal negatif yang datang. Entah yang berasal dari dalam diri sendiri, maupun dari lingkungan sekitar. Semakin kamu pasrah dalam kondisi tersebut, tentu terombang-ambing tanpa tujuan yang pasti.

Sebaliknya, saat mampu mengontrol hal-hal negatif yang datang, hidup merasakan keuntungan. Kamu mampu fokus dan berkonsentrasi pada tujuan hidup secara utuh. Baik visi-misi jangka panjang maupun jangka pendek, tidak ada yang terlewatkan sama sekali.

dm-player

Baca Juga: 7 Tips agar Kamu Mahir Mengontrol Mood, Kembangkan Kepribadianmu 

4. Relasi sosial yang lebih harmonis

6 Keuntungan Saat Kamu Bisa Mengontrol Hal-hal Negatif yang Datangilustrasi persahabatan (pexels.com/ELEVATE)

Manusia tidak bisa dipisahkan dari makhluk sosial. Sebisa mungkin harus mampu menjalin interaksi dengan orang-orang sekitar. Di sinilah pentingnya kemampuan mengontrol hal-hal negatif yang datang.

Sisi positifnya kamu terbebas dari konflik dan perselisihan. Mampu mengontrol diri dari hal-hal negatif yang datang, relasi sosial terjalin lebih harmonis. Saat menghadapi situasi yang tidak kondusif, mampu mengendalikan diri agar tidak mudah terseret.

5. Pengembangan kreativitas

6 Keuntungan Saat Kamu Bisa Mengontrol Hal-hal Negatif yang Datangilustrasi sosok kreatif (pexels.com/Gustavo Fring)

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan berbagai hal negatif yang datang dalam hidup. bisa jadi berasal dari kebiasaan buruk diri sendiri. Tapi tidak menutup kemungkinan hal-hal negatif dipengaruhi oleh lingkungan sekitar.

Menghadapi hal tersebut, penting untuk bisa mengontrol diri dari hal-hal negatif yang datang. Sikap seperti ini tidak membawa kerugian. Justru memiliki kesempatan untuk mengembangkan kreativitas. Kamu memiliki rasa percaya diri penuh untuk mengekspresikan ide dan gagasan.

6. Peningkatan resiliensi terhadap tantangan

6 Keuntungan Saat Kamu Bisa Mengontrol Hal-hal Negatif yang Datangilustrasi sosok percaya diri (pexels.com/Dana Tentis)

Tantangan tidak bisa dibiarkan tanpa penyelesaian. Kamu harus segera merumuskan solusi yang efektif dan efisien. Tapi yang harus diketahui, ini kembali lagi pada diri sendiri. Apakah kamu mampu mengontrol hal-hal negatif yang datang atau tidak.

Beruntung jika kamu termasuk orang yang mampu mengontrol hal-hal negatif. Hal ini memperkuat tingkat resiliensi dalam diri. Dalam menghadapi tantangan, kamu tidak mudah menyerah. Sebaliknya, tantangan dijadikan ajang untuk memperkuat mental.

Seharusnya kamu bersyukur saat bisa mengontrol hal negatif yang datang. Tidak semua orang memiliki kemampuan tersebut. Sisi positifnya, kehidupan yang kamu jalani lebih teratur. Kamu memiliki kestabilan mental yang baik dan peningkatan resiliensi terhadap tantangan.

Baca Juga: 5 Langkah Mengontrol Sikap saat Emosi Sedang di Puncak

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya