Comscore Tracker

5 Kiat Menumbuhkan Energi Positif dalam Diri, Yuk Terapkan!

Memberi ruang pada diri sendiri itu penting 

Pernahkah kamu merasa malas dan tidak bersemangat? Apalagi jika suasana hatimu ikut menburuk. Kondisi seperti ini seringkali menjadi tantangan tersendiri. Akibat semangat yang sudah memudar maupun suasana hati yang semakin memburuk, tidak menutup kemungkinan akan semakin banyak pekerjaan terbengkalai.

Mengingat akan hal tersebut, energi positif dalam diri sudah seharusnya dijaga dengan baik. Bagaimanapun juga, energi positif akan mempengaruhi banyak hal. Kira-kira bagaimanakah cara menumbuhkan energi positif dalam diri? Berikut lima kiat yang bisa kamu terapkan.

1. Biasakan positive thinking 

5 Kiat Menumbuhkan Energi Positif dalam Diri, Yuk Terapkan!ilustrasi menikmati suasana (pexels.com/Radu Florin)

Cara kita dalam berpikir dan memandang suatu permasalahan akan mempengaruhi jalan ke depannya. Ketika kita memiliki pola pikir dengan sudut pandang positif, maka hidup akan terasa lebih mudah dijalani. Begitupun sebaliknya ketika kamu bertahan dalam suatu pola pikir dengan sudut pandang negatif.

Positive thinking merupakan merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan energi positif dalam diri. Cara berpikir yang positif akan membuat kestabilan mentalmu terjaga sehingga lebih bersemangat dalam menjalani setiap kegiatan.

2. Kurangi kecanduan media sosial 

5 Kiat Menumbuhkan Energi Positif dalam Diri, Yuk Terapkan!ilustrasi bermain handphone (pexels.com/SHVETS Production)

Keberadaan media sosial memang menjadi candu tersendiri bagi kalangan milenial dan gen z. Bukan tanpa alasan, ini dikarenakam media sosial memegang tiga kebutuhan penting masyarakat saat ini. Baik kebutuhan dari segi komunikasi, penyebaran informasi, maupun kebutuhan akan hiburan.

Salah satu kiat untuk menumbuhkan energi positif dalam diri yang bisa diterapkan yaitu dengan mengurangi aktivitas yang bisa berpotensi menimbulkan kecanduan media sosial. Gunakan media sosial dengan bijak dan sewajarnya sehingga keseimbangan hidup akan tetap terjaga.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini untuk Membangun Energi Positif Pagi Hari

3. Gali potensi diri 

5 Kiat Menumbuhkan Energi Positif dalam Diri, Yuk Terapkan!ilustrasi bekerja dari kafe (unsplash.com/Muhammad Raufan Yusup)

Menjalani hidup yang penuh dengan peluang dan juga tantangan, setiap dari kita sudah dibekali dengan potensinya masing-masing. Semua tergantung pada diri kita apakah mau menggali dan juga mengembangkan potensi tersebut atau justru sebaliknya.

Menggali potensi diri termasuk salah satu di antara kiat yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan energi positif dalam diri. Dengan mengenal apa yang menjadi keunggulan dan potensimu, kamu bisa mengembangkan diri dengan lebih baik.

4. Berikan ruang pada diri sendiri 

5 Kiat Menumbuhkan Energi Positif dalam Diri, Yuk Terapkan!ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Lucas Guimaraes)

Pernahkah kamu berpikir untuk memberi ruang pada diri sendiri? Entah itu memberi kesempatan pada diri sendiri untuk berkreativitas, melakukan hobi, atau menggali potensi diri yang lain. Bagaimanapun juga, diri sendiri patut diapresiasi sekaligus diberi kebebasan.

Memberi ruang pada diri sendiri termasuk salah satu dari sekian kiat-kiat yang bisa dilakukan untuk membangun energi positif dalam diri. Dengan memberikan ruang pada diri sendiri, kamu bisa lebih memahami apa yang menjadi minat serta ketertarikanmu sehingga lebih fleksibel dalam menjalani hidup.

5. Belajar jadi sosok inspiratif 

5 Kiat Menumbuhkan Energi Positif dalam Diri, Yuk Terapkan!ilustrasi berkumpul dengan rekan kerja (pexels.com/Jopwell)

Hidup memang terdiri dari berbagai tingkatan. Di atas langit masih ada langit. Ketika kita sudah merasa paling bergengsi, terhormat, dan juga mulia, ternyata masih ada lagi sederet orang yang lebih inspiratif namun tetap low profile dan tidak membanggakan diri.

Mengingat akan hal tersebut, sudah seharusnya bagi kita untuk belajar menjadi sosok yang open minded dan mau belajar dari orang lain. Ini menjadi salah satu kiat yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan energi positif dalam diri. Belajar dari sosok-sosok inspiratif, kamu lebih memahami makna hidup dan termotivasi untuk tumbuh menjadi seseorang yang berkualitas. 

Energi positif dalam diri memang turut mempengaruhi kualitas kita dalam menjalani hidup. Dari lima kiat di atas, kira-kira mana saja yang sudah kamu terapkan dengan baik?

Baca Juga: 5 Kebiasaan Kecil yang Mampu Bawa Energi Positif bagi Hidup

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya