Comscore Tracker

5 Pelajaran Hidup dari Pohon Kelapa, Yuk Diresapi!

Banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik

Pohon kelapa bisa ditemukan di banyak tempat. Di pedesaan, pesisir pantai, bahkan ada beberapa jenis pohon kelapa yang dijadikan hiasan taman. Tapi pohon kelapa bukan hanya tanaman. Jika kita peka dan mau mengamati, ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dari tanaman tersebut.

Semua komponen pohon kelapa memiliki manfaat bagi lingkungan sekitar. Mulai dari buah, daun, maupun batangnya. Sebagai bahan renungan bagi kita semua, yuk, resapi pelajaran hidup dari pohon kelapa ini.

Baca Juga: 10 Bagian Pohon Kelapa dalam Bahasa Jawa, Ada Batok hingga Mancung!

1. Pohon kelapa mengajarkan kita untuk menjadi orang yang bermanfaat 

5 Pelajaran Hidup dari Pohon Kelapa, Yuk Diresapi!ilustrasi pohon kelapa (pexels.com/Pixabay)

Jika dilihat sekilas, pohon kelapa sebagaimana tanaman pada umumnya. Tidak ada yang unik dan juga spesial. Padahal dari sebatang pohon kelapa kita bisa memperoleh banyak keuntungan. Mulai dari buah, batang, maupun daunnya.

Pohon kelapa turut mengajarkan kita tentang arti manfaat. Setiap komponen pohon kelapa bisa membawa keuntungan bagi orang-orang sekitar. Maka dari itu, sudah seharusnya kita bisa mencontoh. Jadilah manusia yang senantiasa menebar manfaat bagi sesama.

2. Batangnya yang tinggi kokoh mengajarkan kita tentang ketegaran 

5 Pelajaran Hidup dari Pohon Kelapa, Yuk Diresapi!ilustrasi pohon kelapa (pexels.com/VOLKAN SORKUN)

Tumbuhan kelapa terlihat mencolok dibanding pepohonan lain. Sebagaimana yang kita tahu, pohon kelapa memiliki batang tinggi kokoh. Pohon kelapa juga tidak mudah dirobohkan begitu saja. Bahkan butuh tenaga yang kuat untuk merobohkannya.

Batang pohon kelapa yang tinggi menjulang turut mengajarkan arti ketegaran. Walaupun diterpa angin kuat ia tetap mampu berdiri tegap. Sebagai manusia, sudah seharusnya kita tetap kokoh walaupun diterpa banyak masalah.

Baca Juga: Tanam Pohon Mata Kuliah Wajib, Rektor ITERA: Pohon Mati Tak Lulus

3. Dari pohon kelapa, kita bisa belajar menjadi orang yang mampu menempatkan diri dalam segala situasi 

5 Pelajaran Hidup dari Pohon Kelapa, Yuk Diresapi!ilustrasi pohon kelapa (pexels.com/Daniel Frese)

Apakah kamu pernah mengamati pohon kelapa sekilas? Tumbuhan satu ini bisa ditemukan di berbagai tempat. Mungkin kamu pernah melihat pohon kelapa tumbuh di tepi sawah, pesisir pantai, maupun di pegunungan.

Di manapun berada pohon kelapa bisa tumbuh dengan baik. Pohonnya tetap tinggi menjulang dengan akar yang kuat. Dari pohon kelapa, kita bisa belajar menjadi orang yang mampu menempatkan diri dalam segala situasi.

4. Pohon kelapa juga mengajarkan kita agar tidak mudah goyah 

5 Pelajaran Hidup dari Pohon Kelapa, Yuk Diresapi!ilustrasi pohon kelapa (pexels.com/Aadithyan Pandian)

Kekuatan pohon kelapa tidak dapat diragukan lagi. Walaupun ditiup angin kencang maupun digoyangkan banyak orang, ia tidak akan goyah. Akarnya tetap bercokol kuat ke tanah, serta batangnya berdiri menjulang.

Tentu saja ini mengandung makna hidup. Dari sebatang pohon kelapa, kamu bisa belajar menjadi manusia yang tidak mudah goyah. Walaupun banyak godaan, kamu harus bisa bertahan sesuai prinsip agar tidak mudah terombang-ambing.

5. Dari pohon kelapa kita bisa belajar saling memaafkan 

5 Pelajaran Hidup dari Pohon Kelapa, Yuk Diresapi!ilustrasi ketupat (pexels.com/Commons.m.wikimedia.org)

Daun kelapa identik dengan hidangan ketupat. Makanan satu ini kerap disajikan saat hari raya Idul Fitri. Ketupat sendiri terbuat dari beras yang dibungkus dengan janur atau daun kelapa muda.

Tahukah kamu? Ketupat memiliki singkatan ngaku lepat. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya saling memaafkan. Dalam menjalani hidup maka kita harus mampu membuka pintu maaf bagi sesama. Dengan demikian hidup terasa tenang.

Sebagian dari kita mungkin menganggap tumbuhan kelapa biasa saja. Tidak ada yang spesial dari tanaman tersebut. Tapi jika mau berpikir sejenak, pohon kelapa juga sarat akan pelajaran hidup. Dengan memahami pelajar tersirat dari pohon kelapa, kamu tahu makna hidup yang sesungguhnya.

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup yang Bakal Kamu Dapat saat Batal Menikah

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya