Comscore Tracker

5 Perilaku Simpel yang Membuatmu Disenangi Banyak Orang

Termasuk menjaga tutur kata dengan sopan 

Cara kita dalam berperilaku menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Bukan tanpa alasan, setiap detail sikap yang kamu perbuat turut mempengaruhi penilaian orang lain atas dirimu. Entah itu perilaku yang baik maupun perilaku yang buruk. Semua ada konskuensinya masing-masing. 

Tapi tahukah kamu? Ternyata menjadi sosok yang disenangi oleh banyak orang itu tidak susah, lho. Kamu tidak harus menunggu memiliki prestasi berlimpah atau dilimpahi kesuksesan. Lantas, perilaku simpel seperti apakah yang membuatmu disenangi banyak orang? Berikut penjelasannya dalam tulisan di bawah ini.

1. Mau menghargai perbedaan 

5 Perilaku Simpel yang Membuatmu Disenangi Banyak Orangilustrasi berdiskusi (pexels.com/Fauxels)

Perbedaan adalah hal yang pasti ada dalam hidup. Entah itu perbedaan sikap, karakter, prinsip, bahkan pemahaman sekalipun. Jika kita memperdebatkan sebuah perbedaan, maka tidak akan pernah ada ujungnya. Bahkan tidak menutup kemungkinan malah memicu permusuhan.

Mau menghargai perbedaan dalam hidup merupakan salah satu perilaku simpel yang membuatmu disenangi banyak orang. Kamu tahu betul bagaimana cara mengapresiasi orang lain walaupun memiliki jalan pemikiran yang berbeda.

2. Menjaga tutur kata dengan sopan 

5 Perilaku Simpel yang Membuatmu Disenangi Banyak Orangilustrasi berdiskusi (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Mengucapkan sebaris perkataan memang terdengar ringan. Tapi jika mau merenungi kembali, tidak menutup kemungkinan sebaris kata yang kita ucapkan ternyata bisa sangat melukai hati orang lain. Entah itu sindiran atau kalimat gurauan yang cukup sensitif.

Inilah yang menjadi alasan terkait pentingnya menjaga etika saat sedang berbicara. Menjaga tutur kata dengan sopan merupakan salah satu perilaku simpel yang bisa membuatmu disenangi banyak orang. Kalimat yang menurut kita sepele bisa jadi akan sangat mengena di hati orang lain. Entah itu meninggalkan kesan yang baik atau buruk.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Jadi Sosok yang Disenangi Semua Orang di Tempat Kerja

3. Tidak memotong pembicaraan orang lain

5 Perilaku Simpel yang Membuatmu Disenangi Banyak Orangilustrasi berdiskusi (pexels.com/Anna Shvets)

Sebagai makhluk sosial, kita pasti pernah menjalin komunikasi dengan orang lain. Diskusi dan obrolan panjang menjadi salah satu aktivitas yang lumrah dijumpai. Entah itu membahas permasalahan serius maupun sekadar mengobrol ringan.

Salah satu di antara hal yang perlu diperhatikan ketika sedang mengobrol dengan orang lain yaitu tidak memotong pembicaraan. Ini merupakan salah satu perilaku sepele yang membuat orang lain senang dengan kepribadianmu. Perilaku ini menunjukkan bahwa kamu adalah sosok yang beretika.

4. Jaga kebersihan 

5 Perilaku Simpel yang Membuatmu Disenangi Banyak Orangilustrasi merapikan tempat tidur (pexels.com/Cottonbro)

Kebersihan merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Tinggal di lingkungan yang terjaga kebersihannya sudah pasti menjadi kenyamanan tersendiri. Tapi sayangnya, masih cukup banyak orang yang tingkat kesadaran akan kebersihannya rendah.

Menjaga kebersihan dengan baik merupakan salah satu hal yang bisa membuatmu disenangi banyak orang, lho. Ini mencerminkan bahwa dirimu adalah sosok yang teratur dan memiliki tingkat kepedulian tinggi. Lingkungan yang tertata bersih dan rapi juga turut membuat orang-orang di sekitarmu merasa nyaman sekaligus betah.

5. Tahu berterima kasih 

5 Perilaku Simpel yang Membuatmu Disenangi Banyak Orangilustrasi mengobrol (pexels.com/Alex Suhorucov)

Siapa, sih yang tidak kenal dengan kata terima kasih? Bisa dipastikan kita sudah akrab dengan ucapan tersebut sedari kecil. Walaupun terdengar singkat, tapi kata ini menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang tahu cara diri ketika mendapat pertolongan dari orang lain, lho.

Mengucapkan terima kasih juga menjadi salah satu perilaku simpel yang membuat orang lain senang padamu. Kamu tahu betul bagaimana cara menghargai kerja keras dari orang-orang sekitar. Meskipun sederhana, tapi ucapan ini membuat orang lain benar-benar merada diapresiasi.

Memang tidak dapat dimungkiri jika apa yang kita lakukan turut mempengaruhi pandangan orang lain atas diri kita. Setelah mengetahui lima perilaku simpel di atas, apakah kamu tertarik untuk menerapkan?

Baca Juga: 5 Tips agar Kamu Disukai Banyak Orang dan Jadi Sosok Menyenangkan

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya