Comscore Tracker

5 Tips Membiasakan Self-Talk Positif, Bikin Hidup Bahagia

Bisikkan kata-kata positif pada diri sendiri  

Pernahkah kamu berbicara dengan diri sendiri? Entah itu membisikkan kalimat positif yang dapat membangkitkan semangat atau malah memenuhi pikiran dengan kalimat-kalimat negatif yang dapat membuatmu semakin terpuruk. Perlu diketahui, berdialog dengan diri sendiri adalah hal yang wajar. Ini biasa disebut dengan istilah self talk.

Self talk memiliki pengaruh yang cukup penting terkait bagaimana dirimu berpikir, bertindak, dan menyikapi keadaan. Ketika membisikkan kata-kata positif, maka dalam dirimu akan tumbuh rasa percaya diri sehingga dapat menjalani hidup dengan lebih baik. Lantas, bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk membiasakan self talk positif? Mari simak penjelasaannya berikut.

1. Tanamkan mindset bahwa kamu pasti bisa melakukan yang terbaik

5 Tips Membiasakan Self-Talk Positif, Bikin Hidup Bahagiailustrasi membaca buku (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pernahkah kamu menargetkan pencapaian yang begitu tinggi. Meskipun menjadi salah satu tujuan yang diinginkan, namun hal ini seringkali membuatmu minder dan tidak percaya diri. Pada akhirnya, secara tidak sadar kamu akan mengatakan pada diri sendiri bahwa dirimu tidak akan pernah bisa mencapaianya.

Padahal membiasakan diri untuk melatih self talk positif itu penting, lho. Salah tips yang dapat kamu lakukan ketika tengah terjebak dalam keraguan yaitu selalu tanamkan mindset bahwa dirimu pasti bisa melakukan yang terbaik. Percayalah, asal mau berusaha sungguh-sungguh kamu pasti bisa mencapainya.

2. Buang jauh-jauh prasangka negatif

5 Tips Membiasakan Self-Talk Positif, Bikin Hidup Bahagiailustrasi memikirkan sesuatu (pexels.com/Keila Aguilar)

Menghadapi kondisi yang tidak dapat ditebak, seringkali kita akan terjebak oleh prasangka-prasangka negatif. Kita selalu beranggapan bahwa apa yang akan terjadi adalah kondisi terburuk. Pada akhirnya, secara tidak langsung kamu akan terbelenggu dengan keputus asaan.

Menghadapi kondisi tersebut, kamu perlu membiasakan diri dengan self talk positif. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuang jauh-jauh pola pikir dan prasangka-prasangka negatif. Ketahuilah, kekhawatiran berlebih justru membuatmu tidak pernah berkembang.

3. Apresiasi setiap pencapaian yang telah kamu raih

5 Tips Membiasakan Self-Talk Positif, Bikin Hidup Bahagiailustrasi tertawa bahagia (pexels.com/Cleyder Duque)

Tentu kamu pernah meraih pencapaian dalam hidup. Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa yang dimaksud dengan pencapaian yaitu ketika kamu mampu meraih segudang prestasi atau kesuksesan berturut-turut. Padahal anggapan itu perlu diluruskan, kamu sudah berproses lebih baik dari yang kemarin saja itu sudah termasuk pencapaian.

Salah satu tips yang dapat kamu lakukan untuk melatih diri dengan self talk positif yaitu mengapresiasi setiap pencapaian yang telah diraih. Sekecil apapun itu, jangan sungkan untuk mengucapkan kalimat-kalimat positif yang membuat dirimu merasa dihargai dan bahagia.

Baca Juga: 5 Tahap Membuat Afirmasi Positif yang Tepat, Pikiran Negatif Tumbang!

4. Beranilah menghadapi rasa takut

5 Tips Membiasakan Self-Talk Positif, Bikin Hidup Bahagiailustrasi perempuan berhijab (pexels.com/Keyra Burton)

Ketakutan memang menjadi tantangan terbesar yang dihadapi banyak orang. Entah itu takut dengan bayangan yang belum pasti maupun prediksi terkait permasalahan-permasalahan yang bisa saja menghadang. Seringkali ketakutan pada akhirnya akan membuatmu terjatuh dan mengalami kegagalan.

Menyikapi kondisi yang demikian, salah satu cara yang dapat kamu lakukan yaitu dengan membiasakan self talk positif. Bisikkan pada dirimu sendiri bahwa ketakutan bukanlah hal yang harus dihindari apalagi jika sampai membuatmu mundur dan tidak jadi melangkah. Dengan berani melawan rasa takut, maka kamu akan tumbuh menjadi seseorang yang lebih baik dari sebelumnya.

5. Berterima kasih pada diri sendiri

5 Tips Membiasakan Self-Talk Positif, Bikin Hidup Bahagiailustrasi melirik pemandangan luar (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terima kasih merupakan sebaris kata sederhana namun memiliki makna yang sungguh berharga. Walaupun terdengar sepele, namun ucapan terima kasih mampu membuat orang yang mendengarnya merasa senang. Namun, apakah kalimat terima kasih itu hanya bisa diucapkan ke orang lain?

Perlu diketahui, berterima kasih kepada diri sendiri merupakan salah satu tips yang dapat kamu lakukan dalam rangka membiasakan self talk positif. Dengan demikian, dirimu akan lebih merasa dihargai sehingga kepercayaan dirimu juga turut meningkat.

Secara tidak sadar tentu kita pernah berdialog dengan diri sendiri dalam diam. Agar kamu terbiasa dengan self talk positif, jangan lupa lakukan lima tips di atas, ya. Tetap semangat jalani hidup!

Baca Juga: 10 Kalimat Afirmasi untuk Menumbuhkan Semangatmu Setiap Hari

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya