Comscore Tracker

5 Sifat Penting yang Harus Tertanam dalam Diri Seorang Anak Kos

Kehidupan tanah rantau memang tidak mudah 

Mengambil keputusan untuk melanjutkan pendidikan di luar kota, tinggal di kosan menjadi salah satu jalan yang dipilih banyak orang. Seab tinggal di tempat kos dirasa lebih efektif dan efisien. Baik dari segi biaya yang dikeluarkan maupun dari segi jarak tempuh ke sekolah ataupun kampus.

Meski begitu, tinggal di kos nyatanya juga memiliki tantangan tersendiri, lho. Ada banyak permasalahan dan situasi tak terduga yang bisa muncul sewaktu-waktu. Kamu dituntut untuk menjadi individu yang sigap sekaligus bisa dengan mudah menyesuaikan diri. Jika kamu seorang anak kos, berikut ini lima sifat penting yang harus tertanam dalam dirimu.

1. Mandiri

5 Sifat Penting yang Harus Tertanam dalam Diri Seorang Anak Kosilustrasi membersihkan rumah (pexels.com/RODNAE Productions)

Kemandirian menjadi hal yang sudah tidak asing lagi didengar. Ada banyak nasihat bertebaran tentang pentingnya kemandirian. Bahkan, tanpa disadari sebenarnya kamu telah diajarkan untuk mandiri sejak masih kecil. Meskipun pada awalnya terkesan susah dan berat untuk dilakukan, tapi kelak ini akan membawa segudang manfaat bagi dirimu sendiri.

Mandiri menjadi salah satu sifat yang harus tertanam dalam diri seorang anak kos. Bukan tanpa alasan, hidup di tanah perantauan otomatis kamu akan jauh dari keluarga dan orang-orang terdekat. Sedangkan masalah dan hal-hal tidak terduga bisa muncul sewaktu-waktu. Dengan menjadi orang yang mandiri, kamu tumbuh menjadi sosok kuat yang tidak mudah bergantung dengan orang lain.

2. Kreatif

5 Sifat Penting yang Harus Tertanam dalam Diri Seorang Anak Kosilustrasi kreatif (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Selain mandiri, kreatif juga menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Tumbuh menjadi sosok yang kreatif, kamu akan memiliki segudang ide dan pemikiran brilian ketika dihadapkan dengan berbagai situasi. Termasuk ketika kamu sedang diterpa masalah dan berada dalam situasi yang mendesak.

Inilah yang menjadikan kreatif sebagai salah satu dari sekian sifat yang wajib dimiliki oleh anak kos. Sebagaimana yang diketahui, kehidupan di tempat kos memang tidak mudah. Ada banyak hal-hal tak terduga yang kapan saja bisa terjadi. Dengan menjadi seseorang yang memilki sifat kreatif, kamu memiliki beragam solusi ketika sedang dihadapkan dengan masalah terberat sekalipun. 

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Dilakukan agar Gak Merasa Kesepian Saat di Perantauan

3. Adaptif

5 Sifat Penting yang Harus Tertanam dalam Diri Seorang Anak Kosilustrasi menyapa (pexels.com/Amina Filkins)

Menjalani hidup di perantauan, seringkali kos dijadikan sebagai pilihan tempat tinggal. Namun selayaknya lingkungan baru, selalu ada beragam kebiasaan dan perbedaan budaya yang ditemui. Apalagi didukung dengan orang-orang dari berbagai macam karakter dan latar belakang yang berbeda-beda satu sama lain.

Menjadi seorang anak kos, adaptif merupakan sifat penting yang harus ada dalam dirimu. Bukan tanpa alasan, perbedaan budaya dan kebiasaan seringkali membuatmu merasa tidak nyaman. Dengan menjadi sosok yang adaptif, kamu dapat dengan mudah menyesuaikan diri sehingga tidak berlarut-larut dalam culture shock.

4. Cermat

5 Sifat Penting yang Harus Tertanam dalam Diri Seorang Anak KosIlustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Hidup terpisah jauh dari keluarga dan orang-orang terdekat memang menjadi tantangan tersendiri, salah satunya menyangkut kondisi finansial. Jika dulu ketika ada kekurangan uang kamu bisa minta bantuan ke orang-orang terdekat, maka lain halnya dengan sekarang. Mau tidak mau kamu harus bisa mengatur keuangan dengan cermat.

Hal ini menjadikan kecermatan sebagai salah satu sifat yang wajib tertanam dalam diri anak kos. Sebagaimana yang kita tahu, kebutuhan selalu datang silih berganti. Dengan adanya sifat cermat, kamu jadi dapat memilah mana yang sekiranya penting dan harus didahulukan, serta mana yang tidak terlalu penting dan pemenuhannya masih bisa ditunda.

5. Selektif

5 Sifat Penting yang Harus Tertanam dalam Diri Seorang Anak Kosilustrasi berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pernahkah kamu mendengar nasihat untuk menjadi seseorang yang teliti dalam segala urusan. Ketelitian dapat membuat kita lebih berhati-hati sehingga terhindar dari hal-hal yang sekiranya berdampak negatif. Kita memiliki kemampuan untuk memilah mana yang sekiranya baik dan mana yang sekiranya buruk.

Berkaitan dengan hal ini, selektif juga turut menjadi salah satu sifat yang wajib dimiliki oleh anak kos. Seperti yang kita tahu, kehidupan di tempat kos selalu memiliki beragam pengaruh. Entah itu pengaruh yang membawa dampak positif atau negatif. Dengan menjadi sosok yang selektif, kamu bisa berhati-hati agar tidak salah melangkah dan memgambil keputusan.

Menjadi seorang anak kos memang susah-susah gampang. Selalu ada masalah dan hal-hal tak terduga yang terjadi. Kira-kira dari kelima sifat di atas, mana sajakah yang sudah tertanam dalam dirimu?

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dipelajari Anak Kos, Bekal untuk Masa Depan

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya