Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Berteman dengan Si Penghasut, Segera Waspada!

Mereka bisa mengajakmu ikut-ikutan benci seseorang 

Berteman dengan seseorang sudah pasti menyenangkan. Keberadaan teman membuat hidup lebih berwarna. Tapi yang namanya teman, harus tetap diwaspadai. Apalagi Jika temanmu menunjukkan tanda-tanda menghasut.

Bagaimanapun, menghasut termasuk perbuatan tercela. Sebisa mungkin kamu harus bisa menjaga diri agar tidak termakan hasutan. Apa saja ciri teman suka menghasut? Berikut lima tandanya. Semoga kamu bisa lebih waspada.

1. Teman yang suka menghasut sering mengajakmu bergosip sepanjang waktu 

5 Tanda Kamu Berteman dengan Si Penghasut, Segera Waspada!ilustrasi menghasut (pexels.com/SHVETS Production)

Ajakan teman untuk bergosip sangat susah ditolak. Terkadang kamu larut di dalamnya, bahkan ketagihan untuk mengulangi di hari esok. Gosip seolah menjadi kebiasaan yang pantang dilewatkan.

Memiliki teman yang suka bergosip, alangkah baiknya kamu waspada. Suka bergosip termasuk salah satu ciri dari penghasut. Dalam gosipannya, terselip ajakan agar kamu ikut tidak menyukai orang lain. Terutama orang yang dia benci.

2. Ia suka memancing cerita keburukan orang lain  

5 Tanda Kamu Berteman dengan Si Penghasut, Segera Waspada!ilustrasi menghasut (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Keburukan orang lain kerap membuat kita lupa diri saat mengobrol. Saat seseorang memancing topik, kita cenderung menanggapinya dengan asyik. Bahkan menguliti kekurangan orang lain sampai tuntas.

Jika kamu berteman dengan seseorang yang suka memancing cerita keburukan orang lain, ini merupakan tanda dari teman penghasut. Saringlah informasi yang kamu dengar dengan cermat. Bisa jadi yang ia sampaikan tidak lebih dari ujaran kebencian.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Terindikasi Pandai Menghasut, Jangan Gampang Percaya!

3. Mereka yang suka menghasut mengajak kamu benci seseorang 

5 Tanda Kamu Berteman dengan Si Penghasut, Segera Waspada!ilustrasi menghasut (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Ajakan membenci seseorang pasti pernah kamu temui. Mungkin teman dekatmu sedang berkonflik dengan seseorang. Ia pun bercerita dan mengajak kamu untuk ikut membenci orang tersebut. Pada akhirnya, kamu pun ikut-ikutan menaruh benci pada orang yang tidak punya salah denganmu.

Orang-orang seperti ini harus diwaspadai. Ajakan membenci seseorang bisa jadi tanda-tanda kamu berteman dengan penghasut. Jangan sampai kebencian satu orang membuat kamu berkonflik dengan masyarakat sekitar. Bagaimanapun, yang rugi adalah dirimu sendiri.

4. Kamu dilibatkan dalam permasalahan yang sama sekali tidak berkaitan denganmu 

5 Tanda Kamu Berteman dengan Si Penghasut, Segera Waspada!ilustrasi menghasut (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang sudah tentu memiliki masalahnya masing-masing. Bisa jadi ia berkonflik dengan suatu individu atau kelompok. Kebiasaan buruk seseorang ketika berkonflik yaitu melibatkan orang-orang sekitar sehingga permasalahan semakin meluas. Karakter seperti ini merupakan tanda-tanda dari penghasut.

Berteman dengan seseorang yang suka melibatkan kamu dalam masalahnya, alangkah baiknya hati-hati. Jangan sampai kamu terkecoh apalagi terjun ke dalam permasalahan yang sama sekali tidak ada kaitannya denganmu.

5. Orang-orang yang suka menghasut cenderung bangga di atas penderitaan orang lain 

5 Tanda Kamu Berteman dengan Si Penghasut, Segera Waspada!ilustrasi menghasut (pexels.com/Gustavo Fring)

Sifat dan karakter orang memang beragam. Ada sebagian orang yang memiliki hati tulus sehingga memperlakukan orang lain dengan baik. Sedangkan sebagian lain bermuka dua dan suka berbangga di atas penderitaan orang lain.

Orang-orang yang kerap membanggakan dirinya di atas penderitaan orang lain merupakan tanda penghasut. Ia merasa senang jika melihat orang lain gagal. Baginya, masa kelam orang lain merupakan kesempatan bagi dia untuk menunjukkan kebanggaan atas dirinya.

Informasi dari teman yang suka menghasut tidak bisa sepenuhnya dipercaya. Apa yang disampaikan bisa jadi bertentangan dengan kenyataan yang ada. Dengan mengenali tanda-tanda dari penghasut, semoga kamu bisa lebih hati-hati dalam berteman.

Baca Juga: 5 Sikap yang Bikin Pertemanan Jadi Awet, Anti Gosip Satu Sama Lain!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya