Comscore Tracker

5 Tanda Kamu sedang Butuh Me Time, Merasa Frustrasi Setiap Saat! 

Yuk, luangkan waktu untuk memperhatikan diri  

Setiap orang pasti memiliki kegiatan dan berbagai macam aktivitas yang dijalankan sehari-hari. Sering kali padatnya kesibukan tersebut membuatmu lupa untuk memperhatikan kebutuhan diri. Padahal itu penting, lho.

Ketika kamu sudah terlalu lelah, sebenarnya tubuhmu sudah memberikan tanda-tanda bahwa butuh waktu me time. Namun sering kali sinyal ini hanya kamu anggap sebagai angin lalu dan diabaikan begitu saja. Mulai sekarang, yuk, kenali apa saja tanda kalau tubuhmu sebenarnya sedang butuh me time.

1. Mengalami frustasi setiap saat

5 Tanda Kamu sedang Butuh Me Time, Merasa Frustrasi Setiap Saat! ilustrasi merasa pusing (pexels.com/Yan Krukov)

Frustrasi dapat dialami oleh siapa pun. Salah satu hal yang dapat memicu hal ini adalah kurangnya upaya untuk memperhatikan diri. Tubuhmu sudah memberikan sinyal bahwa sebenarnya kamu sudah kelelahan dan butuh waktu istirahat, tapi kamu tetap memaksakan diri untuk bekerja.

Frustrasi yang terjadi setiap saat tentu menjadi tanda bahwa dirimu sedang tidak baik-baik saja. Fisik dan mentalmu sudah terlalu lelah dipaksakan bekerja secara terus menerus. Kamu harus segera meluangkan waktu untuk memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan serta keinginan dirimu meskipun cuma sebentar.

2. Gelisah sepanjang waktu

5 Tanda Kamu sedang Butuh Me Time, Merasa Frustrasi Setiap Saat! ilustrasi tertekan (pexels.com/Liza Summer)

Salah satu tanda bahwa kamu sedang butuh waktu me time adalah merasa gelisah sepanjang waktu. Kamu khawatir jika apa yang sedang kamu kerjakan justru tidak dapat terselesaikan dengan baik atau takut karena selalu dibayangi oleh kegagalan.

Jika kamu sedang mengalami hal tersebut, mulailah memperhatikan apa yang menjadi kemauan diri. Meluangkan waktu sebentar untuk menuruti apa yang menjadi keinginan hati itu bukan hal yang merugikan, kok. Dengan hal tersebut semangatmu akan kembali terisi sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Baca Juga: 5 Tips Membagi Waktu untuk Pekerjaan Full Time dan Part Time, Catat!

3. Emosi tidak terkontrol

5 Tanda Kamu sedang Butuh Me Time, Merasa Frustrasi Setiap Saat! ilustrasi marah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pernahkah kamu bad mood sepanjang waktu? Rasanya jengkel dan ingin marah terus. Apa pun yang kamu temui, semuanya tidak ada yang benar. Ada kesalahan sedikit saja rasanya kamu sudah sebal dan ingin menumpahkan emosi.

Emosi yang mudah terpancing sebenarnya merupakan sinyal bahwa dirimu butuh waktu sejenak untuk membahagiakan diri. Tubuhmu sudah terlalu lelah menjalani rangkaian aktivitas yang tidak ada habisnya. Meluangkan waktu sebentar untuk me time akan membuat pikiran menjadi fresh sehingga emosimu menjadi lebih stabil.

4. Merasa jenuh dengan rutinitas

5 Tanda Kamu sedang Butuh Me Time, Merasa Frustrasi Setiap Saat! ilustrasi menatap laptop (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Rangkaian aktivitas yang tidak ada habisnya sering kali membuatmu jenuh dan bosan. Semangat menjadi menurun dan kamu mulai malas mengerjakan apa yang menjadi tanggunganmu. Ini merupakan tanda bahwa dirimu dirimu sedang membutuhkan waktu me time.

Kamu harus mulai memperhatikan diri dengan membebaskan dirimu sejenak dari tuntutan kerja yang menggunung. Tidak harus melakukan hal-hal yang besar dan menguras biaya, kamu bisa menghibur dirimu sejenak dengan hal-hal kecil yang kamu sukai seperti mendengarkan musik, minum teh, atau menonton film.

5. Performa kerjamu menurun

5 Tanda Kamu sedang Butuh Me Time, Merasa Frustrasi Setiap Saat! ilustrasi kelelahan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Performa kerja yang menurun dapat menjadi tanda bahwa tubuhmu sedang protes karena kelelahan. Hal-hal kecil yang seharusnya dapat terselesaikan dengan baik jadi berantakan dan tidak kunjung tuntas. Jika hal ini terjadi, mulailah memperhatikan apa yang menjadi kemauan diri.

Tubuhmu hanya ingin waktu istirahat, tidak ada salahnya kamu menuruti meskipun hanya sebentar. Dengan meluangkan waktu me time, maka energimu yang tadinya terkuras akan kembali penuh sehingga dapat lebih berkonsentrasi dalam bekerja.

Rangkaian aktivitas yang tidak berkesudahan memang dapat membuatmu lelah dan tertekan. Jika hal ini sampai terjadi, tentu kesehatanmu dapat terganggu. Tidak hanya kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental. Jika kamu sedang mengalami lima tanda di atas, jangan sungkan meluangkan waktu sebentar untuk menuruti kemauan diri.

Baca Juga: 5 Pelajaran Berharga di Balik Rasa Lelah ketika Kamu Sedang Berjuang

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya