Comscore Tracker

5 Tanda Prinsipmu Mulai Goyah, Ingin Ikut Arus Lingkungan Sekitar!

Sering tergoda kebiasaan dan budaya negatif 

Arus lingkungan memang tidak dapat ditebak. Untuk mengatasi hal tersebut, kuat memegang Teguh prinsip sangat diperlukan. Dengan adanya prinsip yang kuat, kamu tidak akan mudah terombang-ambing.

Meskipun begitu, tidak jarang prinsip ini sedikit demi sedikit mengendur, lho. Secara tidak sadar kamu sudah mulai berani mengabaikan prisip. Lantas, apa sajakah tanda bahwa prinsipmu sudah mulai goyah? Berikut penjelasannya.

1. Sering terbawa tren 

5 Tanda Prinsipmu Mulai Goyah, Ingin Ikut Arus Lingkungan Sekitar!ilustrasi selfie (pexels.com/Thirdman)

Bagi kalangan milenial dan gen z, keberadaan tren seolah membawa pengaruh penari dalam hidup. Mereka yang bisa mengikuti tren dianggap keren. Padahal sebagaimana yang kita tahu, tidak semua tren yang ada bersifat positif.

Menjadi sosok yang mudah terbawa tren, ini merupakan tanda bahwa prinsipmu mulai goyah. Kamu asal ikut sesuatu yang sedang booming tanpa pikir panjang. Padahal sikap seperti ini berpotensi membawa dampak negatif ke depannya.

2. Tidak memiliki pendirian yang tetap 

5 Tanda Prinsipmu Mulai Goyah, Ingin Ikut Arus Lingkungan Sekitar!ilustrasi perempuan baju biru (pexels.com/Cottonbro)

Pendirian yang kuat sangat diperlukan dalam hidup. Menjadi sosok yang memiliki pendirian, kamu lebih tahu tentang dirimu dan tidak mudah terseret pengaruh buruk. Namun demikian, seringkali pendirian kita lupakan ketika berada di tengah-tengah pergaulan.

Tanpa disadari, tidak memiliki pendirian yang tetap merupakan salah satu tanda bahwa prinsipmu mulai goyah, lho. Kamu mudah terombang di tengah pergaulan yang tidak pasti. Apapun yang terlihat seru dan menarik langsung diriku tanpa berpikir lebih jauh. 

Baca Juga: 5 Prinsip Penting saat Punya Penghasilan Sendiri, Kelola dengan Bijak!

3. Tergoda arus lingkungan sekitar 

5 Tanda Prinsipmu Mulai Goyah, Ingin Ikut Arus Lingkungan Sekitar!ilustrasi perempuan club malam (pexels.com/Yan Krukov)

Jika kita membahas lingkungan, sudah pasti setiap lingkungan memiliki ciri khasnya masing-masing. Entah itu ciri khas positif maupun negatif. Mengingat akan hal tersebut, sudah keharusan bagi kita untuk memiliki prinsip yang jelas.

Lantas, bagaimana dengan tipe orang yang mudah tergoda arus lingkungan sekitar? Ini merupakan pertanda bahwa prinsip yang kamu pegang mulai goyah. Kamu asal ikut kebiasaan dan budaya yang terlihat menarik tanpa memikirkan konsekuensi ke depannya.

4. Sering asal ikut ajakan orang 

5 Tanda Prinsipmu Mulai Goyah, Ingin Ikut Arus Lingkungan Sekitar!ilustrasi sekelompok orang berjalan (pexels.com/Snapwire)

Hidup berdampingan dengan banyak orang, kita pasti pernah ditawari berbagai ajakan. Entah itu ajakan seperti nongkrong maupun melakukan serangkaian hal-hal negatif. Tidak jarang kita pun tergoda untuk mengiyakannya.

Sering asal ikut ajakan orang lain tanpa berpikir panjang termasuk tanda bahwa kamu mulai goyah dalam memegang prinsip. Sering mengiyakan ajakan orang lain tanpa memikirkan dampaknya bisa jadi membuatmu terjebak dalam situasi yang tidak diharapkan.

5. Gegabah dalam setiap keputusan

5 Tanda Prinsipmu Mulai Goyah, Ingin Ikut Arus Lingkungan Sekitar!ilustrasi perempuan merenung (pexels.com/Marcelo Chagas)

Mengambil keputusan tidak bisa dilakukan secara asal. Pasti kamu sudah sering mendengar hal tersebut. Tapi pada faktanya, banyak di antara kita yang hanya mempertimbangkan sekilas bahkan terkesan gegabah. Semua diambil secara tergesa-gesa tanpa pemikiran panjang.

Padahal perilaku gegabah dan tergesa-gesa merupakan salah satu tanda prinsipmu mulai goyah, lho. Sesuatu yang diambil secara serampangan bisa jadi akan membawa dampak buruk ke depannya. Bahkan kamu berpotensi menciptakan masalah yang sulit dipecahkan. 

Prinsip yang goyah bisa jadi akan membawa dampak buruk ke depannya. Jika kamu mulai mengalami lima tanda di atas, segera waspada, ya!

Baca Juga: 5 Prinsip Hidup Ini Bakal Bikin Kamu Lebih Bahagia

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya