Comscore Tracker

5 Tanda Nyata Bahwa Kamu Orang yang Sangat Sensitif

#GoodLife Apakah kamu termasuk?

Dalam kehidupan bersosialisasi, kamu akan menemukan banyak karakter orang yang berbeda-beda. Dan tentu saja berbeda-beda pula kita menanggapinya. Contohnya seperti sensitif.

Tidak selamanya orang yang sensitif itu baik dan juga tidak selalu orang yang sensitif itu buruk. Ingin mengenali diri apakah kamu sensitif atau tidak? Kamu bisa menyimak poin-poin di bawah ini.

1. Perasaan emosional yang sangat tinggi dan dalam

5 Tanda Nyata Bahwa Kamu Orang yang Sangat Sensitifunsplash.com/kj2018

Hati kamu sangat lembut, atau mungkin rapuh. Kamu begitu mudah kesal apalagi sedih. Untuk masalah yang mungkin tidak teralu besar, kamu menanggapinya begitu sedih dan dalam. Dan untuk masalah yang begitu sepele, kamu bisa dengan mudah merasa tersinggung.

Layaknya kaca, kamu mudah untuk retak bahkan pecah. Namun sisi positifnya adalah orang yang memiliki perasaan emosional yang tinggi dan dalam mempunyai rasa empati yang tinggi pula terhadap sesama.

2. Lebih suka berolahraga sendirian

5 Tanda Nyata Bahwa Kamu Orang yang Sangat Sensitifunsplash.com/jennyhill

Kamu lebih suka berolahraga sendiri karena kamu tidak ingin terganggu oleh oranglain baik dari kesesuaian waktu atau yang lainnya. Dan kamu juga tidak ingin merasa terancam atau tersaingi terhadap kecepatan, kekuatan atau bentuk tubuh mereka yang lebih bagus dibanding kamu sehingga kamu juga merasa minder. Jadi untuk merasa aman, kamu lebih memilih untuk latihan olahraga sendirian.

3. Tidak suka film horror atau film kekerasan

5 Tanda Nyata Bahwa Kamu Orang yang Sangat Sensitifunsplash.com/andreilazarev

Orang yang memiliki hati yang lembut, pasti mudah merasakan ketakutan. Begitu juga mereka tidak sanggup untuk menonton film yang bergenre kekerasan karena mereka bisa shock dan terbayang-bayang. Biasanya orang yang sangat sensitif tidak berani dan menghindari jenis film yang seperti ini, selain bisa berefek negatif terhadap kesehatan karena jantungan atau sebagainya, hal yag paling parah yang bisa terjadi adalah trauma.

4. Suka merasa cemas dan cenderung depresi

5 Tanda Nyata Bahwa Kamu Orang yang Sangat Sensitifunsplash.com/jonathanrados

Kamu mudah kepikiran terhadap masalah yang sedang terjadi. Hidup selalu merasa khawatir dan tidak tenang jika masalah itu belum selesai. Alih-alih membawa dengan santai atau let it flow, kamu malah larut didalamnya sehingga kamu cenderung menjadi stres atau depresi. 2-3 hari wajar-wajar saja, tapi jika lebih itu tidak akan baik buat kamu. Dan setiap masalah datang kamu akan menanggapinya seperti ini.

5. Memperhatikan hal hingga detail kecil

5 Tanda Nyata Bahwa Kamu Orang yang Sangat Sensitifunsplash.com/laughayette

Tentu hal seperti ini terlihat bagus karena berarti kamu orang yang teliti. Namun yang dimaksud disini adalah kamu memperhatikan hal-hal kecil yang sebenarnya tidak terlalu penting tetapi kamu membawanya kedalam hati, seperti sikap atau perlakuan orang lain terhadapmu yang sebenarnya biasa saja tapi kamu menanggapinya berlebihan, atau omongan orang lain yang salah kata tapi kamu langsung tersinggung dan sebagainya.

Apakah kamu orang yang sensitif?

n d Photo Community Writer n d

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You