Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Tidak Ingin Melakukan Apapun

Mungkin kamu sedang kelelahan

Ada hari-hari di mana kita merasa kehilangan motivasi untuk beberapa saat. Rasanya, kita enggan melakukan rutinitas yang biasa dilakukan. Namun di penghujung hari, kita biasanya merasa tidak produktif dan berujung menyalahkan diri sendiri.

Bagaimanapun, ini merupakan hal yang wajar terjadi. Bisa jadi, ini merupakan tanda bahwa kita sudah terlalu bekerja keras untuk waktu yang lama. Barangkali yang kamu butuhkan adalah beristirahat sejenak, sebelum memulai semua aktivitas dan kembali produktif.

Jika kamu mengalami hal ini, lima kegiatan berikut ini bisa dilakukan untuk mengembalikan semangat dan motivasi. Yuk simak sampai habis!

1. Ambil jeda untuk bernapas sejenak

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Tidak Ingin Melakukan Apapunilustrasi beristirahat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika kamu enggan melakukan apapun, mungkin ini pertanda bahwa kamu mengalami burnout atau stress. Karenanya, beristirahat dari segala aktivitas adalah jalan terbaik yang bisa kamu lakukan.

Kamu bisa menggunakan waktu untuk tidur siang, menyaksikan series favorit, atau sekadar scrolling linimasa media sosial. Kuncinya adalah melakukan hal yang sekiranya dapat membiarkan badan dan pikiran kamu berelaksasi sehingga lebih tenang.

2. Terima dan validasi perasaan kamu

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Tidak Ingin Melakukan Apapunilustrasi memeluk diri sendiri (freepik.com/wayhomestudio)

Seringkali kita lupa bahwa, selain memerlakukan orang lain dengan baik, kita juga harus melakukan hal yang sama kepada diri sendiri. Tanpa sadar, kita kerap bersikap menuntut dan terlalu keras pada diri sendiri. Bahkan, tak jarang kita tidak bisa menoleransi kesalahan apapun.

Perlu diingat bahwa kita hanya manusia biasa yang jauh dari kesempurnaan. Kita diizinkan untuk sesekali berbuat salah dan tidak memenuhi ekspektasi yang kita buat. Jadi, ketika mengalami demotivasi, atau kehilangan motivasi, terima dan validasi apa yang kamu rasakan.

3. Pergi berjalan-jalan

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Tidak Ingin Melakukan Apapunilustrasi berjalan (pexels.com/Clem Onojeghuo)

Pergilah untuk berjalan-jalan selama beberapa saat. Tidak perlu mengunjungi tempat yang jauh, sebab kamu bisa berjalan kaki di sekitar rumah. Jika memiliki waktu dan sumber daya lebih, barangkali hutan atau alam terbuka bisa menjadi tujuan tepat untuk dikunjungi.

Menghirup udara segar dan menyaksikan pemandangan asri mungkin bisa membantu kamu untuk meluruskan pikiran sehingga kamu kembali dengan berbagai ide dan gagasan yang menarik.

4. Ceritakan apa yang kamu rasakan

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Tidak Ingin Melakukan Apapunilustrasi konseling (pexels.com/mentatdgt)

Berbicara dengan orang yang kita percaya bisa menjadi pilihan saat mengalami kehilangan motivasi. Melalui pembicaraan mendalam, atau deep talk, kita bisa menemukan insight menarik yang membantu kita untuk menemukan jalan keluar.

Tak hanya kepada teman, kamu juga dapat mencoba berdiskusi dengan tenaga profesional, seperti psikolog. Bercerita kepada psikolog bahkan bisa menawarkan solusi yang lebih sistematis.

5. Menyusun rencana kegiatan yang kamu suka

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Tidak Ingin Melakukan Apapunilustrasi menulis (pexels.com/Karolina Grabowska)

Meskipun kamu tidak memiliki energi untuk melakukan sesuatu, namun bukan berarti kamu tidak bisa menyusun rencana atau keinginan di masa mendatang. Kamu bisa menuliskan rencana kegiatan yang kamu sukai, misalnya berlibur ke pantai di akhir tahun. 

Melalui buku Atomic Habits, James Clear menjelaskan bahwa merencanakan sesuatu dapat memberikan kesenangan dua kali lipat lebih besar bahkan dibanding saat kita benar-benar merealisasikan rencananya.

Nah, demikian lima hal yang bisa kamu lakukan saat kehilangan motivasi. Jika kelima hal ini masih belum berhasil, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas lain, seperti melakukan journaling, mendengarkan lagu inspiratif, atau melakukan hobi lama kamu. Semoga kamu bisa segera bangkit seperti sedia kala, ya!

Baca Juga: 7 Tips Menjaga Work Life Balance Saat Bekerja dari Rumah

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

A philosophy geek who spends most of her time browsing on the internet

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya