Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Hilangkan Ingrown Hair, Bikin Lebih Percaya Diri!

Ucapkan selamat tinggal pada ingrown hair, yuk

Ingrown hair atau rambut yang tumbuh ke dalam kulit menjadi permasalahan yang kerap dialami hampir setiap orang. Selain mengganggu estetika, ingrown hair juga memunculkan rasa tidak nyaman seperti rasa gatal, iritasi, kemerahan, hiperpigmentasi, bahkan hingga komedo. Ada cara menghilangkan ingrown hair dengan efektif yang perlu kamu tahu.

Sejatinya ingrown hair bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Namun, ingrown hair banyak ditemukan khususnya pada bagian kulit yang paling sering dicukur. Ini meliputi bagian kaki, ketiak, hingga rahang. Lantas bagaimana cara menghilangkan ingrown hair dengan efektif? Temukan tips berikut ini, yuk!

1. Lakukan eksfoliasi secara berkala

5 Tips Ampuh Hilangkan Ingrown Hair, Bikin Lebih Percaya Diri!ilustrasi orang merawat kulit (freepik.com/freepik)

Dilansir National Health Services, kemunculan ingrown hair terjadi ketika folikel rambut tersumbat bersama sel-sel kulit mati. Namun tak perlu khawatir, eksfoliasi kulit secara berkala dapat mencegah penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit sehingga mengurangi risiko timbulnya ingrown hair.

Tak hanya itu, eksfoliasi juga bisa membuat kulit terasa lebih halus dan lembut. Kamu bisa menggunakan produk eksfoliasi jenis apa pun dalam hal ini. Pilihlah yang cocok untuk kulit sehingga dapat memberikan hasil maksimal.

2. Gunakan krim khusus saat mencukur rambut

5 Tips Ampuh Hilangkan Ingrown Hair, Bikin Lebih Percaya Diri!ilustrasi mencukur rambut (pexels.com/Karolina Grabowska)

Mencukur diketahui sebagai salah satu pemicu munculnya ingrown hair. Karenanya proses ini perlu diperhatikan secara detail dan hati-hati. Salah satu strategi yang bisa dilakukan ialah menggunakan krim khusus saat mencukur rambut.

Tujuannya tak lain untuk mengurangi friksi atau gesekan antara pisau cukur dan kulit serta menghindari iritasi pada kulit. Sebaiknya gunakan produk non-alkohol dan yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif untuk menghindari kulit kering.

Baca Juga: 9 Inspirasi Hair Do ala Ayu Gani, Bikin Short Hair Gak Membosankan

3. Pastikan memakai pisau cukur yang tajam

5 Tips Ampuh Hilangkan Ingrown Hair, Bikin Lebih Percaya Diri!ilustrasi mencukur rambut (pexels.com/Sora Shimazaki)

Mata pisau yang tajam dapat mencukur rambut hingga ke akar sehingga mencegah rambut tumbuh ke arah dalam. Untuk itu, menggunakan pisau cukur tajam disarankan saat mencukur rambut. Namun hindari penggunaan pisau yang sama secara berulang karena dapat mengakibatkan mata pisaunya lebih tumpul.

Agar lebih hemat, kamu bisa berinvestasi pada jenis pisau elektrik yang dapat digunakan berkali-kali. Dengan demikian, kamu tak perlu membeli pisau cukur secara terus-menerus. Namun, pastikan kamu membersihkan alat pisau dengan bersih untuk menghindari pertumbuhan bakteri atau jamur pada permukaannya.

4. Mencukur dengan arah yang tepat

5 Tips Ampuh Hilangkan Ingrown Hair, Bikin Lebih Percaya Diri!ilustrasi mencukur rambut (pexels.com/Karolina Grabowska)

Selain alat dan bahan yang digunakan untuk mencukur, memperhatikan teknik mencukur juga tak kalah penting. Pasalnya, ini juga diketahui memengaruhi tumbuhnya ingrown hair pada kulit.

Banyak miskonsepsi yang beredar bahwa mencukur rambut harus berlawanan arah dengan pertumbuhan rambut. Faktanya, teknik ini berisiko memicu tumbuhnya ingrown hair dan juga berbahaya untuk kulit. Karenanya, mencukur rambut sesuai dengan arah pertumbuhannya jauh lebih disarankan untuk meminimalkan iritasi.

5. Aplikasikan produk perawatan kulit usai mencukur

5 Tips Ampuh Hilangkan Ingrown Hair, Bikin Lebih Percaya Diri!ilustrasi mengaplikasikan body lotion (pexels.com/Sora Shimazaki)

Tahap ini sering kali terlupakan usai mencukur rambut. Padahal ini sangat esensial lantaran membantu cegah iritasi pada kulit. Sebaiknya gunakan bahan-bahan yang bersifat sebagai anti-inflamasi seperti acetylsalisylic acid dan bahan aktif seperti glycolic acid untuk mengeksfoliasi kulit mati sehingga mencegah pertumbuhan rambut ke arah dalam.

Yuk, ucapkan selamat tinggal pada ingrown hair dan mari tampil lebih percaya diri dengan menerapkan tips di atas. Namun jika ingrown hair tak kunjung hilang, segera diskusikan dengan tenaga profesional seperti dokter kulit, ya!

Baca Juga: Mengenal Ingrown Hair, Kondisi Rambut Tumbuh ke Dalam Kulit

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya