Comscore Tracker

Memiliki Aroma Harum, 5 Bunga Ini Cocok Banget Ditanam di Pekarangan

Makin betah bersantai dirumah deh!

Keindahan yang dimiliki bunga memang tak bisa dimungkiri. Warnanya yang cerah, bentuk yang beragam serta aroma khas bisa membuat banyak orang jatuh cinta pada makhluk hidup satu ini.

Karena keindahannya, bunga kerap dijadikan hiasan di luar maupun dalam rumah. Jika kamu memiliki rumah dengan pekarangan, berikut merupakan 5 jenis bunga beraroma harum yang bisa menambah segar suasana rumahmu!

1. Chamomile

Memiliki Aroma Harum, 5 Bunga Ini Cocok Banget Ditanam di PekaranganUnsplash.com/Roksolana Zasiadko

Tanaman chamomile tumbuh berupa semak dengan bunganya yang kecil yang sangat mirip bunga aster. Chamomile memiliki aroma yang menenangkan dan menyegarkan. Karena itulah tanaman ini juga kerap dijadikan sebagai teh bunga.

Efek menenangkan dari aroma chamomile membuat tanaman ini kerap dijadikan tanaman pengisi pekarangan. Bentuknya yang menyerupai semak pun akan membuat halaman tampak lebih natural bak di alam bebas.

2. Gardenia

Memiliki Aroma Harum, 5 Bunga Ini Cocok Banget Ditanam di PekaranganPinterest/Homedepot

Di Indonesia tanaman ini juga dikenal dengan sebutan tanaman kacapiring. Tanaman ini memiliki bunga yang indah berwarna putih serta beraroma manis. Dibalik bentuknya yang indah ternyata bunga ini menyimpan makna yang dalam, lho.

Bunga gardenia merupakan simbol kesucian, cinta serta kebaikan. Karena itulah bunga ini kerap dijadikan komposisi untuk bucket pernikahan. Tanaman gardenia termasuk tanaman yang tidak rewel dan jika dirawat dengan baik mampu berbunga sepanjang tahun.

3. Four O'clock flower

Memiliki Aroma Harum, 5 Bunga Ini Cocok Banget Ditanam di PekaranganPinterest/The Spruce

Bunga pukul empat memiliki nama latin mirabilis jalapa. Tumbuhan ini akan mekar di sore hari dan kuncup ketika pagi. Hal ini terjadi karena bunga merespon pada cahaya dan suhu di sekitarnya. 

Bunga ini memiliki aroma yang manis, kuat dan segar. Selain itu bunga pukul empat memiliki keunikan dalam segi warna. Warnanya yang cerah dan beragam membuat pekarangan akan terlihat lebih menyenangkan.

Baca Juga: 10 DIY Vas Bunga, Ada yang Bermodalkan Kotak Susu hingga Sendok!

4. Wisteria

Memiliki Aroma Harum, 5 Bunga Ini Cocok Banget Ditanam di PekaranganPinterest/The Design File

Tanaman wisteria merupakan bagian dari keluarga kacang polong atau fabaceae. Tanaman ini biasanya tumbuh di daerah Asia Timur dan Amerika namun sekarang di Indonesia juga sudah bisa ditemukan, lho.

Bunga wisteria memiliki warna keunguan yang sangat indah dan elegan. Ketika mekar bunga ini akan mengeluarkan aroma yang wangi dan juga manis. Dari bebagai spesies wisteria, chinese wisterialah yang dianggap memiliki aroma yang paling kuat.

5. Jasmine

Memiliki Aroma Harum, 5 Bunga Ini Cocok Banget Ditanam di PekaranganPinterest/Gilmour

Sudah tak asing lagi dong dengan bunga yang satu ini? Bunga jasmine atau melati memang sudah populer sejak lama karena aromanya. Meski memiliki bentuk yang mungil, bunga melati memiliki aroma yang tajam dan khas.

Saking wanginya bunga ini banyak dimanfaatnya untuk parfum, aromaterapi hingga teh. Di daerah tertentu melati juga digunakan dalam upacara yang sakral seperti pernikahan ataupun upacara adat lainnya.

Itu dia 5 jenis bunga beraroma harum yang bisa kamu tanam di pekarangan rumah. Tak hanya memanjakan indera penglihatan namun juga indera penciuman.

Baca Juga: Unik, 5 Tanaman Hias Kece Ini Cocok untuk Hadiah

Topic:

  • Nadin Azani
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya