Comscore Tracker

Vania Chandra, Semangat Kartini dalam Dunia Teknologi Indonesia

Karakter Benji yang membuatnya masuk ke dunia teknologi

Pada era sekarang, industri terbuka bagi setiap kalangan. Begitu pun dengan industri teknologi. Seperti halnya Vania Christie Chandra yang sekarang menempati posisi Lead Software Engineer Tokopedia. Seperti apa kisah inspiratif Kartini di dunia teknologi ini?

1. Vania memimpin 15 talenta software engineer dan pengembang fitur Tempo

Vania Chandra, Semangat Kartini dalam Dunia Teknologi IndonesiaDok.Tokopedia

Vania merupakan seorang Lead Software Engineer dari perusahaan e-commerce  Indonesia, Tokopedia. Wanita lulusan University of California ini, dipercaya untuk memimpin 15 talenta software engineer untuk membantu divisi Fintech. 

Siapa sangka, berawal dari kekagumannya akan karakter Benji, hacker dalam film 'Mission Imposible 3', membawanya pada titik ini. Masuknya Vania pada dunia teknologi bermula pada saat ia bingung menentukan jurusan kuliahnya.

Pada akhirnya, ia melihat karakter hacker yang diperankan oleh Simon Pegg. Perempuan ini pun memutuskan masuk jurusan ilmu komputer.

Kiprahnya di dunia teknologi pun, membawanya jadi pengembang fitur Tempo di Tokopedia. Fitur ini mempermudah pemilik warung kelontong atau pegiat UMKM dalam menyuplai stok makanan dan kebutuhan lain. Mitra dapat membeli barang untuk kebutuhan usaha, lalu membayarnya di belakang.

2. Baginya, dunia teknologi tidak memandang gender

Vania Chandra, Semangat Kartini dalam Dunia Teknologi IndonesiaInstagram/insidetokopedia

Bagi Vania, zaman sekarang, perempuan dan laki-laki memiliki kesempatan yang sama dalam profesi. "Untuk terus berkontribusi pada ekosistem digital Indonesia, siapa pun  bisa bertumbuh dan berkembang layaknya teknologi," ujarnya.

Di Tokopedia, Vania diberi kepercayaan untuk membekali talenta software engineer dengan keterampilan dan perspektif yang baru.

3. Semangat kolaborasi dalam tim merupakan jawaban dalam setiap tantangan

Vania Chandra, Semangat Kartini dalam Dunia Teknologi IndonesiaMedium/Nadira Wandari

Sebagai seorang kepala, ia selalu berusaha untuk mengetahui segala kebutuhan dan tantangan yang akan di hadapi oleh timnya. Menurut Vania, semangat kolaborasi dalam tim bisa menjadi jawaban atas tantangan yang ada.

"Saya harus terus berupaya mengetahui segala kebutuhan tim dari setiap aspek, sekaligus memberi dukungan penuh agar mereka berkarya lewat teknologi," ujarnya.

Baca Juga: Kumpulan Kutipan Inspiratif RA Kartini, Perempuan Harus Berkarya!

4. Dengan bersatu dan bekerja sama, semua orang dapat berinovasi

Vania Chandra, Semangat Kartini dalam Dunia Teknologi IndonesiaMedium/Nadira Wandari

Dengan menyatukan upaya dari berbagai kalangan tanpa memandang usia, gender, ataupun status, siapa saja yang memiliki integritas, bisa menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar maupun secara luas.

Menurut Vania, masih banyak hal yang bisa dilakukan dengan pemanfaatan teknologi. Misalnya, menolong orang untuk mengembangkan bisnisnya atau mengubah cara orang berbelanja dengan lebih efisien, seperti yang ia dan timnya lakukan sekarang ini.

5. Untuk mengasah skill, harus memiliki semangat 'Mulai Aja Dulu'

Vania Chandra, Semangat Kartini dalam Dunia Teknologi IndonesiaMedium/Nadira Wandari

Bagi Vania, dunia profesi sekarang memiliki kesempatan yang sama dan tak ada lagi batasan, termasuk gender. Di era revolusi industri 4.0, yang terpenting adalah semangat untuk terus mengambangkan keterampilan, jangan pernah takut untuk memulai, dan jadilah seseorang yang selalu penasaran!

Itu dia kisah Vania Chandra, Kartini masa kini dalam dunia teknologi. Karena itu, teruslah bersemangat untuk mengejar impianmu! Vania saja sudah membuktikannya!

Baca Juga: RA Kartini Ternyata Gugur Diusia Muda, Ia Rajin Kirim Tulisan ke Media

Topic:

  • Nadin Azani
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya