Comscore Tracker

8 Hal Positif yang Muncul Semenjak Terjadinya Pandemi, Ada Hikmahnya

Semua ada hikmahnya

Pandemi global adalah istilah wabah penyakit yang sudah mendunia. Dari pengertiannya, seolah-olah akan selalu datang hal negatif yang muncul setelah pandemi terjadi.

Sebenarnya, banyak sekali hal positif atau hikmah yang kita ambil dari pandemi ini. Apa saja sih hikmahnya? Yuk kita lihat penjelasannya di bawah ini.

1. Menjadi kebiasaan cuci tangan sebelum makan dan sehabis bepergian

8 Hal Positif yang Muncul Semenjak Terjadinya Pandemi, Ada Hikmahnyapixabay.com/ceuleur

Hal positif yang paling umum terjadi adalah kebiasaan mencuci tangan di mana pun kamu berada. Terutama jika habis memegang sesuatu di fasilitas umum maupun sehabis bepergian. Jika tidak memungkinkan untuk cuci tangan, orang-orang biasa menggunakan hand sanitizer.

2. Lebih banyak waktu bersama keluarga

8 Hal Positif yang Muncul Semenjak Terjadinya Pandemi, Ada Hikmahnyapexels.com/tatianasyrikova

Semenjak diadakannya aturan #DiRumahAja dan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), kamu menjadi lebih banyak waktu luang bersama keluarga. Dari yang tadinya tidak pernah makan bersama di meja makan, menonton film bersama, sekarang hal tersebut menjadi sangat mungkin terjadi agar hubungan keluarga menjadi lebih erat.

3. Jadi lebih suka masak dan makan di rumah bersama keluarga

8 Hal Positif yang Muncul Semenjak Terjadinya Pandemi, Ada Hikmahnyaunsplash.com/mvdheuvel

Banyak yang memilih untuk #MasakDiRumah aja daripada jajan di luar dan berinteraksi dengan orang banyak. Mungkin saja sebagian dari kamu memiliki waktu yang banyak untuk berkreasi di dapur sehingga bisa menyajikan makan siang dan malam untuk keluarga tercinta.

4. Jadi lebih sering minum air putih bahkan mengonsumsi vitamin

8 Hal Positif yang Muncul Semenjak Terjadinya Pandemi, Ada Hikmahnyapexels.com/lisafotios

Imunitas tubuh menjadi perhatian bagi kebanyakan orang, supaya tubuh tetap sehat dan terlindungi dari virus. Salah satu hal yang paling simpel adalah minum air putih yang cukup, mengonsumsi vitamin pendukung dan menjalani hari dengan hati yang bahagia.

Baca Juga: 5 Podcast atau Siniar yang Wajib Didengar Freelancer di Saat Pandemi

5. Jadi mau belajar masak dan baking di rumah

8 Hal Positif yang Muncul Semenjak Terjadinya Pandemi, Ada Hikmahnyapexels.com/creativefreestock

Tak sedikit selama masa pandemi, orang-orang jadi suka belajar memasak. Mulai dari masakan sehari-hari sampai belajar membuat kue untuk lebaran. Cukup dengan sosial media yang ada, kamu bisa mencoba belajar memasak sambil menonton video resep masakan. Lumayan kan, untuk menghilangkan kejenuhan selama kamu di rumah.

6. Jadi bisa fokus ke program hamil karena pasangan lebih sering di rumah aja nih

8 Hal Positif yang Muncul Semenjak Terjadinya Pandemi, Ada Hikmahnyarawpixel.com

Nah, teruntuk kamu yang sedang berjuang bersama pasangan untuk mendapatkan buah hati, sekarang bisa jadi saat yang tepat nih di mana banyak suami yang lebih sering kerja di rumah. Dengan begitu, kamu bisa sekalian quality time bersama pasangan dong ya!

7. Berkesempatan ibadah berjamaah di rumah bersama keluarga

8 Hal Positif yang Muncul Semenjak Terjadinya Pandemi, Ada Hikmahnyarawpixel.com/canikarnthongsupa

Pemerintah mengeluarkan aturan untuk melakukan ibadah salat di rumah demi meminimalisir terjadinya penularan virus. Jadi, sudah saatnya untuk kamu yang laki-laki bisa mengajak salat berjamaah dengan keluarga di rumah.

8. Polusi udara berkurang signifikan

8 Hal Positif yang Muncul Semenjak Terjadinya Pandemi, Ada Hikmahnyapexels.com/ajnakasone

Semakin banyak orang yang di rumah saja, semakin sedikit kendaraan yang bertebaran di luar yang memicu polusi udara dari asap kendaraan dan asap lainnya. Sehingga bumi sedikit lega dengan polusi yang banyak berkurang di berbagai negara di belahan dunia.

Itulah hal-hal positif yang muncul semenjak adanya pandemi COVID-19 ini, tidak semuanya negatif, namun selalu ada hal positif di balik semua ini ya!

Baca Juga: 5 Daftar Challenge yang Viral Selama Pandemi, Kamu Ikutan?

Nana kurnia Photo Verified Writer Nana kurnia

hai, saya Nana!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya