Comscore Tracker

Penting dan Bijaksana, 5 Pelajaran Positif dari KDrama Moorim School

Salah satunya bahwa setiap kesulitan pasti ada kemudahan

Drama Moorim School merupakan salah satu drama fantasi yang berlatar belakang tentang kehidupan sekolah. Drama ini dibintangi sederet artis muda dan berbakat yaitu Lee Hyun Woo, Hongbin VIXX, Jung Yoo-jin, dan Seo Ye-ji.

Bukan hanya tentang persahabatan, drama yang tayang pada tahun 2016 ini juga menghadirkan beberapa pesan moral lain yang dapat menginspirasimu. Diantaranya adalah tentang kekeluargaan, pencarian jati diri, perjuangan menggapai cita-cita dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, berikut ini ada beberapa pesan moral dari drama Moorim School yang bisa dijadikan pelajaran hidup. Pesan moral apa sajakah? Yuk, langsung intip ulasannya di bawah ini ya!

1. Ingatlah naluri orang tua akan selalu melindungi anaknya

Penting dan Bijaksana, 5 Pelajaran Positif dari KDrama Moorim Schooldramabeans.com

Ayahnya Chae Young merupakan orang yang sangat peduli dengan anaknya. Nalurinya sebagai seorang ayah akan selalu berusaha melindungi anaknya dari segala mara bahaya. Meskipun kadang kala hal itu juga dapat melukainya, tetapi yang terpenting anaknya yaitu Chae Young dalam keadaan yang baik-baik saja.

Setiap orang tua di dunia ini, tentu saja menginginkan anaknya untuk hidup bahagia tanpa ada kesulitan apa pun. Karena hal itulah yang membuat naluri antara orang tua dan anak tidak bisa digantikan dengan hal apa pun yang ada di dunia ini. 

2. Teruslah bekerja keras untuk menggapai impian

Penting dan Bijaksana, 5 Pelajaran Positif dari KDrama Moorim Schooldramabeans.com

Seseorang yang mengenyam pendidikan setinggi mungkin tentu saja berharap bahwa suatu hari nanti impiannya dapat tercapai. Tidak hanya dengan bersantai-santai, namun dengan latihan yang terus menerus serta kerja keras. 

Seperti dengan Chae Joon dan Shim Soon-duk yang berjuang sekuat tenaga untuk mendapatkan impiannya. Mereka berlatih setiap hari dengan rajin untuk bisa meraih cita-citanya selama ini. Sepantasnya hal itu juga dilakukan bagi siapa saja yang ingin memperoleh impian yang diinginkan.

Dengan kerja keras dan pantang menyerah, yakinlah suatu saat nanti kesuksesan itu akan datang tepat pada waktunya.

Baca Juga: Penting dan Bijak, 5 Pelajaran Hidup KDrama Moonlights Drawn By Clouds

3. Percayalah setiap kesulitan pasti akan ada kemudahan

Penting dan Bijaksana, 5 Pelajaran Positif dari KDrama Moorim Schooldramabeans.com

Pada suatu hari, Chae Joon dan juga Wang Chi-ang terjebak di dalam sebuah hutan belantara. Tentu saja dalam hutan tersebut terdapat berbagai bahaya yang mengancam nyawa mereka seperti terkaman serigala dan hewan buas lainnya. Namun, karena mereka berdua saling bekerja sama dan tidak mengedepankan ego membuat mereka dapat selamat dari berbagai ancaman bahaya tersebut.

Selama beberapa hari mengalami berbagai kesulitan di hutan, akhirnya mereka dapat keluar dari dalam hutan dengan keadaan selamat. Nah dari hal itu dapat dipelajari bahwa sebanyak apa pun kesulitan yang kita hadapi, percayalah dengan usaha keras kesulitan itu akan segera usai.

4. Kritik dari orang lain dapat menjadi motivasi diri untuk lebih baik lagi

Penting dan Bijaksana, 5 Pelajaran Positif dari KDrama Moorim Schooldramabeans.com

Meskipun sering diberikan banyak kritikan dari Professor Kim, hal itu tidak membuat Chae Joon patah semangat. Sebaliknya Chae Joon tetap bangkit dan berlatih lebih giat lagi untuk membuktikan kemampuan yang dimilikinya. Terbukti dengan usaha serta kerja kerasnya, membuat Chae Joon bisa menjadi salah satu murid terbaik di sekolahnya.

Setiap individu mempunyai cara masing-masing untuk meraih segala impiannya. Salah satunya adalah dengan cambukan berupa kritikan dari orang lain di sekitarnya. Bukan malah menjatuhkan, kritikan pastinya bisa menjadi salah satu motivasi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi di masa depan.

5. Meskipun kadangkala berselisih paham, sahabat sejati akan selalu bersama dalam suka maupun duka

Penting dan Bijaksana, 5 Pelajaran Positif dari KDrama Moorim Schooldramabeans.com

Perselisihan atau kesalahpahaman kecil dalam hubungan persahabatan, bukanlah sesuatu yang tidak wajar. Pasalnya setiap individu tentu saja mempunyai ego dan sifat masing-masing yang kadang kala bisa saling bersinggungan satu sama lainnya.

Sama halnya dengan Chae Joon dan Wang Chi-ang yang sering terlibat kesalahpahaman kecil. Tidak dapat dipungkiri, hal itu kadang kala membuat hubungan persahabatan mereka menjadi renggang. Tetapi mereka berdua akhirnya menyadari bahwa sifat masing-masing yang dimiliki bukan menjadi pembatas dalam hubungan persahabatan melainkan harus saling memahami dan tetap bersama dalam suka maupun duka.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai pesan moral apa sajakah dalam drama Moorim School yang dapat dijadikan pelajaran hidup. Pastinya pesan moral tersebut membuat hidup kita makin bijaksana ya.

Baca Juga: 8 Quotes KDrama Dazzling Ini Beri Banyak Pelajaran Hidup 

Nanda Rista Noviati Photo Verified Writer Nanda Rista Noviati

Punya hobi menulis cerpen dan membaca novel genre rom-com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You