Comscore Tracker

5 Tips Memilih Seprai yang Berkualitas biar Tidur Makin Nyaman 

Kualitas tidurmu makin baik, jadi makin bugar deh!

Kasur menjadi tempat paling nyaman saat berada di rumah. Kamu bisa melepas rasa lelah setelah beraktivitas di luar. Salah satu elemen penting yang membuatmu nyaman saat berada di tempat tidur adalah sprei. Pemilihan sprei berpengaruh pada kualitas tidurmu, lho.

Saat membeli sprei pun kamu gak bisa sembarangan. Sebab, pemilihan yang tak sesuai bakal membuat tidur gak nyaman. Untuk menunjang hal tersebut, pertimbangkanlah beberapa tips saat memilih sprei tempat tidur berikut ini. Dijamin tidur makin pulas, deh!

1. Perhatikan kualitas bahannya  

5 Tips Memilih Seprai yang Berkualitas biar Tidur Makin Nyaman unsplash.com/beccaschultz

Sprei terbuat dari berbagai macam bahan, sehingga cukup membuatmu bingung. Tetapi, pastikan bahan yang kamu pilih terjaga kualitasnya. Pilih sprei dengan bahan yang lembut dan terasa halus saat menyentuh kulit. Jangan ragu untuk memegang permukaan sprei, ya.

Selain itu, kalau kamu membelinya secara online, pilihlah sprei dengan keterangan katun korean, katun jepang, atau sutra. Ketiga bahan tersebut sangat disarankan, karena kenyamanannya terjamin. Kalau gak mau yang mudah kusut, pilih berbahan katun saja.

2. Sesuaikan ukuran sprei dengan kasur  

5 Tips Memilih Seprai yang Berkualitas biar Tidur Makin Nyaman unsplash.com/annasullivan

Seperti yang kita tahu, sprei terdiri dari berbagai macam ukuran, tergantung kasur yang kamu gunakan. Bahkan, terdapat pula kasur dengan ukuran sesuai permintaan, sehingga mencari sprei yang tepat pun cukup sulit.

Ukuran kasur ada enak, yakni single (100 x 200 cm), super single (120 x 200 cm), double (140 x 200 cm), queen (160 x 200 cm), king (180 x 200 cm), dan super king (200 x 200 cm). Pastikan ukurannya pas, agar tak terlalu kebesaran atau kekecilan. Menganggu banget, lho!

Baca Juga: 5 Inspirasi Kamar Tidur dengan Bunk Bed, Kamar Lebih Space-saving!

3. Pilih warna dan motif yang tepat  

5 Tips Memilih Seprai yang Berkualitas biar Tidur Makin Nyaman pexels.com/buenosiacarol

Pemilihan sprei juga mempengaruhi suasana kamarmu, lho. Kalau kamarmu ditata dengan konsep tertentu, maka pilihlah sprei yang sesuai pula. Maksudnya, pilihlah warna dan motif sprei yang tepat. Kalau masih bingung dan ragu, pilih saja yang polos dengan warna netral.

Tetapi, sprei sejatinya bisa mencerminkan karakter seseorang. Misalnya, kamu adalah orang yang minimalis, maka pilihan spreimu bakal cenderung dengan pola yang tak terlalu ramai dan warnanya pun netral, seperti putih, hitam, atau abu-abu.

4. Bandingkan dengan merk lainnya  

5 Tips Memilih Seprai yang Berkualitas biar Tidur Makin Nyaman pexels.com/dmitryzvolskiy

Saat membeli sprei, sebaiknya jangan terpaku pada satu merk saja. Mungkin memang kamu sudah memiliki merk yang disukai, tapi bisa jadi kamu menemukan referensi lainnya yang tak kalah berkualitas. Asyiknya lagi kalau ternyata harganya lebih murah, ya kan?

Saat membandingkan sprei, ada beberapa hal yang harus kamu pahami. Mulai dari kualitas bahan, kelengkapan sprei, dan tentu saja harga. Kalau kualitasnya bagus dan harganya jauh lebih murah, gak ada salahnya untuk dicoba, lho.

5. Cek kelengkapan sprei  

5 Tips Memilih Seprai yang Berkualitas biar Tidur Makin Nyaman unsplash.com/chuttersnap

Seperti yang sudah disinggung di poin sebelumnya, kelengkapan sprei juga wajib untuk diperhatikan, lho. Pastikan jumlah sarung bantal dan gulingnya sudah sesuai dengan keterangan sprei. Jangan lupa pula untuk memeriksa ketersediaan tali pada sarung guling.

Begitu pula saat memeriksa sprei, cek ketersediaan karet di setiap sisinya. Dengan begitu, pemasangannya bakal jauh lebih mudah dan sprei juga tak mudah kusut. Kalau pengin lebih detail lagi, periksa ketahanan jahitan spreinya, dari situ bakal terlihat kualitasnya.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat sedang membeli sprei. Mungkin terlihat sepele, tapi bisa mempengaruhi kenyamananmu saat tidur, lho. Kalau sudah begini, dijamin tidurmu makin lelap, deh!

Baca Juga: 8 Barang Ini Wajib Ada Jika Mau Dekorasi Kamar ala Drama Korea 

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya