Comscore Tracker

5 Cara Belajar Self Acceptance, Biar Hidup Lebih Bermakna

Karena kamu berhak untuk hidup damai dan bahagia guys...

Mungkin hampir semua orang pernah berada pada situasi yang tidak bisa menerima diri sendiri. Merasa gagal, menyalahkan diri sendiri, bahkan hingga frustasi. Tapi, kalau itu semua terus berlarut, kapan bisa fokus pada tujuan dan goals selanjutnya?

Coba terapkan 5 hal ini, latihan self acceptance, agar kamu bisa menjalani kehidupan yang damai!

1. Tidak membandingkan diri dengan orang lain

5 Cara Belajar Self Acceptance, Biar Hidup Lebih Bermaknaunsplash.com/@kylebroad

Terkadang saat lihat pencapaian orang lain, tanpa sadar kita sering membandingkan keadaan diri. Gak salah sih selama itu bisa jadi motivasi, tapi kalau terlalu berlebihan malah bikin kamu frustasi dan menghakimi diri sendiri karena belum mendapatkan yang orang lain capai.

2. Memaafkan kesalahan sendiri

5 Cara Belajar Self Acceptance, Biar Hidup Lebih Bermaknaunsplash.com/@benwhitephotography

Mungkin beberapa keputusan dalam hidup adalah kesalahan diri sendiri. Penyesalan pasti terjadi, kalau kamu belum menerimanya, akan selalu menyalahkan diri sendiri, tidak menerima diri, bahkan sampai memaki-maki diri. Meski sulit, cobalah mulai untuk memaafkan kesalahan diri, yakinkan pada diri bahwa segala sesuatunya adalah yang terbaik.

Baca Juga: Sederhana, 5 Cara Menghilangkan Stres Ini Bisa Dilakukan Siapa Saja

3. Perbanyak bersyukur

5 Cara Belajar Self Acceptance, Biar Hidup Lebih Bermaknaunsplash.com/@jblesly

Di balik semua kekurangan diri yang kamu rasakan, pasti ada kelebihan yang kamu punya meski di titik penolakan diri ini sulit sekali menyadari kelebihan diri sendiri. Rehat sejenak, ingat kembali hal baik yang ada pada diri, dan syukuri itu semua. Percaya deh, itu akan mengurangi ketidakpercayaan diri kamu.

4. Berbuat baik pada orang lain

5 Cara Belajar Self Acceptance, Biar Hidup Lebih Bermaknaunsplash.com/@priscilladupreez

Dengan berbuat baik pada orang lain, setidaknya itu mengobati penolakan diri kamu dan membuat diri semakin bisa menerima semua kekurangan dan kelebihan itu karena merasa bermanfaat bagi orang lain dan menjadikan kamu bisa berdamai dengan diri.

5. Lakukan afirmasi

5 Cara Belajar Self Acceptance, Biar Hidup Lebih Bermaknaunsplash.com/@seteales

Buat pernyataan dengan kalimat positif kepada diri sendiri, bukan narsis, melakukan afirmasi itu bisa menumbuhkan semangat baru. Seperti kata-kata "Kamu hebat", "Terima kasih sudah kuat menjalani semua ini" , atau kata pujian lainnya yang intinya menghargai setiap proses yang kamu lakukan.

Nah, mulai sekarang coba untuk berhenti menyalahkan diri ya. Coba hal-hal di atas biar kamu lebih bahagia menjalani hidup.

Nazhifatun Nurul Latifah Photo Verified Writer Nazhifatun Nurul Latifah

Happy reading:) Semoga tulisan ini bisa menghibur, memotivasi, dan mengedukasi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya