Comscore Tracker

10 Hal yang Harus Berani Kamu Lakukan Sebelum Usia 30 Tahun

Manfaatkan waktumu sebaik mungkin!

Ada yang bilang usia 20an adalah masa dimana kita bisa melakukan banyak hal yang akan menjadi penentu di usia kita selanjutnya. Benar gak sih?

Tapi apapun itu, menapaki satu persatu pergantian tahun kelahiran dan bertambahnya usia membuat kita banyak berpikir. Apa yang sudah kita lakukan? Apa yang belum kita lakukan? Apa yang hanya menjadi rencana tanpa bisa kita wujudkan?

Ya, wajib untuk kita yang masih berusia di bawah 30 tahun untuk benar-benar melakukan sesuatu yang tidak sekedar huhu haha, tapi juga bermanfaat untuk lingkungan.

Tapi apa aja sih yang memang harus dilakukan oleh kita yang masih berusia 20 tahunan?

Belajar sesuai dengan minat.

10 Hal yang Harus Berani Kamu Lakukan Sebelum Usia 30 Tahununsplash.com

Ya, di awal usia 20an tahun, kamu pasti akan masuk dalam fase galau selain karena kisah cintamu di masa SMA yang rumit. Kamu akan dihadapkan pada pilihan memilih akan melanjutkan belajar di universitas mana dan jurusan apa. Beberapa orang yang beruntung akan masuk ke universitas negeri dengan jalur undangan dan masuk fakultas impiannya. Lainnya merasa terjebak dalam lingkungan yang hanya menjadi keharusan atau justru pilihan terakhir.

Jangan disesali. Untuk kamu yang masih memiliki kesempatan memilih jurusan, bisa mempersiapkannya dari sekarang. Selain meringankan beban orang tua dari segi biaya, kamupun akan senang dan sangat menikmati apa yang kamu jalani bukan. Nah, untuk kamu yang justru sudah masuk dan merasa terjebak. Jangan keburu untuk berhenti dan meninggalkan kuliahmu. Kamu punya banyak kesempatan sukses dengan mencari celah dari apa yang kamu jalani saat ini.

Mencoba membangun bisnis meski harus kehabisan modal.

10 Hal yang Harus Berani Kamu Lakukan Sebelum Usia 30 Tahununsplash.com

Tidak semua anak muda memiliki keberanian mengambil resiko besar di dalam hidupnya. Sebab ada dari mereka yang merasa nyaman dan enggan melakukan sesuatu yang berbeda di dalam hidupnya. Salah satunya yaitu mendirikan bisnis. Jika bukan tugas sekolah atau kampus dalam mata kuliah wirausaha, jarang sekali anak muda yang mau membuka usaha.

Namun nyatanya membuka usaha sendiri di usia muda menjadi pertanda kamu bisa beradaptasi dan siap dengan persaingan di luar sana. Urusan modal yang sedikit, waktu yang tidak fleksibel karena masih harus kuliah, itu adalah resiko. Tapi setidaknya cobalah sekali saja dalam hidupmu.

Menjelajah tempat baru seorang diri.

10 Hal yang Harus Berani Kamu Lakukan Sebelum Usia 30 Tahununsplash.com

Anak muda zaman sekarang mungkin sedikit kurang memahami apa itu arti menjelajah tempat baru. Bertemu dengan orang baru dan belajar budaya di tempat yang benar-benar baru. Padahal nyatanya, saat kamu memilih untuk tarveling kamu bisa mendapatkan lebih dari sekedar foto selfie yang pas untuk feed media sosialmu.

Ya, mungkin kamu harus mencoba untuk pergi ke tempat yang kamu sukai seorang diri. Bukan untuk menyendiri atau tidak suka saat ditemani. Tapi kamu akan merasakan saat di mana kamu benar-benar menyatu dan dekat dengan lingkungan yang baru. Kamu gak akan merasa repot dengan pilihan yang tidak sama denganmu. Kamu pun akan lebih mengenal dirimu sendiri.

Sibuklah bekerja meski merasa lelah dan jengah.

10 Hal yang Harus Berani Kamu Lakukan Sebelum Usia 30 Tahununsplash.com

Setelah kuliah ada beberapa pilihan untukmu. Kamu melanjutkan pendidikan, membuka bisnismu sendiri, menikah atau mencoba bekerja di perusahaan yang kamu impi-impikan sejak lama? Ya, semua itu pilihan. Kamu berhak mencoba untuk menjadi karyawan dan membuktikan kemampuanmu di sebuah perusahaan yang sudah kamu inginkan sejak lama.

Ada kalanya pekerjaan yang kita lakukan pun tidak sesuai ekspektasi. Tapi inilah dunia kerja, dimana kamu akan merasa lelah, jenuh, dan bahkan ingin sekali cuti selama berminggu-minggu. Jangan menyalahkan pekerjaan yang bahkan tidak sesuai passionmu. Semua pekerjaan memberikan banyak pelajaran yang bahkan kamu sendiri tidak akan mendapatkannya di bangku kuliah. Gunakanlah waktumu untuk mengasah kemampuan dan memperbanyak pengalamanmu.

Buat karya meski harus dicaci oleh .

10 Hal yang Harus Berani Kamu Lakukan Sebelum Usia 30 Tahununsplash.com

Sedikit saja kamu membuat sebuah karya yang berbeda dari biasanya, pasti cacian yang akan kamu dapatkan. Lingkungan, teman bahkan keluarga tidak bisa serta merta langsung menerima kemampuan kamu dalam membuat sesuatu yang tidak biasa.

Contohnya saja saat kamu memiliki kemampuan dalam hal menulis, jangan pernah ragu untuk menulis. Buatlah blog atau menuliskan di banyak portal yang memberikan kebebasan untukmu menulis. Sama halnya seperti saat kamu tertarik dengan dunia video. Kamu bisa menjadi seorang youtuber, atau editor video dan memposting video di channel Youtube-mu sendiri. Lakukan saja selama itu positif dan membuatmu lebih bersemangat dalam berkarya.

Hadir di event yang hype banget.

10 Hal yang Harus Berani Kamu Lakukan Sebelum Usia 30 Tahununsplash.com

Jangan hanya tahu event konser saja, kamu yang masih berusia 20an tahun memiliki kesempatan yang besar untuk hadir di banyak event yang terkenal dan pastinya bermanfaat. Misalnya saja, saat kamu tertarik dengan dunia IT, kamu bisa hadir dalam expo atau seminar tentang IT. Kamu juga bisa hadir dalam berbagai acara yang diadakan oleh provider untuk melaunching produk mereka. Bukan hanya sekedar untuk tahu produk terbaru, tapi untuk memahami update teknologi yang bisa kamu jadikan sumber insight untuk karyamu nanti.

Bahkan saat kamu tertarik membangun bisnis, jangan ragu untuk hadir dalam pameran atau seminar bisnis. Ini ajangmu untuk banyak belajar dari yang sudah ahli. Kamu bisa mendapatkan banyak ilmu bahkan yang tidak kamu sangka sebelumnya.

Berkenalan dengan banyak orang baru.

10 Hal yang Harus Berani Kamu Lakukan Sebelum Usia 30 Tahununsplash.com

Saat kamu tahu kamu membutuhkan banyak koneksi untuk bisa berkembang, maka jangan menutup diri. Berkenalanlah dengan banyak orang. Cari tahu bagaimana mereka saat kamu berkomunikasi dengan mereka. Bahkan jangan ragu untuk hadir di berbagai acara yang tidak kamu tahu sebelumnya. Dari situlah kamu bisa mendapatkan banyak kenalan baru untuk mengembangkan koneksimu nantinya.

Beli barang mewah untuk investasi masa depan.

10 Hal yang Harus Berani Kamu Lakukan Sebelum Usia 30 Tahununsplash.com

Jangan mencela mereka yang suka membeli barang-barang mewah. Ada banyak alasan kenapa mereka rela menghabiskan banyak uang hanya untuk 1 barang yang harganya selangit. Kamu pun yang masih berusia 20an tahun bisa melakukannya. Menyisihkan uang jajan, menabung dari keuntungan bisnis dan membeli barang -barang seperti mobil, sepeda motor, mencicil rumah adalah hal yang wajar. Jadikan ini sebagai investasimu di usia lanjut nanti. Jangan hambur-hamburkan uang hanya untuk kesenangan sesaat saja. Investasikan juga untuk masa depanmu.

Berani berkenalan dan melabuhkan pilihan untuk teman hidup.

10 Hal yang Harus Berani Kamu Lakukan Sebelum Usia 30 Tahununsplash.com

Nah, yang satu ini juga harus kamu lakukan. Meski jodoh adalah rahasia ilahi. Tapi ikhtiar kamu dalam menemukan tambatan hati bukanlah bualan semata. Kamu harus berani berkenalan, membuka hati meski sempat tersakiti dan memutuskan untuk menikah saat sudah memiliki kekasih.

Ya, menikah menjadi impian dari banyak orang. Tidak terkecuali bagi sebagian orang yang dirasa sudah mencapai banyak hal, mulai dari lulus kuliah, bekerja dan berpenghasilan tetap, memiliki usahanya sendiri. Cobalah untuk berikhtiar dan berdoa. Siapa tahu jodohmu akan hadir saat kamu masih berusia 20an tahun.

Menuliskan rencana 10 tahun kedepan.

10 Hal yang Harus Berani Kamu Lakukan Sebelum Usia 30 Tahununsplash.com

Saat kamu sudah melakukan semua itu, sekarang cobalah untuk menuliskan rencana selama 10 tahun ke depan. Kamu harus memiliki rencana dan akan memberikan kamu semangat dalam meraihnya.

Nelsi Islamiyati Photo Verified Writer Nelsi Islamiyati

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya