Comscore Tracker

5 Jenis Orang yang Kamu Butuhkan untuk Menjadi Orang Sukses

Semua orang memberi manfaat!

Menjadi manusia yang sukses adalah impian siapapun yang masih memiliki kehidupan. Tidak terkecuali kita, yang sedang mengusahakan untuk melakukan yang terbaik dalam hidup kita. Tentu saja apapun yang kita lakukan, sedikit banyak akan berbeda dengan mereka yang sama sedang berjuang meraih sukses dalam hidupnya. Yang tidak bisa kita hindari adalah keterlibatan orang lain dalam setiap usaha yang kita lakukan.

Sebagai makhluk sosial, yang kita butuhkan adalah bantuan roang lain. Dalam bentuk apapun, semua orang yang terlibat sudah pasti memberikan dampak bagi kita. Mau yang berdampak baik atau yang hanya memberikan dampak negatif dan semakin membuat kita terpuruk. Baik atau buruknya mereka tidak semuanya harus dihindari. Tentu ada yang layak kita bela dan perjuangkan untuk terus menjadi bagian dari hidup kita. Lalu siapa saja sih orang yang kita butuhkan dalam hidup kita untuk mendukung cita-cita kita menjadi manusia yang sukses?

1. Memberimu banyak perintah

5 Jenis Orang yang Kamu Butuhkan untuk Menjadi Orang Suksesstartupdonut.co.uk

Siapa sih yang suka jika diberi perintah dengan seenaknya? Tidak ada yang ingin hidup mereka banyak diperintah ini dan itu oleh orang lain. Terlebih saat kita ingin melakukan sesuatu, namun ada orang dengan kuasa atau kedudukan yang lebih tinggi malah memberi perintah lainnya. Tak hanya berbeda tapi terkadang perintahnya pun menyulitkan bagi kita. Sudah pasti membuat kita kerepotan sendiri kan?

Tapi dari setiap perintah yang diberikan, banyak hal yang kita pelajari. Kita belajar menjadi orang yang menghargai orang lain saat berbicara, apalagi belajar menjadi orang yang menghargai perintah dari orang lain. Tentu saja selama perintah yang diberikan adalah hal yang baik dan tidak melanggar prinsip di dalam hidup kita. Kita bisa juga banyak belajar dari mereka tentang hal yang kita lakukan atas dasar perintah mereka. Kita akan belajar membedakan mana perintah dari seorang pemimpin atau leader dan dari seorang bos.

2. Sok tahu & sok mengaturmu

5 Jenis Orang yang Kamu Butuhkan untuk Menjadi Orang Suksesunsplash.com/@farrelnobel

Selain mereka yang selalu memerintahmu ini dan itu, orang yang sok tahu dan sok mengatur hidupmu, adalah mereka yang sudah pasti ingin sekali kamu hindari bukan? Mereka bukan hanya sering mencampuri urusanmu, tapi mereka akan banyak mengatur apapun yang ada di dalam hidupmu. Seolah paling tahu apa yang kamu butuhkan, mereka akan bersemangat saat berbicara tentang hidupmu.

Kamu pasti sebal, tapi dari mereka kamu bisa banyak belajar tentang arti menjaga rahasia hidup masing-masing. Kamu akan semakin selektif dalam memilih dan memilah mana orang yang layak kamu percaya sebagai teman cerita, dan mana yang hanya ingin tahu dan membuatmu risau karena terlalu mencampuri urusanmu.

3. Tak berhenti memberikan kritikan pedas

5 Jenis Orang yang Kamu Butuhkan untuk Menjadi Orang Suksesdigiday.com

Menjadi orang yang sukses adalah impian setiap orang, termasuk kamu yang saat ini sedang berusaha melakukan yang terbaik. Tapi menjadi orang yang sukses tentu bukan perkara mudah. Bukan hanya melakukan usaha yang besar, tapi juga harus rela mendengarkan kritikan pedas yang diberikan orang lain. Tak hanya kasar, ada pula yang kadang membuat semangat dan nyalimu menciut.

Tapi dari mereka kamu akan melatih mental agar semakin tangguh. Sebab menjadi sukses bukan hanya dari kekuatan pikiran, tapi juga kekuatan mental. Dan salah satu yang akan melatih mentalmu agar semakin kuat adalah dengan menerima kritikan dan menyeleksinya mana yang harus kamu terima dan mana yang akan kamu buang. Memang sedikit menyakitkan, tapi tetap akan membuatmu menjadi manusia yang tangguh.

Baca Juga: Jangan Baper Dulu, Lakukan 5 Hal Ini Saat Pasangan Lebih Sukses Darimu

4. Mendukung & memujimu

5 Jenis Orang yang Kamu Butuhkan untuk Menjadi Orang Suksesunsplash.com/@rawpixel

Selain dikelilingi dengan orang yang mengkritikmu, kamu akan dikelilingi dengan mereka yang mendukung hingga memujimu. Sebab, bagaimanapun menjadi orang sukses kamu tak akan sampai hati jika terus menerus mendengar kritikan. Kamu akan membutuhkan semangat berupa dukungan dan pujian dari orang lain.

Dari mereka kamu akan belajar menghargai setiap kerja keras dari usaha yang kamu lakukan. Selain mereka yang membantumu ingat betapa besar usahamu, kamu harus mengingatnya sendiri. Sebab menghargai kerja keras bukan hanya diberikan oleh orang lain, tapi dari diri kita sendiri.

5. Mereka yang berbaik hati memaafkanmu

5 Jenis Orang yang Kamu Butuhkan untuk Menjadi Orang Suksesunsplash.com/@zvessels55

Yang terakhir adalah orang-orang yang memaafkanmu. Kamu adalah manusia biasa yang tak akan lepas dari masalah di hidupmu. Kamu pasti membuat salah kepada orang lain. Dan dari mereka juga kamu membutuhkan maaf untuk bisa menjalani kembali hidupmu.

Manusia bukan hanya harus memaafkan orang lain, tapi juga harus meminta dan mencari maaf dari orang lain. Dari mereka yang kita lukai hatinya, kita harus tahu bahwa suatu hari kitalah yang akan terluka sama seperti dia. Selain memberi maaf, tapi kita juga harus meminta maaf dari orang lain. Setiap keliru yang kamu buat dalam usahamu meraih sukses, dari mereka kamu belajar untuk tidak menjadi manusia yang sombong. 

Baca Juga: 5 Alasan Setiap Usaha Meraih Sukses Tak Perlu Diumbar, Buktikan Saja!

Nelsi Islamiyati Photo Verified Writer Nelsi Islamiyati

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya