Comscore Tracker

7 Kunci Agar Generasi Muda Tak Mudah Galau Hadapi Masa Depan

#PANJATPOIN saatnya mulai fokus

Masa depan memang tak bisa diprediksi akan seperti apa. Tidak bisa juga direka-reka harus bagaimana menghadapinya. Namun semua manusia harus siap menerima bahkan menghadapi masa depan bagaimanapun nantinya.

Beberapa orang dibekali oleh pengalaman dan ilmu yang cukup matang untuk menyambut masa depan. Mereka seolah tak ragu harus membuat rencana untuk melangkah satu demi satu ke arah yang lebih jauh. Seolah tak cukup hanya menuliskan mimpi dan tujuan hidup pada lembaran kertas yang ditempel di dinding tembok kamar. Mereka yang tahu harus kemana akan dengan sigap mencari bekal yang lebih banyak lagi untuk menatap masa depan.

Namun bagi sebagian manusia terlebih anak muda yang tak taruh harus apa, kemana dan bagaimana di masa depan. Bukan berarti mereka salah dan tak berguna. Keunikan dan keistimewaan mereka membuatnya harus berjuang lebih keras dari lainnya. Mereka pun bukan tak mau berusaha, hanya saja sering tak tahu harus menanggapi seperti apa. Kebimbangan dan kegalauan pun sering mereka rasakan.

Namun tak boleh sampai di sini. Sebab anak muda harus mulai mempersiapkan masa depannya dari sekarang. Sejak mereka membaca tulisan ini. Dengan cara yang tak sulit namun bisa dilakukan jika mau terus mencoba.

1. Mulailah dengan menetapkan tujuan hidup

7 Kunci Agar Generasi Muda Tak Mudah Galau Hadapi Masa Depandramabeans.com

Selagi kamu sekolah atau masih mengenyam pendidikan di bangku kuliah, jangan ragu untuk menetapkan bagaimana langkahmu setelah lulus. Apakah akan kembali melanjutkan pendidikan ataukah akan mulai menitih karir. Keduanya jelas tidak salah. Kamu berhak memilih dan menentukan akan kemana yang membawa hatimu senang melakukannya.

Mungkin saja jika saat ini apa yang kamu lakukan tidak terlepas dari banyaknya pengaruh dari orang lain. Untuk langkah kedepannya, pastikan kamu sudah punya tujuan. Sehingga kamu bisa mempertahankan apa yang kamu inginkan.

Tak perlu merasa terburu-buru menetapkan masa depan. Bahkan menuliskan goals atau mimpi besarmu tak akan membunuh waktu bersenang-senangmu. Justru inilah saat yang paling baik. Sebagai anak muda dengan energi yang masih luar biasa, kamu harus memanfaatkan untuk mulai menitih mimpimu.

2. Belajar untuk tidak banyak mengeluh saat gagal

7 Kunci Agar Generasi Muda Tak Mudah Galau Hadapi Masa Depankaedejun.com

Manusia mana yang tak ingin sukses dalam apapun yang ia kerjakan. Kamu pun begitu bukan? Ya, mencapai kata sukses tak akan lepas dari kegagalan. Kamu mungkin harus berkali-kali mengalaminya. Mencoba dan terus mencobanya. Lelah? Sudah pasti, bahkan kamu pun mungkin sudah merasa tak sanggup dan ingin menyerah di sini saja. Tapi jika kamu ingin sukses dengan apa yang telah kamu mimpikan, maka jangan jadikan menyerah sebagai pilihan.

Kamu tentu harus tahu bagaimana dirimu dan kapasitasmu dalam melakukan sesuatu. Ini akan membantumu mencari cara atau jalan lain yang tidak memaksa atau bahkan menyakiti dirimu sendiri. Gagal mendapat teman baik, gagal saat harus melalui ujian bahkan gagal saat harus memperjuangkan apa yang kamu impikan. Sudah pasti ini akan membuatmu menjadi manusia yang lebih kuat.

3. Tidak ragu mencoba hal baru meski sulit

7 Kunci Agar Generasi Muda Tak Mudah Galau Hadapi Masa Depandramabeans.com

Masa muda tentu masa dimana kamu ingin mencoba banyak hal sekalipun hal itu berbahaya untukmu bukan? Bahkan tidak jarang, dari yang awalnya pendiam bisa jadi anggota dari pecinta alam yang harus menyusuri gunung, bukit dan menyebrangi lautan untuk berpetualang. Sesungguhnya hal itu bisa menjadi modalmu untuk siap menghadapi masa depan. Tidak ada yang pernah tahu masa depanmu akan seperti apa. Apakah akan tetap melakukan hal yang sama, atau mulai melakukan hal baru yang tidak mudah?

Kamu juga harus menyiapkan diri untuk menerima tantangan itu. Bukan dari orang lain, tapi dari dirimu sendiri. Mencoba melakukan sesuatu di luar kebiasaanmu tak akan membuatmu rugi. Sekalipun gagal, kamu tak akan menyesal sudah melewatkannya. Sebab kamu sudah memiliki pengalaman dalam mencobanya.

4. Tidak egois hanya ingin dimengerti keadaan

7 Kunci Agar Generasi Muda Tak Mudah Galau Hadapi Masa Depandramabeans.com

Di masa depan, hidupmu tak akan mudah. Tak akan banyak orang yang selalu ada di sampingmu. Mereka tak akan selalu mengerti apa yang kamu butuhkan dan yang kamu mau. Bahkan bukan tidak mungkin akan muncul konflik baru dalam hidupmu. Di mana kalian akan saling mempertahankan keinginan dan memperjuangkan mimpi sampai lupa jika pernah saling mendukung dan menyemangati.

Belajarlah untuk mengerti keadaan. Terlebih mengerti dirimu sendiri lebih dulu. Saat kamu tahu apa yang kamu rasakan, apa yang kamu butuhkan dan apa yang ingin kamu dapatkan. Kamu akan dengan baik mengenal lingkungan dan juga orang-orang di dalamnya.

Mereka tak menyalahkanmu sebab kamu menuntut selalu dimengerti. Dari sinilah kamu harus memahami dirimu dengan baik, sehingga tak selalu menuntut orang lain berbuat baik padamu.

5. Mulailah beradaptasi dengan orang baru

7 Kunci Agar Generasi Muda Tak Mudah Galau Hadapi Masa DepanPexels/rawpixel

Sama halnya mengerti kondisi lingkungan sekitarmu, sekalipun ini sulit, cobalah untuk beradaptasi dengan orang baru. Di masa depan kamu tak hanya akan hidup sendiri. Kamu akan bertemu dengan teman baru, tetangga baru, keluarga baru bahkan pasanganmu pun akan menjadi orang baru yang masuk dalam hidupmu. Dengan apa yang mereka miliki, tentu akan sulit jika tak melatihnya sejak saat ini.

Tak harus selalu mengerti mereka, cukup kenali mereka secara umum lebih dulu. Waktu dan keadaan yang akan membawa kalian menjadi semakin dekat dan semakin mengenal. Sekalipun kamu adalah orang yang sangat pendiam, tertutup dan terbiasa sendiri. Cobalah untuk terbiasa bertatap muka dengan orang baru di luar sana. Tak ada yang pernah tahu, mereka bisa jadi sumber dari kebahagiaanmu selanjutnya.

6. Gunakan waktumu untuk membangun koneksi

7 Kunci Agar Generasi Muda Tak Mudah Galau Hadapi Masa DepanUnsplash/HelenaLopes

Inilah yang harusnya kamu persiapkan sejak dini. Memperbanyak dan memperluas koneksi pertemananmu. Tak hanya di dunia pendidikan atau pertemananmu, tapi jika kamu mulai berpikir untuk menjadi seorang pebisnis di masa depan, maka mengikuti berbagai kegiatan yang mempertemukanmu dengan banyak orang, menjadi kegiatan yang harus kamu lakukan. Kamu tidak boleh menutup diri dari orang-orang yang ingin berinteraksi denganmu.

Meski kamu pun bisa melakukan semuanya sendiri, tapi suatu saat kamu akan membutuhkan mereka. Cepat atau lambat mereka akan menjadi orang-orang yang sangat berpengaruh dalam hidupmu. Bahkan tak hanya teman yang baik, teman yang membuatmu sakit hati pun bisa menjadi sangat berguna untuk masa depanmu.

7. Jangan sombong, keberhasilanmu kini bukan penentu di masa depanmu

7 Kunci Agar Generasi Muda Tak Mudah Galau Hadapi Masa Depankholic.id

Satu lagi, jangan pernah sombong! Ya, keberhasilanmu saat ini bukanlah satu-satunya penentu bahagiamu di masa depan. Perjalananmu masih sangat panjang. Perjuanganmu masih harus terus berlanjut dan bahkan rintangan yang harus kamu hadapi tak akan berhenti begitu saja. Kesuksesanmu saat ini adalah modal untuk menjadi lebih kuat di masa depan. Bahkan kegagalanmu juga berhak diingat, sebab dari situlah kamu tahu salah dan benarmu dimana.

Gunakan masa mudamu dengan sebaik-baiknya. Tak mudah memang jalan yang harus kamu tempuh. Namun tak sulit jika kamu mau berusaha dan tak mudah menyerah. Kini tak perlu lagi kamu galau karena belum tahu akan kemana ke depannya.

Kamu hanya perlu mengenal dirimu lebih dulu. Kamu harus memahami apa yang kamu inginkan, dan apa yang kamu impikan. Dari situlah kamu akan dengan baik mempersiapkan cara untuk menggapainya.

Baca Juga: Awas, 5 Kebiasaan Ini Akan Menghambat Kesuksesanmu di Masa Depan

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You