Comscore Tracker

5 Keuntungan untuk Kamu yang Jarang Kepo Urusan Orang Lain

Ada yang jauh lebih penting: kehidupanmu sendiri

Manusia diciptakan dengan kondisi hidupnya masing-masing. Baik atau buruknya kita adalah hal yang harus kita selesaikan dengan diri kita terlebih dahulu. Begitu pun dengan kehidupan orang lain.

Ada bagian dalam hidupnya yang tidak seharusnya kita campuri bahkan ikut kita urusi. Mereka dengan segala permasalahan hidupnya hanya bisa kita ketahui jika memang ia memberikan kita izin.

Namun beberapa dari kita justru masih ingin atau selalu ingin tahu kepentingan hidup orang lain. Kepo atau sifat selalu ingin tahu kehidupan orang lain mungkin ada sisi baiknya. Tapi jika kita berlebihan pastinya akan memberikan kerugian.

Nah, berikut ini adalah keuntungan bagi kita yang jarang kepo urusan kehidupan orang lain.

1. Tak ada keinginan untuk bergosip

5 Keuntungan untuk Kamu yang Jarang Kepo Urusan Orang LainDramabeans.com

Saat kita ingin tahu urusan hidup orang lain, kita akan selalu ingin mencari informasi tentang mereka. Apa pun yang kita ketahui rasanya tidak memuaskan bagi diri kita. Akan selalu ada alasan agar kita mendapatkan informasi tersebut kemudian menyalurkannya kepada orang lain. Informasi tersebut tidak akan berhenti di kita, karena kita pun ingin menyampaikan kepada orang lain.

Salah satu keuntungan jika kita jarang kepo urusan orang lain adalah tidak ada keinginan untuk bergosip. Kita yang tak punya informasi apa pun, juga enggan menyampaikan informasi yang tidak benar.

Kita lebih memilih untuk diam saat kita tidak tahu informasi apa pun. Meski sering dibilang kurang update, namun kita jauh lebih tenang karena tidak mengumbar urusan orang lain.

2. Kamu bisa lebih fokus pada urusanmu sendiri

5 Keuntungan untuk Kamu yang Jarang Kepo Urusan Orang LainDramabeans.com

Saat kita selalu mencari informasi tentang kehidupan orang lain, banyak bagian dari hidup kita yang terlewatkan. Sebab yang kita pikirkan dan lakukan hanya untuk kehidupan orang lain. Sehingga urusan pribadi pun lebih mudah terabaikan dan bahkan tidak terurus lagi. Kita sibuk memikirkan orang lain, hingga kehidupan sendiri pun tidak lagi menjadi prioritas.

Namun berbeda jika memang kita tidak mau mengurusi kehidupan orang lain. Kita akan lebih fokus pada kehidupan pribadi. Jangankan memecahkan masalah yang ada. Kita pun bahkan punya banyak waktu untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik.

Sebab, kita akan fokus pada diri kita. Mengembangkan kelebihan, memperbaiki kesalahan dan kekurangan. Daripada sekadar mengurusi kehidupan orang lain.

Baca Juga: 5 Tipe Hubungan Interaksi yang Perlu Kamu Ketahui dengan Orang Lain

3. Berhenti membandingkan kehidupan pribadi dengannya

5 Keuntungan untuk Kamu yang Jarang Kepo Urusan Orang LainDramabeans.com

Kehidupan orang lain memang terlihat jauh lebih baik daripada kehidupan kita. Terlebih saat kita mencari tahu kehidupan mereka jauh lebih dalam daripada yang mereka tunjukkan di depan kita. Ada saja hal yang membuat kita iri bahkan cemburu atas kehidupan mereka. Kita akan merasa kurang atas kehidupan kita. Dan berusaha untuk selalu menjadi seperti orang lain.

Namun, jika kita berhenti mencari tahu kehidupan orang lain, maka berhenti pula rasa iri dan cemburu terhadap kehidupan mereka. Fokus kita adalah pada pada kehidupan kita sendiri. Bersyukur atas apa pun yang kita miliki dan merasa cukup meski orang lain jauh memiliki lebih dari kita. Tentu saja hati pun menjadi lebih tenang dan nyaman.

4. Selalu berpikiran positif

5 Keuntungan untuk Kamu yang Jarang Kepo Urusan Orang LainDramabeans.com

Mencari tahu tentang hal yang tidak harusnya kita tahu bisa menimbulkan banyak hal negatif. Saat kita tahu satu hal, kita akan menciptakan banyak pikiran darinya. Menduga, mengira sampai berpikiran negatif atas hal tersebut. Padahal belum tentu apa yang kita ketahui benar-benar hal buruk.

Bermodal kata "jangan-jangan", kita akan mencari tahu lebih jauh lagi tentang orang lain. Sehingga pikiran kita pun akan dipenuhi dengan pikiran negatif yang merugikan kita sendiri.

Berhenti kepo atas urusan orang lain, membantu kita untuk berpikiran positif. Kita akan berhenti curiga tentang apa pun dan siapa pun di sekitar kita. Memandang segala sesuatunya dari sisi positif. Dan berhenti menciptakan pikiran lain yang merugikan kita maupun orang lain.

5. Lebih menghormati kehidupan orang lain

5 Keuntungan untuk Kamu yang Jarang Kepo Urusan Orang LainDramabeans.com

Manusia diciptakan dengan berbagai urusan kehidupannya masing-masing. Meski ada yang terlihat di permukaan, bukan berarti kita berhak untuk mengetahuinya lebih dalam. Apalagi jika rasa kepo pun kita paksakan dan tanpa izin dari mereka. Sudah pasti kita menjadi tidak menghormati kehidupan mereka lagi.

Berhenti mencampuri urusan orang lain melatih kita menghargai dan menghormati kehidupan mereka. Sama seperti kita yang ingin dihargai setiap sisi kehidupan pribadinya. Kita pun akan memahami bagaimana perasaan mereka.

Tidak ingin mencari tahu lebih jauh saat mereka terlihat tidak nyaman atau tidak suka dengan cara kita. Hingga pada akhirnya kita benar-benar tidak lagi mencampuri urusan mereka, apa pun alasannya.

Baca Juga: 5 Tips Memperbaiki Hubungan Pertemanan Ketika Bertengkar

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You