Kuliah Mulai Libur, Lakukan 8 Hal Ini Agar Liburanmu Bermanfaat

Jangan sia-siakan liburanmu ya!

Ujian akhir semester sudah selesai, saatnya menyambut liburan. Rasanya pasti senang ya karena saat yang ditunggu-tunggu tiba juga. Apa yang ada di dalam kepala saat menyambut liburan? Bangun siang dan bersenang-senang? Tunggu dulu, baca beberapa hal ini agar liburanmu bisa bermanfaat, bukan terbuang begitu saja.

1. Cukupi kebutuhan istirahat, jangan begadang di awal masa liburan

Kuliah Mulai Libur, Lakukan 8 Hal Ini Agar Liburanmu BermanfaatUnsplash/Kinga Cichewicz

Awal masa liburan sebaiknya dimanfaatkan untuk beristirahat dahulu. Kamu pasti kurang tidur saat menghadapi ujian akhir semester. Apalagi kalau materi ujian sangat banyak. Bisa-bisa terpaksa begadang setiap hari tuh. Jadi, saat libur tiba lebih baik recharge energi dahulu dengan memenuhi kebutuhan istirahat.

2. Berlibur ke tempat baru, lebih baik lagi kalau bisa melihat pemandangan alam

Kuliah Mulai Libur, Lakukan 8 Hal Ini Agar Liburanmu BermanfaatUnsplash/Hakan Nural

Rutinatas memang bisa membuat jenuh. Tugas banyak, materi kuliah susah, aktivitas padat, pasti pusing ya rasanya. Mumpung lagi libur sebaiknya kunjungi tempat baru untuk menyegarkan pikiran. Biasanya menikmati pemandangan alam yang indah bisa lebih menyegarkan pikiran. Gak harus jauh, yang penting bisa membuat pikiran segar kembali.

3. Setidaknya luangkan satu hari untuk merapikan kamar

Kuliah Mulai Libur, Lakukan 8 Hal Ini Agar Liburanmu BermanfaatUnsplash/Volha Falexco

Ini bukan hanya untuk anak kos, tetapi yang tinggal di rumah sebaiknya juga melakukannya. Aktivitas harian yang sangat melelahkan sering kali membuat  kamu enggan membereskan kamar. Nah, saat libur kamu bisa melakukannya. Walaupun sekedar merapikan buku-buku yang gak dibaca lagi dan menyiapkan tempat untuk buku baru di semester berikutnya.

Baca Juga: Selalu sama Pacar? Ini 7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Traveling Sendirian 

4. Tingkatkan kualitas diri dengan mengikuti kursus

Kuliah Mulai Libur, Lakukan 8 Hal Ini Agar Liburanmu BermanfaatUnsplash/Marcos Luiz

Bisa kursus bahasa asing, komputer, public speaking, maupun hal lain yang sesuai dengan minat kamu. Ini dapat meningkatkan kemampuan di bidang tertentu sehingga kamu punya kelebihan dibandingkan teman-teman kampus. Selain itu, kamu juga tidak bosan dengan liburan yang panjang. Tentunya kursus bisa menambah teman juga kan.

5. Beranikan diri untuk magang di suatu perusahaan

Kuliah Mulai Libur, Lakukan 8 Hal Ini Agar Liburanmu BermanfaatUnsplash/rawpixel

Jangan enggan untuk mencari tempat magang. Walau hanya satu bulan pun, aktivitas ini bisa sangat bermanfaat. Untuk mempersiapkan diri agar saat lulus gak canggung dengan dunia kerja. Magang juga membuat kamu memiliki pengalaman yang belum tentu dimiliki oleh teman-teman. Labih bagus lagi bila kamu magang dengan baik kemudian perusahaan tertarik menjadikanmu pegawai saat sudah lulus kuliah.

6. Saatnya melakukan kegiatan sesuai hobi

Kuliah Mulai Libur, Lakukan 8 Hal Ini Agar Liburanmu BermanfaatUnsplash/ToT

Bila punya hobi membaca novel, tetapi setiap hari hanya bisa membaca buku materi perkuliahan saja pasti sangat suntuk. Nah, liburan itu saatnya melakukan hobi. Lakukan apa saja yang menjadi kegemaranmu. Entah itu membaca, melukis, memasak, ataupun kegiatan positif lainnya.

7. Berkumpul bersama keluarga juga penting

Kuliah Mulai Libur, Lakukan 8 Hal Ini Agar Liburanmu BermanfaatUnsplash/Mike Scheid

Karena terlalu sibuk, sering kali kamu tidak sempat untuk berkumpul bersama keluarga. Biasanya sudah terlalu lelah saat sampai di rumah. Apalagi yang kuliah di luar kota, bisa dipastikan kalau sehari-hari jauh dari keluarga. Saat liburan tiba, sebaiknya luangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Berlibur bersama keluarga ke tempat wisata memang asik, tetapi gak masalah kalau hanya bisa berkumpul dan berbincang di ruang keluarga, itu tetap menyenangkan. Mereka juga kangen loh.

8. Hangout dengan teman-teman pasti seru

Kuliah Mulai Libur, Lakukan 8 Hal Ini Agar Liburanmu BermanfaatUnsplash/Toa Heftiba

Hal ini juga penting. Kalau biasanya berkumpul bersama teman itu sambil mengerjakan tugas, kini saatnya berkumpul untuk sekedar ngobrol santai. Kangen juga kan sama teman-teman karena libur yang cukup lama. Namun, kamu bukan hanya bisa berkumpul dengan teman kuliah saja ya, perlu juga bertemu teman lama agar silaturahmi tetap terjaga.

Bosan juga kan kalau libur panjang hanya untuk bangun siang dan nonton tv setiap hari. Dengan melakukan beberapa hal tadi kamu bisa fresh lagi saat masuk kuliah. Manfaatkan liburan dengan baik, jangan sampai kamu menyesal karena liburan tiba-tiba akan berakhir dan gak ada hal menarik yang dilakukan. Selamat berlibur.

Baca Juga: 5 Travel Blogger Ini Akan Mengubah Cara Pandangmu Tentang Traveling

Ninda Ayu Hapsari Photo Community Writer Ninda Ayu Hapsari

Menulis & membaca itu selalu beriringan dan tak bisa terpisahkan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You