Comscore Tracker

6 Pola Pikir yang Harus Kamu Hindari Saat Memasuki 20 Tahun ke Atas

Yuk ubah pola pikir untuk hal-hal positif

Memasuki usia 20 tahun ke atas memang masa-masa menyulitkan. Kamu mungkin sudah dianggap mandiri dan bisa menyelesaikan pekerjaanmu sendiri oleh orang-orang di sekitarmu. Padahal, kamu semakin merasa kesulitan dalam mengambil keputusan. Pikiranmu juga semakin bercabang-cabang.

Tapi jangan terlalu khawatir, dengan mengubah enam pola pikir ini dapat menyelamatkan kamu saat sudah menginjak usia kepala dua. Apa saja yang harus kamu ubah?

1. Menunda sesuatu

6 Pola Pikir yang Harus Kamu Hindari Saat Memasuki 20 Tahun ke AtasPexels/Pixabay

"Kalau bisa nanti, kenapa harus sekarang?" Itu yang terbersit dalam benakmu setiap mau melakukan sesuatu kan? Ayo bangun! Dunia nggak akan menunggu kamu berleha-leha. Kamu nggak akan bisa survive kalau kamu terus menunda-nunda karena malas. Ayo, coba kita ubah kalimatnya jadi "Kalau bisa sekarang kenapa harus nanti?"

2. Semua akan baik-baik saja

6 Pola Pikir yang Harus Kamu Hindari Saat Memasuki 20 Tahun ke Ataspexels/Ba Tik

Nggak akan ada yang baik-baik aja ketika umurmu mulai menginjak 20 tahun. Kamu harus sadar bahwa nggak semua hal berjalan sesuai rencana. Bukan lagi waktunya untuk membiarkan masalah mengalir begitu aja sambil berharap waktu dapat menyelesaikan. Jika kamu mendapat masalah, hadapi dan cari solusinya.

3. Kamu masih sepenuhnya tanggung jawab orang tua

6 Pola Pikir yang Harus Kamu Hindari Saat Memasuki 20 Tahun ke AtasPexels/Noelle Otto

Come on, dude, di usia kepala dua ini kamu harus mulai memikirkan bagaimana cara bertahan hidup tanpa campur tangan orang tua. Buat mindset bahwa kebutuhan hidupmu sekarang adalah tanggung jawab kamu sendiri. Maka kamu dapat menyelamatkan dirimu sendiri di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Kekeliruan Mengelola Pola Pikir Ini Bikin Kamu Selalu Takut Gagal

4. Orang tua kamu masih sehat dan baik-baik saja

6 Pola Pikir yang Harus Kamu Hindari Saat Memasuki 20 Tahun ke AtasPexels/Tristan Le

Guys, bisa jadi orang tuamu punya hutang tapi nggak pernah menceritakannya ke kamu. Kita nggak tahu seberapa banyak beban yang mereka tanggung. Usia orang tuamu semakin bertambah. Hargai mereka. Kamu harus mulai bertindak untuk meminimalisir beban orang tua.

5. Kamu masih sehat dan bugar 

6 Pola Pikir yang Harus Kamu Hindari Saat Memasuki 20 Tahun ke AtasPexels/kat wilcox

Jika kamu bukan tipikal yang begitu peduli akan kesehatan, kamu harus mulai memperhatikannya dari sekarang. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan. Atur jadwal tidurmu. Kamu nggak sebugar saat kamu masih sekolah. Kalau kamu masih cuek dan nggak mau mengatur pola hidupmu, bisa berdampak buruk loh pada tubuhmu di kemudian hari.

6. Keluarga dan teman-temanmu selalu ada untuk kamu

6 Pola Pikir yang Harus Kamu Hindari Saat Memasuki 20 Tahun ke Ataspexels/Erik Mclean

Kamu perlu merenunginya lagi. Semakin bertambah dewasa, semakin kamu dihadapkan dengan beragam masalah. Sama halnya dengan keluarga atau teman-temanmu. Hindari bergantung dengan orang lain. Coba lakukan sebisanya sendiri, itu akan semakin memperkokoh pribadimu sering berjalannya waktu.

 

 

Nah, itu dia 6 pola pikir yang harus kamu hindari saat memasuki umur 20 tahun. Kira-kira poin yang mana yang masih melekat banget sama kamu? Coba pelan-pelan diubah ya!

Baca Juga: 7 Sebab Usia 19 Tahun Adalah Usia Paling Berat Dalam Hidup

Nindy Debbytha Adystifanny Photo Writer Nindy Debbytha Adystifanny

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya