Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Toxic Mindset, supaya Harimu Lebih Positif!

Cobalah untuk bersihkan pikiranmu!

Banyak orang yang terjebak dalam toxic mindset atau pemikiran buruk. Orang-orang dengan toxic mindset biasanya selalu berpikiran buruk tentang dirinya sendiri. Hal itu menyebabkan orang tersebut sulit untuk tumbuh dan berkembang.

Oleh sebab itu, toxic mindset harus segera dihilangkan. Jangan sampai kamu terlanjur terjebak dalam toxic mindset. Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi dan menghilangkan toxic mindset.

1. Jangan selalu berpikir 'hitam' dan 'putih'

5 Cara Mengatasi Toxic Mindset, supaya Harimu Lebih Positif!Ilustrasi orang yang sedang berpikir (pexels.com/Nathan Cowley)

Perlu dipahami, hidup gak selalu tentang 'hitam' dan 'putih.' Terkadang, kita semua berada di area yang abu-abu. Pemikiran hitam dan putih ini biasanya membuat kamu hanya berkutat dalam kata 'selalu' dan 'gak pernah.'

"Hati-hati dengan pikiran yang mengandung kata 'selalu' atau 'gak pernah.' Mereka biasanya terdistorsi dan gak memberi kamu pandangan akurat tentang apa yang terjadi dalam hidupmu," tutur Sarah Elizabeth Richards, seorang science journalist, dilansir Bustle.

Contoh pemikiran dengan kata 'selalu' dan 'gak pernah' yang paling umum adalah, 'Saya gak akan pernah berhasil' atau 'Saya selalu gagal dalam mencapai cita-cita.' Pemikiran tersebut akan membuat kamu merasa rendah diri.

Sebaiknya, cobalah ganti 'selalu' dan 'gak pernah' dengan kata yang lebih positif. Misalnya dengan mengatakan, 'Saya belum berhasil untuk hari ini.' Maka, kamu akan menanamkan pemikirkan bahwa masih ada kesempatan untuk berhasil di masa depan.

2. Milikilah self-compassion dalam diri

5 Cara Mengatasi Toxic Mindset, supaya Harimu Lebih Positif!Ilustrasi self-love (pexels.com/Tranmautritam)

Setiap orang sebaiknya memiliki self-compassion yang ditanamkan dalam dirinya masing-masing. Self-compassion adalah rasa belas kasih terhadap diri sendiri. Toxic mindset biasanya datang karena kamu masih jahat kepada diri sendiri.

Toxic mindset mendorongmu untuk menyalahkan diri dan menganggap diri sendiri adalah yang paling buruk. Menerapkan self-compassion menjadi salah satu cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut.

Melansir The Kulka Group, Kerrian Fournier, seorang expert coach untuk human capital, menyebutkan bahwa self-compassion akan membantu kamu belajar dari kesalahan dan menjadikan dirimu lebih siap menghadapi masa depan. Oleh sebab itu, cobalah tumbuhkan self-compassion dalam diri agar mampu mengatasi toxic mindset.

3. Melatih rasa syukur

5 Cara Mengatasi Toxic Mindset, supaya Harimu Lebih Positif!Ilustrasi orang yang sedang bersyukur (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Menanamkan rasa syukur berfungsi untuk meminimalisir toxic mindset. Otak manusia terkadang dirancang untuk hal-hal negatif. Namun, rasa syukur bisa membantu manusia untuk melihat hal-hal menjadi lebih lebih baik.

"Rasa syukur bisa menjadi cara sederhana untuk mengatur ulang otakmu. Caranya adalah dengan memikirkan tiga hal positif setiap malam sebelum tidur," saran Eileen Laird, seorang penulis buku best-seller Healing Mindset, dilansir Mind Body Green.

Dengan berusaha memikirkan hal-hal atau peristiwa positif setiap harinya, maka secara gak langsung kamu sedang melatih rasa syukur dalam diri. Eileen Laird menambahkan, rasa syukur pun mampu membantu menenangkan sistem saraf dan menyembuhkan diri dari rasa sakit.

Baca Juga: 5 Perbedaan Growth Mindset dan Fixed Mindset, Kamu yang Mana?

4. Pastikan kamu hidup di masa sekarang

5 Cara Mengatasi Toxic Mindset, supaya Harimu Lebih Positif!Ilustrasi orang yang sedang menikmati hidup (pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi)

Mayoritas orang dengan toxic mindset biasanya disebabkan trauma di masa lalu atau terlalu mengkhawatirkan masa depan. Oleh sebab itu, pastikan kamu benar-benar hidup di masa sekarang atau saat ini.

Melansir Bustle, Carolyn Steber, seorang wellness writer, menyebutkan bahwa masa lalu gak bisa dihidupkan kembali dan masa depan gak akan datang saat ini. Satu-satunya yang nyata dan harus dipikirkan adalah masa sekarang.

Daripada fokus terhadap masa yang gak pasti, lebih baik hadapi dan jalani masa sekarang. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus untuk menjalankan kehidupan sekarang. Selain itu, kamu juga akan mulai meminimalisir toxic mindset yang disebabkan masa lalu atau kekhawatiran di masa depan.

5. Membuat jurnal harian

5 Cara Mengatasi Toxic Mindset, supaya Harimu Lebih Positif!Ilustrasi sedang menulis jurnal (pexels.com/cottonbro)

Cara efektif untuk mengatasi toxic mindset adalah dengan membuat jurnal harian. Daripada hanya dipikirkan, cobalah untuk menuliskan pemikiran negatif yang kerap hadir dalam kepalamu. 

Kerrian Fournier menyebutkan, menulis jurnal akan membuat kamu lebih mampu memproses emosi. Hal tersebut pada akhirnya membantu kamu untuk mengontrol emosi dan pikiran negatif yang datang dalam diri sendiri.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi toxic mindset. Tetaplah bersyukur dan tanamkan hal-hal positif dalam pikiranmu. Semoga cara di atas dapat membantumu, ya!

Baca Juga: [QUIZ] Fixed Mindset dan Growth Mindset, Mana Tipe Kamu?

Nisa Meisa Zarawaki Photo Verified Writer Nisa Meisa Zarawaki

Lulus di jurusan sastra, tapi cita-citanya jadi anime

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya