Comscore Tracker

6 Tips Nanda Arsyinta Bangkit dari Keterpurukan Akibat Bullying

Semua orang berhak bahagia

Siapa, sih yang tidak mengenal Beauty Vlogger Nanda Arsyinta? Sosoknya yang masih muda, ayu, berbakat, pintar, dan tentunya baik hati banyak dikagumi oleh orang terlebih para penggemarnya.

Melihatnya yang sekarang, baik lewat akun instagram maupun YouTube miliknya, semua orang setuju jika hidupnya selalu sempurna dan penuh dengan kebahagiaan. Nyatanya Kak Nanda pernah menjadi korban perundungan atau bullying saat SMA, lho!

Lalu, seperti apa sih, tips bangkit ala Beauty Vlogger Nanda Arsyinta bangkit dari keterpurukan akibat perundungan?

1. Selalu sabar dalam menghadapi perkataan jelek atau cemoohan

6 Tips Nanda Arsyinta Bangkit dari Keterpurukan Akibat Bullyinginstagram.com/nandaarsyint

Siapa sih yang mau di-bully? Semua orang pasti akan mengatakan tidak. Begitu pun dengan Kak Nanda. Padahal ia tidak berbuat sesuatu atau alasan kuat yang membuatnya harus kena perundungan.

Kita tidak pernah tahu, orang-orang di sekitar kita seperti apa. Bahkan mereka akan dengan mudahnya menghujat sesuatu yang tidak benar-benar terjadi. Bagi Nanda Arsyinta, sabar adalah kunci untuk menghadapinya. Toh, dunia pun dapat berputar.

2. Berusaha untuk tetap kuat dan tersenyum

6 Tips Nanda Arsyinta Bangkit dari Keterpurukan Akibat Bullyinginstagram.com/nandaarsyint

Ketika orang menghujatmu, mencemoohmu, bahkan merundungmu tanpa alasan pasti dan jelas. Justru mereka sedang menyakiti dirinya sendiri ho, bukan kamu. Untuk itu kamu harusnya menunjukkan diri bahwa kamu kuat, dan selalu tersenyum. Enggak perlu, deh, mengumbar kesedihan dan kegalauanmu.

Karena salah satu tujuan mereka melakukan perundungan adalah ingin kamu menjadi marah, menangis, sedih, kesal, bahkan terpuruk. Daripada memikirkan kata-kata mereka, lebih baik kamu belajar berbenah diri menjadi lebih baik lagi.

Ingat lho, orang yang peduli dan mengikutimu, kadang adalah orang yang hanya "ingin tahu" bahkan malah musuh dalam selimutmu sendiri.

Baca Juga: 5 Film Indonesia Tentang Bullying yang Mengajarkan Kita Banyak Hal

3. Menjadikan diri pribadi yang lebih pandai bersyukur

6 Tips Nanda Arsyinta Bangkit dari Keterpurukan Akibat Bullyinginstgaram.com/nandaarsyint

Dengan adanya hal seperti perundungan, justru harus membuat dirimu lebih banyak belajar bersyukur. Karenanya, kamu akan tahu betapa kejamnya dunia yang sedang kamu tapaki, bahkan banyak "manusia palsu" yang menjadi teman di kala senang saja.

Banyak-banyaklah bersyukur, karena kamu tidak menjadi seperti mereka yang melakukan perundungan. Toh, kamu tidak akan pernah bahagia dengan cara menjatuhkan orang lain, benar? Sehingga lewat perundungan yang dialami, kamu akan mengerti arti hidup yang diberikan-Nya.

4. Buktikan diri bahwa kamu tidak seperti yang orang lain katakan

6 Tips Nanda Arsyinta Bangkit dari Keterpurukan Akibat Bullyinginstgaram.com/nandaarsyint

Bagi korban perundungan pasti, deh, mengalami yang namanya hujatan pedas dari para mulut pelaku. Bahkan terkadang, omongan tidak baik itu ditambahkan dengan "bumbu" lain yang tak terkira banyaknya. Dan rata-ratanya, pasti negatif.

Untuk mematahkan omongan tersebut, bukan dengan meladeni dan membalas balik omongan mereka yang merundungmu. Percuma saja. Tapi tamparlah mereka dengan kesuksesan dan keberhasilanmu. Buktikan bahwa kamu tidak seperti apa yang mereka katakan dahulu.

5. Berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan tidak pendendam

6 Tips Nanda Arsyinta Bangkit dari Keterpurukan Akibat Bullyinginstagram.com/nandaarsyint

Dengan adanya cemoohan terlebih yang tidak benar tentangmu, jangan jadikan hal tersebut menjadi pengahalang bersinarnya masa depanmu kelak. Maka dari itu, belajarlah dari hal tersebut. Bukan untuk melakukan perundungan yang sama.

Tapi, belajar untuk tidak menyakiti orang lain dengan cara yang sama bahkan lebih. Bahkan yang harus dilakukan terhadap mereka adalah, walaupun berat tetapi tetap harus mengikhlaskan, memaafkan, dan mendoakan mereka yang pernah merundungmu.

Tidak ada manfaat dalam perilaku pendendam.

6. Selalu sebarkan hal positif, walaupun orang di sekitarmu menebarkan hal negatif

6 Tips Nanda Arsyinta Bangkit dari Keterpurukan Akibat Bullyinginstagram.com/nandaarsyint

Salah satu kunci dalam menjaga keharmonisan negeri khususnya sekitarmu, selalu sebarkanlah hal positif. Jauhkan hal-hal berbau negatif dari pikiranmu. Karena akan mengurangi bahkan menghancurkan fungsi otak.

Karena hal negatif dapat menghancurkan segalanya yang sudah kamu miliki. Hal negatif lah yang merebut kebahagiaan. Kamu enggak akan tahu seberapa sakit hati orang yang kamu cemooh. Karena setiap orang memiliki kadar rasa sakit hati yang berbeda.

Itulah enam tips ampuh ala Beauty Vlogger Nanda Arsyinta yang bangkit dari keterpurukan akibat mengalami perundungan di sekolah dulu. Gimana, nih, sangat bisa diterapkan, kan?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Korban Bullying Memilih Diam Dibanding Menyuarakannya

Aqeera Danish Photo Verified Writer Aqeera Danish

EDITH

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya