Comscore Tracker

6 Hal Berarti yang Bisa Kamu Lakukan Saat Kesendirianmu Terasa Monoton

Hidup terlalu indah untuk tenggelam dalam perasaan monoton

Ada saatnya kamu memang perlu menyendiri. Tapi sebagai manusia sosial, kamu juga perlu keluar untuk berinteraksi supaya hidupmu gak monoton.

Terlalu lama hidup sendiri dalam arti hanya mementingkan diri alias individualis bisa bikin hidup kamu gak sehat. Pada akhirnya, kamu bakal merasakan kejenuhan dan rasa sepi.

Jangan salah, para ahli kesehatan bahkan menyebut kesepian sebagai penyebab tinggi kematian yang sejajar dengan penyakit jantung dan kanker.

Buat kamu yang ingin mengusir rasa monoton dalam kesendirian, beberapa hal berikut sangat layak kamu coba.

1. Bergabung dalam komunitas relawan

6 Hal Berarti yang Bisa Kamu Lakukan Saat Kesendirianmu Terasa Monotoninstagram.com/maudyayunda

Kesendirian yang identik dengan rasa sepi dapat dilawan lewat komunitas yang bisa membuatmu bertemu banyak orang. Kegiatan menjadi relawan adalah pilihan tepat untuk membantumu keluar dari isolasi sosial. 

Hasil penelitian yang dipublikasikan Journal of Gerontology: Social Sciences mengungkapkan bahwa menjadi relawan setidaknya 2 jam dalam seminggu bisa membantumu terbebas dari perasaan sepi yang monoton. 

2. Mencatat hal-hal yang bisa kamu syukuri setiap hari

6 Hal Berarti yang Bisa Kamu Lakukan Saat Kesendirianmu Terasa Monotonunsplash.com/Ben White

Mempraktikkan rasa bersyukur bisa bantu kamu melawan rasa bosan, sepi, atau monoton. Kamu bisa memulainya dengan membuat jurnal yang berisi catatan tentang hal-hal apa saja yang bisa kamu syukuri setiap harinya. Hal-hal sederhana semacam mendapat pujian di kantor, jalanan lancar tanpa macet, atau sekedar dapat kiriman kue sudah bisa bikin kamu lebih bersyukur.

3. Mengasah kemampuan dalam seni

6 Hal Berarti yang Bisa Kamu Lakukan Saat Kesendirianmu Terasa Monotoninstagram.com/michelleziu

Selain hal-hal kemanusiaan, mendalami seni adalah salah satu cara meredakan rasa kesendirianmu yang monoton. Kamu bisa mempelajari seni grafis, membaca buku bagus lalu coba menulis, atau menenggelamkan diri dalam alat musik. Seni gak hanya sebagai distraksi, tapi sesuatu yang bisa menyembuhkan diri.

Dari minat seni yang sama, kamu juga bisa bertemu banyak orang dan berbagi pengalaman serta apresiasi dengan mereka. Jadikan dirimu ahli dalam bidang seni tertentu. Dengan begitu jati dirimu akan tumbuh lebih baik dan hidupmu jauh dari kata monoton dan sendirian.

Baca Juga: Bikin Rugi Sendiri, Ini 5 Fase Hate Stalking yang Perlu Kamu Ketahui!

4. Memelihara hewan yang paling kamu suka

6 Hal Berarti yang Bisa Kamu Lakukan Saat Kesendirianmu Terasa Monotonunsplash.com/ Nine Köpfer

Memelihara hewan bisa membantu kamu menghidupkan rasa bahagia secara emosional, termasuk menghilangkan rasa sepi yang monoton. Seorang ahli menjelaskan kalau hubungan kamu dengan hewan peliharaan bisa melepas hormon oksitosin sebagai hasil dari keterikatan yang terbangun.

5. Kalau biasanya cuma mengaji di rumah, coba deh ikut acara rutin keagamaan

6 Hal Berarti yang Bisa Kamu Lakukan Saat Kesendirianmu Terasa Monotoninstagram.com/hanan_attaki

Daripada sering bosan karena waktu luang dalam kesendirian, lebih baik coba deh kamu datang ke acara rutin keagamaan seperti pengajian di masjid-masjid. Mungkin awalnya kamu bakal canggung, tapi percaya deh, gak ada pengusir rasa monoton terbaik selain mendekatkan diri pada Tuhan.

Kamu gak cuma dapat ilmu dan bimbingan penentram hati, tapi juga dapat teman baru yang sama-sama punya misi untuk memperbaiki diri. Buatlah komitmen untuk bisa terus konsisten mengikuti pengajian. Dengan membangun kebiasaan positif satu ini, kamu pasti bisa keluar dari perasaan sepi dan monoton.

6. Beralih dari komunikasi bentuk chatting

6 Hal Berarti yang Bisa Kamu Lakukan Saat Kesendirianmu Terasa Monotonunsplash.com/rawpixel

Madeline William, Psy.D, seorang psikolog dari Adler School of Professional Psychology mengatakan bahwa komunikasi tidak langsung akan berakhir dengan rasa sepi, sebab metode itu menghilangkan kedekatan hubungan dengan orang lain. Nah, boleh jadi rasa kesendirian yang monoton itu datang karena selama ini kamu hanya mengandalkan chatting untuk berinteraksi dengan teman.

Cara kamu berkomunikasi memang sangat berpengaruh pada hubunganmu dengan sesama. Kurangilah komunikasi lewat teks. Kalau kamu memang gak bisa bertatap muka langsung, minimal cobalah untuk menelepon. Gak usah takut kamu bakal mengganggu waktu orang lain. Coba saja dulu. Hubungan langsung memberimu dampak keakraban yang jauh berbeda. Kamu gak akan lagi merasa sendirian.

Memang, terkadang kesendirian bisa terasa 'membunuh'. Jika hal tersebut kamu rasakan, kamu bisa melakukan serangkaian hal di atas.

 

Baca Juga: 9 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sendirian Minimal Sekali Seumur Hidup

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You