Comscore Tracker

5 Sikap Sok Pintar yang Justru Bikin Kamu Berhenti Berkembang

#IDNTimesLife So, never ending learning!

Selama kamu masih diberi usia untuk bernapas, sebenarnya selama itulah waktumu untuk banyak belajar dari kehidupan. Detik ketika kamu merasa sudah cukup dengan ilmu atau pengalaman, maka detik itulah kamu kehilangan kesempatan untuk lebih berkembang.

Mungkin nilai kuliah atau skill yang kamu kuasai di bidang tertentu memang mengagumkan, dan gak ada salahnya mengakui kehebatanmu. Tapi kamu keliru kalau kelebihan itu menjadikan sikapmu seperti dalam poin-poin berikut.

1. Punya mindset kalau kamu lebih baik dari siapa pun

5 Sikap Sok Pintar yang Justru Bikin Kamu Berhenti Berkembangpexels.com/Zen Chung

Merasa paling tahu dan paling benar, justru bisa bikin kamu berhenti belajar. Kamu mungkin unggul dalam bidang tertentu dan merasa gak perlu menimba apa-apa dari orang lain.

Padahal setiap orang punya pengalaman berbeda yang mungkin mengajarkan nilai-nilai lain yang belum kamu tahu. Selalu menjadi "gelas kosong" saat mendapat ilmu dari orang lain, memberimu kesempatan mengembangkan diri seluas-luasnya.

2. Merasa sudah berpengalaman dan cukup dengan ilmu yang kamu punya

5 Sikap Sok Pintar yang Justru Bikin Kamu Berhenti Berkembangpexels.com/cottonbro

Meski kamu sudah merasa matang dalam keilmuan yang kamu geluti, berhenti belajar adalah pilihan keliru. Apalagi sekarang kamu hidup di era teknologi yang terus berkembang.

Kalau kamu gak upgrade skill yang baru, ilmu kamu bakal mentok dan gak bisa dikembangkan dengan maksimal. Inovasi dan ide baru hanya bisa lahir dari orang yang mau terus belajar.

3. Merasa mampu mencari tahu sendiri tanpa perlu seorang guru

5 Sikap Sok Pintar yang Justru Bikin Kamu Berhenti Berkembangpexels.com/Keira Burton

Belajar mandiri secara otodidak memang bukan cara yang salah. Tapi untuk menjadi expert atau seorang ahli, peran guru yang sudah terjun langsung dalam keilmuan itu sangat diperlukan.

Boleh jadi kamu salah memahami teori tertentu, dan gurulah yang berperan meluruskan persepsimu. Dari mulai wirausaha sampai ilmu agama, memiliki mentor atau coach sendiri bisa lebih mengarahkanmu untuk menyempurnakan usaha dalam menguasai bidang tertentu.

Baca Juga: Banyak Omong tapi Kosong, 10 Gelagat Ini Bukti Orang Hanya Sok Pintar

4. Menilai cara berpikir orang lain gak akan sebaik kamu

5 Sikap Sok Pintar yang Justru Bikin Kamu Berhenti Berkembangpexels.com/ICSA

Kamu mungkin selalu mendapat nilai tertinggi dikelas, bahkan jadi siswa lulusan terbaik. Oke, kamu memang hebat dan pantas mengakuinya. Tapi menilai orang lain gak punya pengetahuan seluas kamu dan gak bisa berpikir sebaik kamu, itulah yang keliru. Padahal kamu perlu sikap open minded untuk selalu bertumbuh.

5. Menganggap belajar pada yang lebih junior atau newbie cuma buang waktu

5 Sikap Sok Pintar yang Justru Bikin Kamu Berhenti Berkembangpexels.com/Kampus Production

Kamu mungkin memang lebih unggul dari mereka yang masih muda. Tapi ingat, kamu pun dulu pernah ada di posisi mereka. Jangan dulu berpikir kamu cuma buang waktu mendengarkan ilmu dari junior. Bahkan dari kesalahan mereka saat menjadi narasumber misalnya, kamu bisa belajar untuk tidak membuat kesalahan yang sama. Selalu ada yang bisa dipetik bahkan dari seorang newbie sekalipun. 

Poin-poin di atas gak bermaksud bikin kamu harus mengecilkan diri. Kalau kamu memang pinter dan selalu jadi yang terbaik, biarkan orang lain yang mengakui itu. Tetaplah jadi dirimu yang selalu terbuka dan rendah hati pada strata apa pun, tanpa memandang kapasitas keilmuannya. Sebab sebuah ilmu bisa datang dari siapa saja.

Baca Juga: 5 Cara agar Kamu Tidak Dinilai sebagai Orang Sok Pintar, Gak Baik!

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

IG 👉 nita.nurfitria

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya