Comscore Tracker

5 Kegiatan Bermanfaat untuk Temani Kamu Skripsian, Cobain Sekarang!

Bikin skripsian lancar dan soft skill meningkat

Terkadang mengerjakan skripsi bisa bikin kamu merasa jenuh, lho. Pasalnya hanya kegiatan itu-itu saja yang harus kamu lakukan. Apalagi pengerjaan skripsi bisa lama banget menyelesaikannya. Bisa-bisa kamu sama sekali tidak dapat mengembangkan kemampuanmu yang lain, kan.

Nah, maka dari itu kamu juga butuh melakukan kegiatan lain, nih. Namun jangan lupa pilih kegiatan yang positif dan bermanfaat buat kamu, ya. Salah satunya kelima kegiatan berikut ini, nih. Yuk, simak sampai tuntas. Let's check it out!

1. Mengikuti seminar online atau offline

5 Kegiatan Bermanfaat untuk Temani Kamu Skripsian, Cobain Sekarang!ilustrasi mengikuti e-learning (pexels.com/Wes Hicks)

Salah satu kegiatan yang tidak boleh kamu lewatkan adalah mengikuti seminar. Baik seminar yang dilakukan secara online maupun offline. Apalagi semenjak kegiatan perkuliahan dilakukan secara online, membuat banyak seminar diselenggarkan secara daring bahkan juga gratis, lho.

Saat mengerjakan skripsi inilah biasanya kamu punya banyak waktu luang bukan? Nah, manfaatkan untuk mengikuti kegiatan ini, ya. Kamu bisa mengatur kapan waktu mengerjakan skripsi dan kapan juga bisa mengikuti seminar.

Selain kamu bisa menambah pengetahuan, relasi kamu juga akan semakin bertambah, lho. Khususnya ketika kamu mengikuti seminar di luar kampus atau mungkin di luar negeri yang dilakukan secara online.

2. Exercise atau olahraga rutin saat jenuh mengerjakan skripsi

5 Kegiatan Bermanfaat untuk Temani Kamu Skripsian, Cobain Sekarang!ilustrasi sedang olahraga (pexels.com/Pragyan Bezbaruah)

Mengerjakan skripsi biasanya sangat minim akan aktivitas fisik. Alhasil tubuh kamu bisa merasa pegal, bahkan menyebabkan kamu semakin malas mengerjakannya.

Maka dari itu kamu butuh kegiatan bermanfaat yang satu ini, nih. Yap, olahraga secara rutin. Kamu bisa menjadwalkan untuk dilakukan setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu. 

Bukan hanya fisik yang kuat, namun mood kamu juga akan semakin baik. Alhasil mengerjakan skripsi akan semakin lancar, lho. Cobain deh!

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Mengatasi Prokrastinasi ketika Skripsian, Stop Menunda!

3. Mengikuti pelatihan singkat atau short course

5 Kegiatan Bermanfaat untuk Temani Kamu Skripsian, Cobain Sekarang!ilustrasi presentasi (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Bukan hanya seminar yang bisa kamu ikuti nih, beberapa pelatihan dengan waktu yang pendek juga bisa kamu ikuti, lho. Berbagai macam pelatihan online ataupun offline juga sering diadakan, kok. 

Banyak manfaat yang bisa didapatkan juga dari pelatihan ini. Salah satunya soft skill meningkat dan kemampun baru juga bisa kamu embat. Nah, keduanya akan sangat bermanfaat ketika kamu melamar pekerjaan, nih. Khususnya jika disediakan sertifikat dalam pelatihan yang kamu ikuti tersebut. Mantap banget, kan?

4. Mengikuti kegiatan volunteer yang kamu sukai

5 Kegiatan Bermanfaat untuk Temani Kamu Skripsian, Cobain Sekarang!ilustrasi volunteer (pexels.com/RODNAE Production)

Melakukan kegiatan sukarela atau volunteer yang bermanfaat juga merupakan alternatif kegiatan yang bisa kamu lakukan, nih. Selain kamu memberi manfaat kepada orang lain, kamu juga dapat banyak manfaat dari kegiatan ini, lho.

Salah satunya awarness atau kepedulian terhadap suatu hal akan semakin meningkat. Selain itu, kamu juga bisa mencantumkan beberapa kegiatan volunteer yang penting dalam curiculum vitae (CV). Alhasil, CV kamu akan semakin menarik dan bikin recruter semakin tertarik. Skripsi selesai, pekerjaan pun bisa didapat dengan mudah. 

5. Menulis di suatu platform atau di blog pribadimu

5 Kegiatan Bermanfaat untuk Temani Kamu Skripsian, Cobain Sekarang!ilustrasi mengetik (pexels.com/sora-shimazaki)

Meluangkan waktu untuk menulis selain skripsi juga penuh manfaat, lho. Salah satunya menulis artikel di blog pribadi atau di sebuah platform. Kamu bisa menulis hal apa saja yang kamu sukai dan memiliki nilai positif untuk orang lain.

Selain kamu menebar manfaat dari tulisanmu, kamu juga bisa memperoleh manfaat juga seperti dapat cuan, lho. Beberapa platform ada yang memberikan reward dari tulisan yang berhasil terbit, nih. Asyik banget, kan? 

Mengerjakan skripsi memang penuh kesuliatan dan waktu yang tidak singkat. Namun dengan waktu tersebut, kamu bisa memanfaatkannya dengan melakukan kegiatan lain. Seperti kelima kegiatan di atas yang bikin kemampuanmu semakin meningkat dan tidak mengganggu proses pengerjaan skripsimu. Selamat mencoba para pejuang skripsi!

Baca Juga: 5 Hal yang Gak Perlu Ditakutkan Mahasiswa Saat Skripsian

Norman Wijaya Photo Verified Writer Norman Wijaya

Semakin kreatif dan informatif! @norman_wijaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya