Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dilakukan agar Pohon Cepat Berbuah

Jika bisa dipercepat, kenapa harus menunggu lebih lama?

Siapa sih yang tidak mau memetik buah dari pohon yang kamu tanam? Selain kamu bisa memetik buahnya, kamu juga bisa menikmatinya bersama sanak keluarga atau teman, lho. Manisnya buah akan terasa lebih nikmat jika diiringi ngobrol santai bersama teman ataupun keluarga.  

Namun, kegiatan memanen buah yang sangat menyenangkan dan healing ini, kadang terkendala karena kita harus menunggu terlalu lama sampai pohon berbuah. Eits, tapi kamu tidak usah khawatir. Mulai sekarang kamu bisa mempercepat pohon kamu agar berbuah dengan cara yang cukup simpel, kok. Lakukan kelima hal ini, ya!

1. Kamu bisa mulai memangkas ranting atau dahan yang tidak produktif dan berpenyakit

5 Hal yang Harus Dilakukan agar Pohon Cepat Berbuahilustrasi pemangkas dahan dan ranting pohon (pexels.com/Anna Shvets)

Pemangkasan adalah salah satu kunci agar pohon cepat berbuah, lho. Kamu bisa coba memangkas dahan ataupun ranting yang terlihat sakit, seperti layu, terlihat banyak hama, atau ada gejala aneh yang tidak pernah kamu tahu sebelumnya. Selain itu, pemangkasan juga dapat dilakukan pada dahan atau ranting yang kamu anggap tidak produktif, artinya tidak bisa menghasilkan buah dan malah menghambat pertumbuhan dan perkembangan pohonmu.

Oh ya, jika pohon kamu terlihat terlalu rimbun kamu bisa juga melakukan pemangkasan, meskipun ranting atau dahan tersebut merupakan bagian produktif. Setelah kamu pangkas, pohon kamu akan lebih ramping, optimal dalam pertumbuhan dan perkembangan serta siap untuk berbunga dan berbuah.

2. Kamu bisa menyingkirkan hal-hal yang menghalangi pohon dari sinar matahari

5 Hal yang Harus Dilakukan agar Pohon Cepat Berbuahilustrasi cahaya matahari yang tertutupi (pexels.com/Kaique Rocha)

Salah satu kegiatan yang mudah untuk mempercepat pohon berbuah adalah dengan memastikan pohon terkena sinar matahari full. Sinar matahari sangat penting loh, untuk pertumbuhan dan perkembangan pohon, khususnya dalam proses pembuahan.

Tahukah kamu, sinar matahari berperan sebagai bagian pembentuk karbohidrat dalam pohon. Hasil pembentukan tersebut akan dialokasikan untuk perkembangan buah. Semakin optimal sinar matahari, maka potensi buah yang dihasilkan bisa semakin besar dan manis, daripada kurang terkena sinar matahari.

Kamu bisa menyingkirkan tanaman yang menghalangi dengan memangkasnya, ataupun jika ada hal-hal lain seperti alat-alat rumah tangga, bisa kamu pindahkan agar tidak menghalangi jalan masuknya sinar matahari.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Tanaman Strawberry agar Berbuah Lebat

3. Kamu coba buat tanaman stress atau tertekan dengan kurangi nutrisi dan air

5 Hal yang Harus Dilakukan agar Pohon Cepat Berbuahilustrasi menyiram tanaman (pexels.com/ Mikhail Nilov)

Cara ini cukup tricky. Sebab, membuat tanaman tertekan atau stress sama halnya ketika kamu membuat tekanan ke teman kamu. Ketika teman kamu merasa tekanan yang diberikan adalah motivasi untuk menghasilkan karya, maka tekanan tersebut sangat bermanfaat untuk dirinya. Beda apabila tekanan yang diberikan bisa membuat teman kamu menjadi lebih fail ke depan. Sebaiknya kamu hindari, ya.

Pola hidup tanaman ternyata mirip dengan manusia atau organisme lainnya. Mereka akan cepat menghasilkan buah apabila diberi tekanan/stress.

Beberapa cara tekanan yang baik untuk diberikan ke tanaman agar cepat berbuah yaitu mengurangi pemberian air pada saat fase pertumbuhan selesai. Hal itu ditandai dengan munculnya bunga atau berhentinya pertumbuhan pucuk. Selain itu, pengurangan nutris juga diperlukan, terkhusus nutrisi untuk pertumbuhan seperti nitrogen.

Alhasil, tanaman akan lebih optimal dan mengalokasikan seluruh energinya untuk pembentukan bunga dan buah. Keduanya akan cepat terbentuk dan hasil panen juga bisa melimpah.

4. Jika tak kunjung berbuah, coba kamu lakukan penjeratan pada batang utama

5 Hal yang Harus Dilakukan agar Pohon Cepat Berbuahilustrasi terikat dengan tali(pexels.com/cottonbro)

Cara ini merupakan cara yang mudah dan sudah diketahui cukup lama. Orang tua terdahulu hampir selalu melakukan cara ini. Jika kamu perhatikan, beberapa pohon yang sedang dijerat atau ditali, artinya mereka sedang berupaya mempercepat pembungaan dan pembuahan pada pohon, loh.

Kamu bisa melakukanya dengan mempersiapkan tali tambang. Kemudian, ikatkan dengan kencang tali ke batang utama. Terakhir, pastikan tali tambang terikat dan tidak sampai lepas.

Mungkin kamu bertanya tanya, apakah bisa hal tersebut menyebabkan pembuahan dan pembungaan lebih cepat? Yap, jawabanya adalah bisa. Analogi sederhana dari kegiatan tersebut adalah ketika suatu organisme tertekan dan terancam kelangsungan hidupnya, mereka akan berupaya berkembang biak secepat mungkin agar punya keturunan dan tidak mengalami kepunahan.

5. Kamu bisa lakukan pelukaan pada batang pohon secara hati-hati

5 Hal yang Harus Dilakukan agar Pohon Cepat Berbuahilustrasi melukai pohon(pixabay.com/621hjmit)

Cara ini meskipun mudah, pasti terasa menyayat hati, kan. Pasalnya kamu berusaha menyakiti pohon yang telah kamu besarkan. Tapi tenang, pohon masih bisa pulih kembali, kok. Kamu harus ingat bahwa untuk menghasilkan buah yang banyak juga butuh pengorbanan.

Lakukan pelukaan pada batang secara hati-hati dan perlahan, ya. Pastikan pisau atau alat untuk melukai bersih dari organisme penyebab penyakit pada tanaman. Kamu bisa cuci dengan sabun dan air mengalir. 

Hal yang penting untuk diperhatikan adalah kamu bisa menutup atau melapisi bagian yang kamu lukai dengan pestisida. Tujuannya agar tidak menyebabkan pohon terkena penyakit ke depannya.

Nah, ternyata tidak terlalu sulit untuk mempercepat pohon-mu berbuah, kan. Cukup lakukan dengan hati-hati dan kamu akan bisa nikmati hasil panen buahmu bersama teman atau kerabat terdekat, selamat mencoba!

Baca Juga: Yuk Simak Fakta-fakta Pohon Merbau, Pohon Nasional Malaysia

Norman Wijaya Photo Verified Writer Norman Wijaya

Semakin kreatif dan informatif! @norman_wijaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya