Comscore Tracker

5 Keistimewaan Bagi Orang yang Membaca dan Mengamalkan Surat Al-Kahfi

Hari Jumat pas banget, nih baca Al-Kahfi

Setiap surat Al-Qur'an pastinya memiliki keistimewaan dan keutamaan sendiri-sendiri yang memberikan pahala dan manfaat bagi si pembaca, salah satunya surat Al-kahfi.

Surat Al-Kahfi adalah surat ke-18 dalam urutannya di Al-Qur'an yang terdiri dari 110 ayat dan termasuk golongan surat Makkiyyah. Surat Al-kahfi juga dikenal dengan surat Ashabul Khafi. Al-Kahfi sendiri berarti "Gua" dan Ashabul Khafi berarti "Penghuni-penghuni gua". Surat Al-Kahfi terdapat di juz 15 dan di awal juz 16.

Surat Al-Kahfi memiliki banyak manfaat dan keutamaan jika umat Islam mau mengamalkan maupun membaca bahkan jika mau menghafalnya. Selain memberikan pahala bagi pembacanya, berikut 5 keistimewaan dari surat Al-Kahfi yang perlu diketahui.

1. Orang yang membaca Surat Al-Kahfi akan disinari cahaya kebaikan

5 Keistimewaan Bagi Orang yang Membaca dan Mengamalkan Surat Al-KahfiUnsplash.com/Warren Wong

Selain mendapatkan pahala dari Allah Swt, orang yang membaca Surat Al-Kahfi akan disinari cahaya kebaikan. Cahaya tersebut akan diberikan Allah Swt pada hari kiamat, yang memancar dari kedua telapak kakinya hingga ke langit.

Sebagaimana Allah berfirman dalam Al-Qur'an surat Al Hadiid ayat 12 yang artinya:

“Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.” (Qs. Al-Hadid: 12)

Sungguh merupakan kebahagian bagi umat Islam yang senantiasa membaca dan mengamalkan surat Al-Kahfi. Karena kelak kita akan disinari cahaya kebaikan di hari kiamat. Keistimewaan ini juga telah dituliskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id al-Khudri, bahwa Rasullulah SAW bersabda yang artinya:

"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.”

2. Orang yang membaca surat Al-Kahfi akan diampuni dosanya oleh Allah Swt

5 Keistimewaan Bagi Orang yang Membaca dan Mengamalkan Surat Al-KahfiUnsplash.com/Rachid Oucharia

Setiap orang yang hidup di dunia pasti memiliki dosa, baik yang dilakukan secara sengaja ataupun yang tanpa kita sadari menimbulkan dosa. Dan setiap manusia yang bertakwa kepada Allah pastinya mengharapakan ampunan atas segala dosa-dosanya.

Keistimewaanyang dimiliki surat Al-Kahfi salah satunya adalah memberikan ampunan atas dosa yang dilakukannya diantara dua jum'at. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw yang artinya:

"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat."

Baca Juga: 7 Kebaikan yang Kamu Dapatkan Jika Rutin Membaca Al-Qur'an

3. Bagi orang yang membaca surat Al-Kahfi akan mendapatkan keridaan dari Allah Swt

5 Keistimewaan Bagi Orang yang Membaca dan Mengamalkan Surat Al-Kahfiunsplash.com/Rumman Amin

Setiap manusia menginginkan hidup damai dan tentram baik di dunia maupun di akhirat kelak. Kehidupan yang damai dan tentram tidak dapat diperoleh tanpa rida Allah Swt.

Untuk mendapatkan rida Allah Swt kita harus bertakwa kepada-Nya, berserah dan lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt. Dengan cara membaca Al-Qur'an surat Al-Kahfi yang dapat mendekatkan diri dari rida Allah Swt dan menentramkan hati yang gelisah.

Sebagaimana Rasulullah Saw bersabda yang artinya:

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

4. Orang yang membaca surat Al-Kahfi akan dijaga dari gangguan setan

5 Keistimewaan Bagi Orang yang Membaca dan Mengamalkan Surat Al-KahfiUnsplash.com/Joel Tinner

Setan merupakan musuh terbesar manusia, setan selalu menggoda dan menghalang-halangi setiap amal saleh yang kita lakukan.

Untuk menghindari godaan setan kita harus mendekatkan diri kepada Allah Swt dengan sepenuh hati. Dengan dekat dengan Allah Swt maka kita akan dilindungi-Nya. Salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah Swt adalah dengan membaca dan mengamalkan isi kandungan surat Al-Kahfi dengan ikhlas karena Allah Swt, sehingga Allah akan melindungi pembacanya dari gangguan setan.

Sebagaimana sebuah hadist yang dari  Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal:

"Bahwa sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Khafi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut"

5. Orang yang membaca surat Al-kahfi akan terlindung dari fitnah Dajjal

5 Keistimewaan Bagi Orang yang Membaca dan Mengamalkan Surat Al-KahfiUnsplash.com/Максим Власенко

Di akhir zaman kelak Dajjal akan muncul untuk merusak iman manusia. Dajjal akan menyesatkan manusia dengan cara memfitnah. Fitnah Dajjal sangatlah kejam serta dapat membawa kita kepada kesesatan dan siksa neraka Jahanam.

Untuk menghindari fitnah dajjal yang begitu kejam, kita dianjurkan untuk membaca surat Al-kahfi, karena salah satu keistimewaanya dapat melindungi pembacanya dari fitnah dajjal. Sebagaimana sebuah hadis berikut:

“Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.” (HR Dailami).

Jelas sudah bahwa surat Al-kahfi memang banyak memberikan keistimewaan bagi pembacanya mulai dari terlindung dari fitnah Dajjal atas rida Allah Swt yang diberikan kepada hamba-Nya yang senantiasa bertakwa.

Itu dia 5 keistimewaan surat Al-Kahfi bagi pembacanya. Semoga dengan kita tahu akan keistimewaannya kita perlahan-lahan belajar untuk membaca dan mengamalkan isi kandungan dari Surat Al-Kahfi. Sehingga kita mendapatakan pahala, perlindungan dan keridaan Allah Swt agar hidup kita damai dan tentram di dunia maupun di akhirat. Amin Ya Rabbal Allamin.

Baca Juga: 5 Kutipan Ayat Al-Qur'an buat Kamu yang Sedang Galau 

Nur Kholid Photo Verified Writer Nur Kholid

Mari berproses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya