Comscore Tracker

5 Cara Bangkitkan Self-Awareness, Katakan Good Bye pada Baper!

Punya mental kuat, no baper-baper club!

Menjalani kehidupan memang akan penuh dengan kejutan. Baik dari berbagai situasi yang mungkin kamu hadapi maupun dari sikap beberapa orang yang kamu temui. Jika tak mudah menangani situasi yang terjadi, kamu bisa saja menjadi orang yang mudah baperan.

Jika sudah begitu, maka kamu akan kesulitan dalam menghadapi segala tantangan yang datang dalam hidupmu. Oleh karena itu, kamu harus membangkitkan self awareness atau kesadaran dalam diri. Dengan lima cara berikut maka kamu akan menjadi lebih mudah menghadapi situasi dan tidak mudah baperan.

1. Jangan berharap kejujuran dari orang yang tak jujur pada dirinya sendiri  

5 Cara Bangkitkan Self-Awareness, Katakan Good Bye pada Baper!ilustrasi kecewa (pexels.com/Liza Summer)

Berbicara soal kejujuran, siapa pun tahu kalau itu bukanlah perkara yang mudah. Bahkan mungkin kamu pernah merasa kesulitan untuk berlaku jujur pada orang lain. Perihal kejujuran memang harus dimulai dari diri sendiri.

Kamu harus jujur terhadap keinginanmu, kebutuhanmu dan juga perasaanmu. Kamu tak bisa mengharapkan kejujuran dari orang yang bahkan tak jujur pada dirinya sendiri. Bisa dikatakan orang tersebut bersifat munafik, karena tak menunjukkan sifat aslinya pada orang lain.

2. Kamu tak akan lebih baik dengan membuat orang lain terlihat buruk 

5 Cara Bangkitkan Self-Awareness, Katakan Good Bye pada Baper!ilustrasi sahabat (unsplash.com/Omar Lopez)

Membuat orang lain terlihat lebih buruk daripada dirimu tak akan menjadikan dirimu lebih baik. Sebaliknya, kamu bahkan lebih buruk dari orang yang kamu jelek-jelekkan tersebut. Kamu tak perlu membangun kesan berlebihan pada orang lain.

Jadilah dirimu sendiri apa adanya dan jangan terlalu mengurusi perkara yang bukan urusanmu. Orang lain hanya akan menilaimu dari apa yang kamu lakukan, bukan apa yang kamu katakan. Jadi, kamu gak akan mudah baper karena hal tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Self Healing Meski di Rumah Saja

3. Hidupmu terlalu singkat untuk tidak bahagia 

5 Cara Bangkitkan Self-Awareness, Katakan Good Bye pada Baper!ilustrasi sekumpulan anak muda (unsplash.com/ Antonino Visalli)

Hidupmu adalah tanggung jawabmu sendiri. Bahagia atau tidak, kamu sendiri yang menentukan. Kebahagiaan itu datangnya dari dalam dirimu, bukan dicari dari orang lain.

Jika kamu merasa tidak bahagia, berarti kamu menyerahkan kontrol kehidupanmu pada situasi dan orang lain. Kita tidak pernah tahu sampai kapan akan hidup di dunia. Jadi, akan sangat disayangkan jika kamu tak menikmatinya hari ini, esok, dan seterusnya.

4. Jika mudah terprovokasi, kamu akan lebih gampang dikendalikan orang lain

5 Cara Bangkitkan Self-Awareness, Katakan Good Bye pada Baper!ilustrasi dua orang sedang berbicara (unsplash.com/Christina @ wocintechchat.com)

Kamu harus memegang kontrol penuh atas dirimu sendiri. Jangan membiarkan orang lain mampu menguasai dirimu dan mengetahui kelemahanmu. Dengan menjadi mudah terprovokasi, itu berarti kamu akan mudah dikendalikan situasi.

Orang lain akan memanfaatkan hal tersebut untuk kepentingan mereka. Mungkin kamu tak akan menyadarinya, tetapi hal tersebut memang akan terjadi. Pada akhirnya, kamu akan mudah merasa kecewa dan baperan. Oleh karenanya, kendalikan dirimu sebaik mungkin, ya.

5. Jangan mengharapkan rasa hormat dari orang yang tak layak dihormati 

5 Cara Bangkitkan Self-Awareness, Katakan Good Bye pada Baper!ilustrasi laki-laki dengan kaus respect (unsplash.com/Tiago Felipe Ferreira)

Rasa hormat merupakan sikap timbal baik dari satu orang terhadap orang lain. Tak hanya perkara usia, rasa hormat juga berlaku karena seseorang memiliki ‘nilai’ di dalam dirinya. Jika kamu tidak memiliki nilai tersebut, orang lain akan sulit menghormatimu.

Bisa jadi mereka hanya hormat dan bersikap baik di depanmu saja. Tetapi berlaku sebaliknya ketika di belakangmu. Sama halnya bahwa kamu tak perlu mengharapkan rasa hormat oleh orang yang gak bisa kamu hormati. Oleh karena itu, penting untuk memiliki integritas dan nilai dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu mungkin akan bertemu dengan beberapa orang dengan karakter berbeda yang bisa saja mengejutkanmu. Namun, dengan menyadari kelima hal di atas, kamu akan lebih mudah dalam menghadapi berbagai situasi tak terduga. 

Baca Juga: 5 Perbedaan antara Self-Reward dengan Perilaku Boros

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya