Comscore Tracker

5 Alasan Betapa Menyenangkannya Menjadi Seorang Introvert

Diam-diam menghanyutkan

Introvert merupakan karakter seseorang yang cenderung tidak menyukai keramaian. Ia cenderung lebih nyaman berada sendirian dibandingkan harus berada diantara kerumunan orang.

Ada yang bilang sosok introvert itu tidak mudah bergaul dan susah diajak berteman. Tetapi sebenarnya introvert itu sangat asyik untuk dijadikan teman asalkan kita tau bagaimana cara untuk berada dalam circlenya.

Ketika sudah menemukan orang yang dianggap nyambung oleh dirinya, introvert merupakan sosok yang loyal dan menyenangkan. Seorang introvert juga sebenarnya ingin bisa beradaptasi dengan mudah di tengah banyak orang. Tetapi ia hanya terlalu kikuk dan merasa tidak bisa menjadi dirinya sendiri.

Namun tidak semua yang dipunya oleh introvert itu hanyalah kelemahan. Berikut adalah 5 alasan mengapa menjadi introvert itu sangat menyenangkan.

1. Tau bagaimana cara menikmati kesendiriannya dengan baik dan mengasyikkan

5 Alasan Betapa Menyenangkannya Menjadi Seorang Introvertpixabay.com/Stock Snap

Seorang introvert mampu menikmati momen kesendirannya dengan melakukan hal-hal yang ia suka. Sendiri tidak selalu berarti bahwa ia sedang kesepian, karena dengan sendiri ia bebas melakukan hal yang diinginkan. Terkadang seorang introvert suka menulis dan menceritakan apa yang manarik baginya.

Bernyanyi dan menonton sendirian juga menjadi hal yang menyenangkan baginya. Namun bukan berarti bahwa selamanya ia tak butuh siapa pun di dekatnya, terkadang ia juga ingin memiliki teman bicara. Tergantung bagaimana situasi yang sedang dihadapinya saat tertentu.

2. Introvert merupakan pemerhati ulung yang diam-diam bisa menganalisa sikap orang di sekitarnya

5 Alasan Betapa Menyenangkannya Menjadi Seorang Introvertunsplash.com/Chase Clark

Sosok pendiam dan dianggap susah bergaul ini bisa dianggap sangat lihai dalam membaca sifat orang secara garis besar. Ia memiliki sifat yang cenderung lebih banyak ia habiskan untuk berpikir dibanding untuk berbicara.

Ia akan menganalisa gerak-gerik orang di sekitarnya, cara mereka berbicara, cara berpenampilan dan sebagainya. Kemudian secara garis besar ia akan mampu menganalisa orang seperti apa yang berada di sekitarnya.

Baca Juga: 5 Aturan yang Harus Ditanamkan Orang Introvert Agar Bahagia

3. Cenderung punya banyak ide dan kreativitas tetapi hanya bingung untuk menyalurkannya

5 Alasan Betapa Menyenangkannya Menjadi Seorang Introvertunsplash.com/Dimitry Ratushny

Orang yang cenderung jarang mengungkapkan pendapatnya merupakan sosok yang justru punya segudang kreativitas. Hanya saja terkadang ia merasa canggung dan tidak nyaman untuk mengutarakan idenya.

Ia akan berpikir seribu kali untuk berpikir apakah ia lebih baik diam atau berbicara akan pendapatnya. Mungkin ia akan berpikir idenya biasa saja, tetapi bagi orang lain apa yang akan disampaikannya merupakan sesuatu yang luar biasa.

4. Bisa menjadi apa yang dia mau asalkan ia merasa nyaman

5 Alasan Betapa Menyenangkannya Menjadi Seorang Introvertpixabay.com/Free Photos

Orang bilang keluarlah dari zona nyaman untuk menemukan tantangan baru dalam hidupmu. Tetapi tidak mudah bagi seorang introvert untuk keluar dari zona nyaman. Ia akan mampu melakukan apa yang diinginkan jika ia cenderung merasa nyaman.

Dengan nyaman ia akan mampu melakukan apa yang ia mampu dan menjadi dirinya sendiri. Kita tidak dapat memaksakan apa yang biasa dilakukan orang-orang terhadap orang lain. Karena karakter setiap orang itu berbeda dan lebih baik menjadi diri sendiri.

5. Seorang introvert tahu bagaimana cara menempatkan diri di tengah situasi yang kurang mendukung

5 Alasan Betapa Menyenangkannya Menjadi Seorang Introvertunsplash.com/Brooke Cagle

Dalam beberapa situasi seorang introvert akan mampu menyembunyikan sifatnya yang pemalu dan pendiam. Walaupun pada dasarnya ia akan merasa tidak nyaman berada ditengah kerumunan orang. Tetapi ia tahu caranya berkamuflase menjadi pribadi yang membaur di antara mereka.

Tidak perlu berlama-lama karena sebentar saja sudah cukup bagi seorang introvert yang kemudian akan menarik diri dari tengah kerumunan tersebut. 

Jadi, jika kamu adalah seorang introvert jangan pernah berkecil hati. Setiap orang harus bisa menjadi dirinya sendiri dan tidak perlu merasa minder atas segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki.

Baca Juga: 5 Hal Ini Sebabkan Orang Introvert Bisa Rentan Terkena Depresi 

Nur Mar A. Siregar Photo Community Writer Nur Mar A. Siregar

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You