Comscore Tracker

Donny Andrian Bagikan Tips agar Content Creator Raih Brand Awareness 

Tips ini penting disimak oleh para content creator

Acara Pelatihan Jurnalistik dan Content Creator yang diadakan atas kerja sama PT Inalum dengan IDN Times pada 28-30 November lalu memberikan banyak insight positif terutama dalam hal bersosial media. Donny Andrian selaku Senior Manager Social Media di IDN Media memaparkan materi terkait dengan marketing di dunia digital.

Sebagai orang yang berkecimpung di industri digital, tentu hal ini bisa menjadi ilmu yang sangat bermanfaat bagi para content creator yang baru mulai menggunakan sosial media sebagai lahan marketing. Terutama dalam meningkatkan brand awareness agar target yang diinginkan bisa tercapai. Yuk, simak lima tipsnya berikut ini!

1. Perhatikan isi konten, harus unik dan menarik 

Donny Andrian Bagikan Tips agar Content Creator Raih Brand Awareness Donny Andrian sedang memberikan pemaparan (dok.pribadi/Nur Mar A Siregar)

Siapa yang akan melihat isi kontenmu jika itu tidak menarik? Tentu orang lain pun akan bosan dan hanya melihat beberapa detik saja. Padahal di beberapa detik awal adalah waktu yang krusial apakah seseorang akan tetap melanjutkan untuk melihat kontenmu atau tidak.

Jadi, pastikan apa yang kamu tampilkan adalah hal yang menarik dan unik. Kamu bisa membuat sesuatu yang lucu dan kreatif. Sebab, orang paling suka melihat hal yang penuh humor dan gak kaku, apalagi serius. Kamu bisa mulai dengan membuat tebak-tebakan, fun facts, infografis ,dan sebagainya.

2. Tetap konsisten dan relevan dengan keadaan saat ini 

Donny Andrian Bagikan Tips agar Content Creator Raih Brand Awareness ilustrasi dampak sosial media (unsplash.com/jakobowens1)

Konsistensi memegang peranan penting dalam meningkatkan brand awareness. Terutama jika kamu ingin mendapatkan atensi publik. Memang tak mudah menjaga konsistensi, terutama karena menemukan ide yang kreatif itu tentu membutuhkan usaha lebih.Namun, kamu tetap harus rutin dan menetapkan jadwal tetap untuk mengirim posting-an. Jangan sampai orang lupa dan sulit mengingat konten apa yang kamu buat sebelumnya.

Semakin sering kamu mengunggah konten, maka brand awareness pun akan semakin meningkat. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan apa yang sedang hype saat ini sehingga kontenmu bisa tetap relevan dan up to date. 

3. Selalu tampilkan original story 

Donny Andrian Bagikan Tips agar Content Creator Raih Brand Awareness Donny Andrian sedang memberikan pemaparan (dok.IDN Times/Dayu Yudana/bt)

Orang akan tersentuh dan mengapresiasi segala sesuatu yang bersifat original. Artinya, kamu benar-benar membuat konten yang berangkat dari ide dalam pikiranmu sendiri. Bukan sesuatu hal yang menjiplak atau meniru karya orang lain.

Menjadikan orang lain sebagai inspirasi tentu sah-sah saja, tetapi kamu tetap harus tampilkan versimu sendiri. Sentuh perasaan dan perhatian orang yang melihat kontenmu dengan sesuatu yang benar-benar ingin kamu sampaikan tentang produk atau karyamu.

4. Jangan lupa untuk menambahkan CTA (Click to Action) 

Donny Andrian Bagikan Tips agar Content Creator Raih Brand Awareness ilustrasi click to action (unsplash.com/cleovermij)

Setiap unggahan konten tentu memiliki tujuannya masing-masing. Tentu ada hal yang ingin dicapai dari setiap unggahan, yang pasti semuanya untuk meningkatkan kesadaran orang lain tentang brand yang kamu punya.

Brand awareness bisa berupa hal yang kamu inginkan dari follower atau orang yang melihat kontenmu. Oleh karenanya, jangan lupa untuk menyelipkan CTA (click to action) pada akhir dari konten. CTA bisa berupa klik link, mengunjungi website, mengikuti akunmu, dan banyak hal lainnya sesuai dengan yang kamu mau.

5. Selalu terhubung dengan follower dan user lain 

Donny Andrian Bagikan Tips agar Content Creator Raih Brand Awareness ilustrasi menggunakan media sosial (unsplash.com/nordwood)

Pastikan untuk selalu engage dengan pengikut baik itu follower setia maupun user lain. Dikarenakan tak semua orang yang melihat postingan-mu adalah follower. Bisa jadi mereka adalah user yang terhubung karena konten yang sesuai dengan riwayat jelajahnya di media sosial.

Dengan menjaga hubungan baik dengan follower, bisa membuat kamu semakin dikenal. Kamu bisa membuka kolom diskusi, QnA, membalas komentar, dan sebagainya. Sehingga, apa yang ingin kamu sampaikan melalui konten akan lebih bisa diterima.

Menggunakan sosial media tak hanya sebatas posting secara konsisten, tetapi juga penting untuk memperhatikan brand awareness-nya juga Jadi, para content creator tentu harus paham teknik marketing yang baik dan relevan di sosial media, ya!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya