Comscore Tracker

5 Tips agar Kamu Tak Selalu Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Akan mencegahmu dari perasaan minder

Tak dapat dipungkiri ketika melihat seseorang bisa mendapatkan hal yang kamu inginkan membuatmu mulai membandingkan diri dengannya. Tak hanya persoalan pencapaian, keinginan atau kehidupan yang lebih baik, itu semua bisa menjadi alasan kamu kerap membandingkan diri dengan orang lain. Kamu pun mulai meratapi diri dan tak bisa mensyukuri apa yang kamu punya.

Oleh karena itu, berikut ini merupakan lima hal yang bisa kamu lakukan agar hidup lebih tenang dengan tidak membandingkan diri dengan orang lain. Yuk, simak tipsnya sebagai berikut!

1. Selalu ingat bahwa hidup bukanlah sebuah kompetisi 

5 Tips agar Kamu Tak Selalu Membandingkan Diri dengan Orang Lainilustrasi sebuah perlombaan (unsplash.com/bradencollum)

Kamu tidak sedang berada dalam sebuah pertandingan untuk memperebutkan piala kejuaraan. Hidup bukanlah sebuah hal yang bisa kamu menangkan seperti halnya kompetisi. Kendati demikian, kamu harus tetap selalu menikmati proses yang kamu hadapi.

Jika kamu melihat orang lain begitu sukses di satu aspek kehidupan, bisa jadi dia menjadi sangat gagal di aspek yang lain. Jadi, tak perlu berkecil hati kalau kamu terihat berada di bawahnya dalam satu aspek.

2. Jika kamu harus membandingkan, maka bandingkan dengan dirimu sendiri 

5 Tips agar Kamu Tak Selalu Membandingkan Diri dengan Orang Lainilustrasi pria memakai hoodie (unsplash.com/sincerelymedia)

Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain, karena pasti tak akan pernah ada habisnya. Kamu akan terus merasa tidak puas diri dengan melihat orang lain yang lebih memiliki segalanya.

Akan lebih masuk akal dan bernilai positif jika kamu membandingkan diri dengan dirimu sendiri. Bandingkan dirimu yang sekarang dengan dirimu yang dulu. Lihat sudah berapa banyak perubahan dan kemajuan yang kamu alami.

Baca Juga: [QUIZ] Apakah Kamu Suka Membandingkan Diri dengan Orang Lain? Coba Kuis Ini!

3. Belajar untuk menantang idealisme menjadi humanisme  

5 Tips agar Kamu Tak Selalu Membandingkan Diri dengan Orang Lainilustrasi masalah solidaritas (unsplash.com/timmarshall)

Cobalah untuk memiliki perspektif yang lebih besar, berkaca pada hal dari banyak sudut pandang. Kamu tak bisa selamanya membandingkan diri dengan orang lain. Lihat secara lebih luas sebelum kamu mulai membandingkan. Bahwa orang lain juga manusia biasa sama seperti dirimu. Mereka juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi jangan bersikap terlalu idealis.

4. Hiduplah dengan menetapkan tujuan 

5 Tips agar Kamu Tak Selalu Membandingkan Diri dengan Orang Lainilustrasi fokus pada satu hal (unsplash.com/chaseelliottclark)

Kamu harus tetap memiliki tujuan dalam hidup. Hal ini berarti kamu sepenuhnya sadar dalam menetapkan tujuan yang sejalan dengan impian dan nilai dalam hidupmu.

Kamu menjalani kehidupanmu saat ini dengan penuh kesadaran dan menikmati dengan sepenuhnya. Orang lain tak mampu mengusikmu dengan kehidupan mereka. Kamu hanya akan fokus dengan kehidupanmu dan apa yang paling kamu inginkan.

 5. Selalu bersyukur untuk segala hal dalam hidupmu  

5 Tips agar Kamu Tak Selalu Membandingkan Diri dengan Orang Lainilustrasi sedang makan (unsplash.com/pablomerchanm)

Bersyukur adalah kunci dari ketenangan hidup. Tak peduli apa pun yang kamu miliki atau kamu hadapi saat ini, bersyukur dapat membuatmu lebih mengahargai kehidupan. Kamu akan terhindari dari segala bentuk tekanan dan rasa stres jika kamu bisa terus untuk bersyukur.

Tetap miliki tujuan dan syukuri apa yang kamu dapatkan. Itu akan membuatmu menjadi pribadi yang tak terkalahkan.

Lima tips mudah di atas bisa selalu kamu ingat dan terapkan dalam kehidupan agar kamu selalu bisa menghargai segala hal yang kamu miliki dan tak pernah membandingkan dirimu dengan orang lain.

Baca Juga: 5 Cara Cuek Menghadapi Orang yang Gemar Membandingkan Dirimu

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya