Comscore Tracker

Selain Meningkatkan English Vocabulary, Ini 5 Manfaat Bermain Scrabble

Gak rugi, deh memainkannya!

Scrabble merupakan permainan olah huruf menggunakan papan atau kertas karton yang dicetak kotak-kotak seperti papan permainan ular tangga. Para pemain akan meletakkan beberapa balok huruf pada kotak-kotak dengan posisi tertentu di papan tersebut. Balok-balok huruf tersebut akan membentuk suatu kata, biasanya dalam bahasa Inggris.

Secara umum, permainan ini digunakan untuk meningkatkan penguasaan English Vocabulary (kosakata bahasa Inggris). Namun, ada manfaat lain permainan ini yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Apa sajakah itu? Yuk, simak list berikut!

1. Meningkatkan kemampuan intelektual

Selain Meningkatkan English Vocabulary, Ini 5 Manfaat Bermain ScrabblePexels/Max Fischer

Bermain scrabble dapat meningkatkan kemampuan intelektualmu. Sebab, kamu harus berpikir secara kritis, kreatif, dan evaluatif untuk memenangkan permainan. Ketiga cara berpikir tersebut membuatmu tidak hanya mengenal kata dasar dalam English vocabulary, tetapi juga kata-kata dalam bidang sains, filsafat, sejarah, dan sebagainya.

Riset pada jurnal Canadian Family Physician membuktikan bahwa bermain scrabble dapat menurunkan resiko kepikunan atau Alzheimer. Jadi, jangan ragu bermain scrabble untuk menjaga kemampuan intelektualmu sampai usia lanjut. 

2. Menjalin kekompakan yang erat di antara pemain

Selain Meningkatkan English Vocabulary, Ini 5 Manfaat Bermain ScrabblePexels/cottonbro

Ketika kamu berkumpul dengan teman-teman atau keluargamu, kamu bisa mengajak bermain scrabble, lho. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kekompakan di antara kalian, apalagi jika kalian jarang atau tidak sering berkumpul bersama. Walaupun saling bersaing untuk menjadi pemenang, tentu saja ada suka cita saat bermain bersama.

Baca Juga: 10 Board Game Legendaris, Jadi Cikal Bakal Game Masa Kini

3. Meningkatkan kepercayaan dirimu

Selain Meningkatkan English Vocabulary, Ini 5 Manfaat Bermain ScrabblePexels/Andrea Piacquadio

Bermain scrabble akan melatih kepercayaan dirimu. Apalagi jika kamu memenangkannya, kamu akan merasa kepercayaan dirimu naik. Kamu pun bangga setelah berusaha mendapatkan skor tertinggi. Lama kelamaan, kepercayaan diri ini bisa kamu aplikasikan dalam berbagai keadaan, seperti percaya diri saat menghadapi ulangan.

4. Meningkatkan konsentrasi

Selain Meningkatkan English Vocabulary, Ini 5 Manfaat Bermain ScrabblePexels/Andrea Piacquadio

Permainan scrabble sangat membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Tidak hanya berpikir kata-kata apa yang dibentuk dari balok-balok huruf yang kamu ambil, tetapi juga di mana posisi meletakkan balok-balok tersebut supaya mendapat skor tinggi.

Semakin sering berkonsentrasi saat bermain scrabble, maka kamu akan dapat memperoleh skor tertinggi di antara lawan mainmu. Lebih lanjut lagi, kamu bisa menerapkan kemampuanmu berkonsentrasi pada hal lainnya, seperti belajar dan bekerja.

5. Menyenangkan hatimu jika bermain dengan "having fun"

Selain Meningkatkan English Vocabulary, Ini 5 Manfaat Bermain ScrabblePexels/Max Fischer

Scrabble adalah permainan yang menyenangkan. Kamu akan sangat have fun memainkannya bersama teman-teman maupun anggota keluargamu. Saat itulah ada percakapan suka cita dan canda tawa yang membuat kamu bersemangat. Dijamin perasaan kecewa, kesal, sedih, dan marah akan hilang, deh!

Nah, itulah manfaat bermain scrabble yang dapat diaplikasikan dalam kehidupanmu sehari-hari! Jadi, sudahkah kamu bermain scrabble hari ini?

Baca Juga: Ini 7 Fakta Sejarah Permainan Ular Tangga, Board Gamer Wajib Tahu

Nuraina Fika Lubis Photo Verified Writer Nuraina Fika Lubis

Writing is a skill that I want to have. I try harder to make an article that worth to read. I receive critics and suggestions to upgrade my writing skill. Hope you enjoy what I write. Sincerely, me.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya