Comscore Tracker

5 Hal yang Patut Diperhatikan Bila Merencanakan Acara Bukber

Tak hanya buka puasa bersama di restoran, di rumah pun ternyata bisa.

Bulan puasa telah beberapa hari dijalankan. Ajakan buka bersama dengan teman tentunya telah banyak bermunculan. Entah itu dengan teman kantor, teman kuliah, teman SMA, bahkan hingga teman SD pun ada. Sekalian reunian, alasannya.

Momen buka bersama memang menjadi salah satu ajang silaturahmi dengan kerabat yang telah lama tak berjumpa. Di tengah berbagai kesibukan, biasanya kamu akan menyempatkan datang, bukan? Supaya momen tersebut terasa hangat, memilih rumah sebagai salah satu alternatif tempat buka puasa bersama dapat kamu pertimbangkan. Dengan mengadakan acara bukber di rumah, kamu dan teman-temanmu tak perlu pusing berebut untuk mem-booking restoran atau café.

Namun, sebelum memutuskan untuk memilih rumah sebagai tempat bukbermu, coba perhatikan dulu hal-hal berikut ini.

1. Diskusikan dahulu, sekiranya rumah siapa saja yang dapat menjadi tempat bukber.

5 Hal yang Patut Diperhatikan Bila Merencanakan Acara Bukberhttp://malesbanget.com

Pastikan bahwa izin telah diperoleh dari orang-orang yang ada di rumah tersebut. Tak hanya dari orangtua, tapi juga harus mendapat izin dari saudara-saudara yang tinggal bersama. Siapa tahu, ada kakak atau adik yang mesti konsentrasi belajar dan akan terganggu jika ada kegaduhan di rumah.

2. Pilihlah rumah yang cukup luas dan mampu menampung sejumlah teman yang akan datang.

5 Hal yang Patut Diperhatikan Bila Merencanakan Acara Bukberhttp://makassar.tribunnews.com

Jika ruang tamu tak begitu luas, maka pertimbangkan apakah akan digunakan pula ruang tengah ataupun teras. Dalam mempertimbangkan hal ini, poin sebelumnya yang menjadi penentu. Ya, jika poin pertama telah dilakukan, maka tanyakan pula kepada orang rumah mengenai ruang apa saja yang dapat digunakan.

3. Tentukan rumah yang lokasinya terjangkau dan berada di tengah-tengah antara rumah lainnya.

5 Hal yang Patut Diperhatikan Bila Merencanakan Acara Bukberhttps://justitia.wordpress.com

Jangan sampai ada teman yang harus menempuh jarak terlalu jauh untuk sampai di rumah yang dipilih. Beritahu pula akses menuju ke lokasi rumah tersebut. Baik itu dengan kendaraan umum atau dengan kendaraan pribadi. Pikirkan apakah jalanannya dapat dilalui mobil atau hanya berupa gang yang dapat dilalui dengan motor.  Lalu, jika nanti membawa kendaraan pribadi, bagaimana memarkirnya, apakah halaman rumah cukup atau tidak. Perhatikan pula hal tersebut.

4. Supaya praktis dan tidak ribet, sebaiknya pilihlah menu buka puasa berupa makanan yang sudah dalam satu paket.

5 Hal yang Patut Diperhatikan Bila Merencanakan Acara Bukberhttp://kabarjambi.net

Mulai dari takjil hingga makanan beratnya. Kalau perlu, sepaket dengan minuman juga. Hal ini mempermudah supaya tak harus membeli makanan dari banyak tempat, yang malah dapat membuat biaya antarnya bertambah. Sebaiknya, tak perlu pula memilih makanan dalam bentuk prasmanan karena terlalu memerlukan banyak peralatan seperti sendok dan piring. Lagipula, dapat merepotkan si pemilik rumah jika harus membersihkan peralatan yang terpakai tersebut setelah selesainya acara.

5. Karena diadakan di rumah, maka etika bertamu juga amatlah penting diketahui.

5 Hal yang Patut Diperhatikan Bila Merencanakan Acara Bukberhttp://poskotanews.com

Jangan sampai merusak barang-barang atau mengotori ruangan si pemilik rumah. Jangan pula terlalu berisik sehingga mengganggu. Dan tentunya, jangan sampai mengadakan acara bukber di rumah hingga terlalu malam.

 

Kini, kamu dapat memperbincangkan hal-hal di atas bersama dengan teman-teman. Semakin banyak temanmu yang memperhatikan hal tersebut, maka bukan tidak mungkin acara buka puasa bersama di rumah akan lancar diselenggarakan. Eits, sebelum memilih tempat, jangan lupa tentukan dulu tanggalnya ya!

Nuraini Fathiarisa Photo Verified Writer Nuraini Fathiarisa

Looking for a job

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya