Comscore Tracker

Tanamkan 5 Mindset Positif Agar Rasa Cemas Berhenti Menyita Waktumu

Cemas melulu hanya akan merugikanmu, lho

Pernahkah kamu terganggu karena kerap merasakan cemas? Kecemasan yang muncul mungkin saja didasari ketakutanmu akan masa lalu atau masa depan, bisa jadi juga karena akibat hal lainnya. Saat terus-terusan merasa cemas atau khawatir akan sesuatu, hal tersebut bisa menyita waktumu jika dibiarkan begitu saja.

Pasti kamu tak ingin waktu terbuang sia-sia oleh karena otak dipenuhi pikiran-pikiran yang membuatmu tak hentinya merasa cemas. Saat kamu dilanda cemas, segera atasi pikiran kalutmu dengan 5 mindset ini, ya!

1. Saat cemas akan sesuatu, tarik napas dalam-dalam dan halau mindset buruk dengan pikiran positif

Tanamkan 5 Mindset Positif Agar Rasa Cemas Berhenti Menyita WaktumuUnsplash/Eli DeFaria

Cemas yang berkelanjutan tak boleh kamu abaikan begitu saja. Supaya kecemasanmu perlahan-lahan mereda, tarik napas dalam-dalam lalu keluarkan perlahan. Ulangi sampai kamu merasa yakin sudah lebih tenang. Selain itu, kamu wajib usir semua pemikiran buruk yang membuatmu cemas.

Caranya sederhana, guys. Berusahalah juga buat ganti mindset negatif tersebut dengan mengingat momen indah atau hal positif dalam hidupmu. 

2. Bedakan mana masalah nyata yang mesti kamu hadapi dengan hal tak nyata yang ada di dalam benak

Tanamkan 5 Mindset Positif Agar Rasa Cemas Berhenti Menyita WaktumuPexels/Bruce Mars

Seringkali cemas dilandasi oleh pikiran negatif akibat kamu terlalu overthinking. Padahal sebetulnya masalah tersebut belum tentu terjadi alias cuma ada dalam bayanganmu saja. Waktumu bisa habis sia-sia lho, kalau masih terjerat pemikiran yang berlebihan.

Salah satu upaya biar kamu tak sering merasa cemas ialah dengan pikirkan kembali apakah yang kamu takutkan itu memang masalah nyata atau cuma hasil imajinasi semata.

3. Kamu mesti paham akan pemicu kecemasanmu dan berani menumpasnya secara perlahan tapi pasti

Tanamkan 5 Mindset Positif Agar Rasa Cemas Berhenti Menyita WaktumuPexels.com/Ambar Simpang

Rasanya kamu juga perlu untuk memahami lebih jauh hal yang jadi pemicu rasa cemas tersebut. Cari tahu lebih dalam apa yang sekiranya menyita pikiranmu selama ini. Begitu tahu penyebabnya, kamu dapat coba untuk mengatasinya. Tak perlu buru-buru, dengan upaya perlahan tapi pasti pun kamu pasti bisa melawan cemas yang seringkali membuat waktumu terbuang. 

Baca Juga: Gangguan Kecemasan Ternyata Juga Bisa Dilihat dari 8 Gejala Fisik Ini

4. Tanamkan mindset bahwa kamulah yang harusnya mengendalikan pikiran, bukan pikiran yang mengontrol kendalimu

Tanamkan 5 Mindset Positif Agar Rasa Cemas Berhenti Menyita WaktumuPexels/Burst

Ketika kamu terus berada dalam jurang kecemasan, itu berarti kamu membiarkan pikiran mengontrol ruang gerakmu. Langkah paling bijak adalah dengan berusaha keluar dari jebakan rasa cemas tersebut daripada memilih terus mendekam di dalamnya. Tanamkan pola pikir bahwa harus kamulah yang mengendalikan pikiranmu sendiri. Jangan biarkan pemikiran-pemikiran negatif membatasi dan mengontrol dirimu. 

5. Untuk bantu mengusir cemas agar tak terus mengganggu, jangan ragu buat lakukan sesuatu yang sekiranya bisa membuat tenang

Tanamkan 5 Mindset Positif Agar Rasa Cemas Berhenti Menyita WaktumuPexels/David Bartus

Ketimbang hanya diam saja dan makin merasa cemas, kamu bisa-bisa saja untuk melakukan sesuatu yang bisa membuatmu tenang. Mulailah dari apa pun hal yang kamu sukai. Jika kamu sudah larut di dalamnya, perlahan kamu akan melupakan kekhawatiran yang sebelumnya mengganggumu.

Setelah kamu menenangkan diri sejenak lewat aktivitas favorit, barulah kamu dapat memulai kembali berbagai kerjaan yang harus diselesaikan. Langkah tepat ini membuat waktumu tidak tersita banyak oleh karena rasa cemas. 

Itulah tadi 5 trik sederhana untuk mengusir kecemasan yang tengah kamu alami. Mendingan segera mengatasi daripada terus larut dalam rasa cemas, kan? 

Baca Juga: 5 Tips Memulai Hubungan Bagi Orang yang Memiliki Kecemasan Sosial  

Nurfi Photo Community Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You