Comscore Tracker

7 Cara Melepas Rasa Benci Pada Diri Sendiri, Damaikan Hatimu

Karena membenci diri sendiri bak hama yang mesti diberantas

Manusia diciptakan dengan berbagai perasaan. Ada rasa cinta, namun ada juga rasa benci. Sayang seribu sayang, seseorang kerap dirundung kebencian bahkan pada dirinya sendiri. Ya, perihal menerima diri sendiri terkadang bukan sesuatu yang mudah. Self-love pun belum tentu dimiliki setiap orang. Ada kalanya terjerat benci pada diri sendirilah yang membuat self-love makin sulit untuk tumbuh. 

Sebetulnya, bukan berarti mereka yang kerap membenci dirinya ingin terus seperti itu. Yang jadi persoalan adalah bingung tentang bagaimana caranya untuk berdamai dengan hati dan belajar mencintai diri sendiri. 

Self-hatred bisa menghambat kehidupan dan kebahagiaan. Oleh karena itu, kamu harus belajar menghilangkannya. Sebelum makin terlambat, cobalah melepas rasa benci terhadap diri sendiri lewat 7 cara berikut ini. 

1. Cari tahu apa yang kerap kamu benci dari diri sendiri

7 Cara Melepas Rasa Benci Pada Diri Sendiri, Damaikan HatimuUnsplash.com/Ladislav Bona

Segala sesuatu yang terjadi pasti disertai dengan alasan. Juga pada saat kamu membenci diri sendiri. Ketika kamu mengalaminya, jangan malas untuk mencari tahu apa saja alasan di baliknya. Jika kamu merasa belum sepenuhnya mengembangkan diri, belajarlah untuk mencoba keluar dari zona nyaman dan tingkatkan kemampuan dengan tekad yang kuat. 

2. Berhenti dari kebiasaan negative self-talk

7 Cara Melepas Rasa Benci Pada Diri Sendiri, Damaikan HatimuUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Berbicara buruk tentang diri sendiri sering kali dilakukan ketika seseorang membenci dirinya. Padahal hal buruk yang diucapkan akan semakin membebani batin. Bila terus dilanjutkan tanpa peduli dampak yang diberikan, justru akan merusak mindset. Maka dari itu, ubahlah negative self-talk menjadi sebuah ujaran positif terhadap diri sendiri. Pada awalnya memang sulit, tapi jika sudah terbiasa rasa benci terhadap diri sendiri bisa dihilangkan. 

3. Jangan terobsesi menjadi orang yang sempurna

7 Cara Melepas Rasa Benci Pada Diri Sendiri, Damaikan HatimuUnsplash.com/Elizeu Dias

Terus mengejar kesempurnaan cenderung menyiksa batinmu. Padahal gak ada satu pun manusia yang sempurna. Jika obsesi terlanjur memaksamu untuk menjadi sempurna, kamu akan selalu merasa gak puas dengan diri sendiri. Daripada seperti itu, lebih baik kamu fokuskan diri untuk melakukan yang terbaik tanpa berpatok pada kesempurnaan. 

Baca Juga: 5 Hal Ini Bikin Motivasi Kamu Tidak Berguna untuk Meraih Sukses

4. Belajar memperlakukan diri sendiri dengan baik

7 Cara Melepas Rasa Benci Pada Diri Sendiri, Damaikan HatimuUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Selama ini kamu tahu kalau memperlakukan orang lain dengan baik itu adalah hal penting. Tapi, apakah kamu sudah sadar bahwa kamu pun wajib memperlakukan diri sendiri dengan baik? Kadang pihak yang paling menyakitimu bukanlah orang lain, melainkan diri sendiri. Jika ingin bebas dari siksaan batin tersebut, maka mulailah perlakukan diri dengan baik pula. 

5. Sediakan waktu untuk menyenangkan diri

7 Cara Melepas Rasa Benci Pada Diri Sendiri, Damaikan HatimuUnsplash.com/Eduardo Dutra

Kenali apa saja sesuatu yang kamu sukai dan jangan sungkan untuk mulai meluangkan waktu demi kesenanganmu. Paling enggak, kamu mesti selipkan waktu buat diri sendiri sesibuk dan serumit apa pun hidupmu kelak. Jika dilakukan, rasa benci terhadap diri dan kehidupan akan perlahan memudar karena dari sini kamu dapat melihat lebih jelas bahwa ada banyak hal menyenangkan yang gak boleh disia-siakan. 

6. Bebaskan dirimu dari jeratan masa lalu

7 Cara Melepas Rasa Benci Pada Diri Sendiri, Damaikan HatimuUnsplash.com/Taylor Ann Wright

Terjerat masa lalu kerap membuat seseorang sulit melangkahkan kaki untuk maju dan pada akhirnya membenci diri sendiri. Di saat yang sama, kamu sulit merasa bahagia sehingga cuma bisa menyalahkan diri dan keadaan. Jika kamu mengalaminya, sadarlah bahwa masa lalu sudah lewat. Ambil pelajaran berharga dari masa lalumu untuk kemudian memaafkan diri dan melanjutkan hidup. 

7. Berani keluar dari pergaulan kurang sehat

7 Cara Melepas Rasa Benci Pada Diri Sendiri, Damaikan HatimuPexels.com/Isadora Menezes

Terkungkung dalam pergaulan yang gak sehat dapat memberi dampak buruk berupa pemikiran negatif yang terus tumbuh. Dengan keadaan tersebut, rasa benci terhadap diri bukannya menghilang justru semakin berkembang tanpa disadari. Inilah pentingnya untuk keluar dari pertemanan yang gak sehat dan mulai mencari sahabat yang bisa memberi pengaruh positif buatmu. 

Terus dekatkan dirimu pada kebiasaan-kebiasaan baik supaya self-love mulai lekat tertanam. Semoga benci yang kerap dirasa bisa perlahan dilepaskan sehingga kamu lebih berbahagia dalam menjalani hidup.

Baca Juga: 5 Hal Ini Bikin Motivasi Kamu Tidak Berguna untuk Meraih Sukses

Nurfi Photo Community Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You