Comscore Tracker

#GreenBeauty 5 Manfaat Berantai Daur Ulang dengan Aplikasi eRecycle

Menyalurkan nilai kebaikan dengan sejuta kemudahan

Menjaga lingkungan tetap lestari adalah prioritas bersama. Terlebih saat bumi sedang bergelut dengan isu darurat sampah seperti sekarang ini. Ternyata buat keluar dari situasi darurat, buang sampah di tempatnya masih belum cukup, guys. Untuk sampah mudah terurai mungkin masih efektif, lantas gimana dengan yang sulit banget terurai? 

Jawabannya dengan daur ulang atau sering disebut recycle. Bagi kamu yang mau berpartisipasi menggencarkan #onegreenstep tapi bingung menyalurkan sampahmu kemana, eRecycle solusinya. Aplikasi berbasis digital ini bermitra dengan Garnier, brand kecantikan terkemuka untuk mendukung aksi daur ulang jadi serba mudah. 

Ada segudang manfaat berantai yang ditawarkan dari daur ulang dengan bantuan eRecycle. Saatnya kamu ikut ambil bagian jadi pahlawan lingkungan!

1. Merealisasi nilai kebaikan dengan cara super gampang

#GreenBeauty 5 Manfaat Berantai Daur Ulang dengan Aplikasi eRecycleilustrasi ponsel (Pexels.com/@giftpundits-com-551816)

Daur ulang masuk dalam salah satu konsep kelola sampah 3R yaitu : Reduce, Reuse, dan Recycle. Usai mengurangi dan menggunakan kembali barang yang bisa kamu pakai, langkah terakhir adalah mendaur ulang. Buang jauh-jauh rasa bingung karena sekarang ada eRecycle yang mampu jemput sampah milikmu untuk didaur ulang. 

Step pertama, tentu kamu wajib download terlebih dahulu aplikasi eRecycle di Google Play atau App Store. Setelah registrasi selesai, kamu bisa beralih ke menu ‘Pindai Sampah’ untuk scan sampah terpilah sesuai nomor barcode. Bila tanpa barcode, kamu bisa masukkan secara manual limbah yang ingin dijemput di menu ‘Pilah Sampah’. 

Dengan langkah sesederhana recycle kamu sudah berhasil menolong lingkungan sekitar. Cuma butuh beberapa kali klik aplikasi eRecycle di ponsel pintar, kamu bisa mengalihkan limbah ke sarana terpercaya untuk proses daur ulang.

2. Menukar sampah terpilah milikmu menjadi uang

#GreenBeauty 5 Manfaat Berantai Daur Ulang dengan Aplikasi eRecycleilustrasi uang hasil jual sampah (Unsplash.com/@cdubo)

Coba tengok sekitarmu. Entah rumah atau yang tempat yang paling lekat dengan diri sendiri, yaitu kamar tidur. Apa ada barang bekas terpakai yang bisa kamu singkirkan demi kenyamanan? Botol minum bekas, kemasan atau botol skincare yang sudah habis, atau mungkin yang lain? Kalau ada, yuk mulai sekarang pilah dan tukar sampah milikmu biar jadi uang!  

Bukan cuma plastik, jenis lain seperti kaca pun diterima. Nantinya setiap sampah terpilah yang kamu serahkan bakal diverifikasi oleh picker eRecycle dan dihargai sesuai nominal jenis limbah. Di aplikasi ini, 1 poin sama halnya dengan Rp1. Selanjutnya poin yang terkumpul bisa dicairkan dengan minimum saldo 10.000 poin. 

Penjemputan sampah berlaku untuk kamu yang tinggal di wilayah Jadetabek. Bagi kamu yang berdomisili di luar Jadetabek, jangan bersedih hati karena akan segera menyusul di kota-kota lainnya! 

Baca Juga: #GreenBeauty 10 Ide Brilian Daur Ulang Sampah Wadah Produk Kecantikan 

3. Memungkinkan kamu berdonasi dari hasil penjualan sampah

#GreenBeauty 5 Manfaat Berantai Daur Ulang dengan Aplikasi eRecycleIlustrasi Aplikasi eRecycle (Instagram.com/erecycle.id)

Di eRecycle tersedia fitur baru berupa ‘Transfer’ untuk mencairkan poin ke rekening sendiri dan opsi lainnya berupa ‘Donasi’. Diberi kebebasan memilih, opsi ‘Donasi’ ini memungkinkan kamu buat menyumbang hasil poin yang sudah terkumpul dari penjualan sampah terpilah milikmu.

Lewat kerja sama eRecycle dengan Garnier, seluruh nominal donasi yang terkumpul akan dialihkan ke yayasan bernama XSProject. Yayasan ini berdedikasi sepenuhnya demi memastikan anak-anak pemulung di sekitar Jakarta mendapat program edukasi dan layanan kesehatan yang layak. 

Siapa sangka sampah yang ditanggulangi dengan bijak dengan eRecycle dapat menjadi berkah berkelanjutan. Terlebih bagi orang-orang yang membutuhkan bantuan. Semua orang berhak memperoleh hidup yang lebih baik, termasuk pemulung yang terbilang berandil besar dalam menangani sampah di negeri ini. 

4. Mentransformasi sampah terkumpul menjadi barang bermanfaat

#GreenBeauty 5 Manfaat Berantai Daur Ulang dengan Aplikasi eRecycleilustrasi barang hasil recycle (Pixabay.com/@ariesa66)

Sebagian besar limbah butuh waktu sangat lama untuk terurai alami. Demi menjaga bumi yang asri, akan lebih baik bila limbah bekas diserahkan untuk recycle. Berkomitmen dengan Garnier lewat #GarnierGreenBeauty, semua sampah plastik yang terkumpul oleh eRecycle akan dikirim ke Bank Sampah Induk Rumah Harum Depok dan pabrik-pabrik daur ulang. 

Nantinya semua yang terkumpul akan di-recycle menjadi barang yang jauh lebih berguna. Kebayang gak, sampah yang selama ini dianggap gak bernilai dapat bertransformasi menjadi furniture rumah tangga. Selain itu pallet, eco-brick, serta packaging yang ramah lingkungan juga bisa dihasilkan dari sampah bekas pakai. 

Daripada dibiarkan jadi timbulan, cuma butuh waktu beberapa menit untuk pilah sampah yang ada di sekitarmu untuk kemudian dikumpulkan dan didaur ulang. Bermanfaat banget, setuju?

5. Mengurangi jumlah polusi plastik dengan perlahan tapi pasti

#GreenBeauty 5 Manfaat Berantai Daur Ulang dengan Aplikasi eRecycleGarnier Green Beauty (Instagram.com/garnierindonesia)

Pencemaran lingkungan akibat sampah sudah berada di level darurat. Menurut siaran pers Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Februari 2020, jumlah timbunan sampah di Indonesia dalam satu tahun berkisar 67,8 juta ton. Angka ini akan kian bertambah seiring pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia. 

Hadir sebagai solusi cemerlang, kolaborasi program daur ulang eRecycle dengan Garnier ini datang dengan misi mulia mengurangi sampah plastik yang merajalela. Kampanye #GarnierGreenBeauty akan terus diserukan dengan tujuan membidik target recycle 100 ton sampah-sampah plastik per tahun. 

Meski sepintas kedengaran sulit, bukan mustahil untuk menangani isu polusi plastik secara bertahap. Kamu juga berkesempatan memberi kontribusi untuk lingkungan yang lebih hijau, lho! Penasaran ingin tahu lebih jauh tentang komitmen Garnier Green Beauty? Kamu bisa cek tautan berikut https://www.garnier.co.id/greenbeauty.

Yuk, tebar kebaikan sekecil apapun di setiap langkah hidupmu! Dukung terus gerakan menuju bumi yang hijau melalui daur ulang di eRecycle dan juga #GarnierxIDNTimes melalui komitmen Garnier Green Beauty yang menginspirasi. Semangatlah para pahlawan lingkungan!


SUMBER : http://ppid.menlhk.go.id/siaran_pers/browse/2329 

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Komitmen yang Diamalkan dari Memilih Brand Cruelty-Free

Nurfi Islami Photo Verified Writer Nurfi Islami

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya