Comscore Tracker

5 Quotes Ali bin Abi Thalib yang Ajarkan Arti Pertemanan

Pertemananmu jadi awet, deh seperti Ali dan Rasulullah!

Ali bin Abi Thalib adalah khalifah keempat dari Khulafa' Ar-Rasyidin. Ia merupakan sepupu Rasulullah sekaligus menantunya. Sebagai salah satu orang terdekat Nabi, Ali banyak menimba ilmu Islam dan terkenal sebagai orang yang cerdas dan kritis. 

Banyak petuah Ali bin Abi Thalib yang dapat diterapkan dalam kehidupan, seperti bagaimana mengenali teman yang benar-benar tulus denganmu. Secara keseluruhan berarti mengenali teman yang baik. Nah, berikut adalah ucapan dari beliau tentang arti pertemanan.

1. Jangan menginginkan persahabatan dari orang yang tidak menginginkannya darimu

5 Quotes Ali bin Abi Thalib yang Ajarkan Arti Pertemananpixabay.com/StockSnap

Misalnya kamu berpikir untuk menjalin hubungan persahabatan dengan seseorang, tetapi sayangnya orang itu malah sebaliknya. Bisa jadi ada hal-hal yang membuatnya tidak merasa cocok denganmu. Jika terjadi hal demikian, jangan paksakan. Kamu berhak untuk bersahabat dengan orang yang mengerti dan tulus dari dalam hati. 

Menganggap sahabat orang yang sebenarnya tak ingin malah bakal ruwet dan memicu rasa tidak nyaman, lho! 

2. Jumlah teman yang kamu miliki banyak ketika kamu menghitungnya, akan tetapi itu akan menjadi sedikit ketika kamu sedang dalam masa sulit 

5 Quotes Ali bin Abi Thalib yang Ajarkan Arti Pertemananpixabay.com/sasint

Terkadang kamu bakal dihadapkan dalam situasi sulit dan kamu butuh teman untuk membantu baik dari segi moral maupun materi. Saat hal itu terjadi, maka teman sejati akan datang menawarkan bantuan bahkan tanpa diminta. 

Namun, sayangnya gak semua teman sama sikapnya dalam setiap situasi. Ada teman yang hanya muncul di saat masa senang, tapi tidak jika dalam masa sulit. 

Baca Juga: 5 Quotes dari Ali bin Abi Thalib Ini Mampu Bikin Hatimu Adem!

3. Seorang teman sejati adalah dia yang memberi nasihat ketika melihat kesalahanmu dan dia yang membelamu saat kamu tidak ada

5 Quotes Ali bin Abi Thalib yang Ajarkan Arti Pertemananpixabay.com/simple_tuchi0

Teman sejati gak akan rela melihat temannya tenggelam dalam kesalahan. Ia akan menasihati dengan bijak dan membantumu menjadi lebih baik. Ia juga akan menjadi tameng jika kamu digunjingkan dan dihina meski kamu gak ada. Bukannya baik di depan tapi malah busuk di belakang.

Kuncinya adalah teman sejati gak bakal tinggal diam dan gak melakukan apa-apa jika temannya dalam kesusahan.

4. Berilah ribuan kesempatan bagi musuhmu untuk bisa menjadi temanmu, namun jangan berikan satu kesempatan pun pada temanmu untuk menjadi musuhmu

5 Quotes Ali bin Abi Thalib yang Ajarkan Arti Pertemananpixabay.com/josephredfield

Jadilah orang yang disegani bagi musuh, karena bisa jadi ia akan melunak dan malah berpihak padamu. Namun, jangan membuat hubungan dengan teman yang telah terjalin erat menjadi kacau dan membuatmu jadi bermusuhan. 

Kepercayaan dan saling terbuka adalah kunci utama dari pertemanan. Seribu kawan lebih baik dari seribu lawan, ya!

5. Seorang teman tidak bisa disebut sebagai teman sampai ia diuji dalam tiga kesempatan; 1) pada saat kamu membutuhkannya, 2) bagaimana sikap yang ia tunjukkan di belakangmu, 3) bagaimana sikapnya setelah kematianmu

5 Quotes Ali bin Abi Thalib yang Ajarkan Arti Pertemananpixabay.com/fancycrave1

Sikap seorang teman yang benar-benar tulus adalah gak mudah berubah-ubah dalam keadaan apa pun. Ia tidak putih di depan atau hitam di belakang. Jika dibutuhkan, ia akan mengulurkan tangan dengan hati. Begitu pun jika kamu tak berada di dekatnya, ia selalu menjaga pertemanan dengan tidak membicarakanmu ketika bersama orang lain. 

Selain itu, ketika dipisahkan oleh kematian, tak ada yang perubahan. Teman sejati tetap menyayangi dan mengenang dengan setulus hati. Kamu pastinya mengidam-idamkan teman yang seperti itu, kan? 

Itulah penjelasan 5 quotes yang sangat berharga dari Khalifah Ali bin Thalib. Tentunya mempunyai teman yang tulus adalah hal yang sangat diinginkan oleh setiap manusia. Nah, apakah kamu mempunyai teman seperti yang diharapkan? Tulis di kolom komentar, ya! 

Baca Juga: 5 Tanda yang Tunjukkan Hubunganmu Sedang Memisahkan dari Pertemanan

Mbak Endut Photo Writer Mbak Endut

Mahasiswa, penulis lepas, dan staf inti di penerbitan indie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya