Comscore Tracker

Gelaran JFW 2023 Sebagai Pendukung Kemajuan Fashion di Indonesia

Sukses digelar usai pandemik!

Acara Jakarta Fashion Week atau dikenal JFW telah sukses diselenggarakan selama seminggu penuh, mulai 24 - 30 Oktober 2022. Gelaran ini diselenggaran secara langsung di Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan, dan online.

Pada kesempatan ini, JFW mengusung tema Fashion Reformation. Andandika Surastja, Creative Director Jakarta Fashion Week 2023, mengungkapkan bila ada 34 fashion show yang disuguhkan oleh 126 desainer dengan lebih dari 1600 look yang ditampilkan oleh 200 model.

Pada penghujung acaranya, JFW mengadakan pers conference, yang dihadiri oleh, Svida Alisjahbana, Chairman Jakarta Fashion Week dan CEO GCM Group, Qiqi Franky, Makeup and Hairdo Director, dan Arlyn Hanessia, Head Brand Building Make Over Indonesia, yang dilaksanakan pada Kamis (24/11/22). Dalam acara ini, dibahas mengenai berbagai hal yang terjadi dalam gelaran JFW. Yuk, simak info jelasnya berikut ini!

1. Gelaran JFW 2023 sebagai ajang berkumpulnya para fashion enthusiast Indonesia

Gelaran JFW 2023 Sebagai Pendukung Kemajuan Fashion di IndonesiaZoom Meeting Acara Penutupan JFW 2023. 24 November 2022 (IDN Times/Nurkorida Aeni)

Setelah hiatus selama kurang lebih 2 tahun karena pandemik, pagelaran JFW kembali bisa dinikmati secara langsung. Pada momen ini, turut disukseskan dengan berkumpulnya para fashion enthusiast yang berlomba-lomba memamerkan koleksi terbaiknya. Svidia menyebutkan, acara ini bisa turut memajukan industri fashion tanah air.

"Jakarta Fashion Week benar-benar menjadi komunitas pecinta fashion dan untuk memajukan fashion industry dari Indonesia, karena kita memang mengajak desainer dari Jakarta, dari Bandung, dari Surabaya, kemudian dari NTT juga ada," tuturnya.

2. Kualitas desainer dan produk Indonesia mampu bersaing secara Internasional

Gelaran JFW 2023 Sebagai Pendukung Kemajuan Fashion di IndonesiaZoom Meeting Acara Penutupan JFW 2023. 24 November 2022 (IDN Times/Nurkorida Aeni)

Selain itu, pada pagelaran tahun ini juga ada banyak hal baru yang menakjubkan. Dengan tema dan suasana baru yang lebih segar, menjadikan tim makeup harus mengeksplorasi gaya dan tampilan baru guna mendukung look panggung dari 126 desainer tersebut. Meski demikian, Qiqi menilai bahwa produk lokal indonesia mampu mengatasi segala kesulitan tersebut, karena memiliki kualitas yang bagus.

“Desainer-desainer Indonesia sangat keren, demikian pula Make Over yang saat ini memiliki inovasi lebih banyak lagi. Make Over sebagai produk Indonesia bisa disejajarkan dengan produk dari luar (negeri), hasilnya spektakuler dan sangat bagus di kulit setiap model,” jelasnya.

3. Tren makeup di JFW 

Gelaran JFW 2023 Sebagai Pendukung Kemajuan Fashion di IndonesiaZoom Meeting Acara Penutupan JFW 2023. 24 November 2022 (IDN Times/Nurkorida Aeni)

Berbicara mengenai makeup, pada pagelaran JFW kali ini juga mengusung tren teranyar, sehingga banyak look baru yang lebih segar ditampilkan dalam acara ini. Arlyn menyebutkan, tren yang terjadi benar-benar cepat berubah menyesuaikan dengan kondisi yang saat ini.

"Kalau melihat tren di dua tahun ini, terutama di JFW tahun 2022 untuk tahun 2023, kayaknya di tahun ini makeup-nya sudah makin eksploratif dan eksperimental banget, sesuai dengan dunia fashion," ungkapnya.

Baca Juga: 5 Brand Lokal yang Berkolaborasi dengan APR di JFW 2023, Tampil Kece!

4. Tonjolkan keunikan yang dimiliki tiap model

Gelaran JFW 2023 Sebagai Pendukung Kemajuan Fashion di IndonesiaDewi Fashion Knight Fashion Counture (dok.pribadi/Jakarta Fashion Week)

Semua model yang memeriahkan acara ini tampil dengan menonjolkan keunikannya masing-masing. Sehingga, mereka mampu mencuri perhatian para audiens dengan versi terbaiknya, tanpa harus terlihat serupa. Hal tersebut juga seolah menunjukkan, bahwa perempuan Indonesia tampak ayu dengan perbedaan yang dimilikinya.

" Apa pun total look yang dihasilkan tetap mencirikan kecantikan khas Indonesia, tidak membuat model kehilangan karakternya," ungkap Qiqi.

Sesuai dengan temanya, maka pada pagelaran ini JFW senantiasa terus berusaha untuk menunjukkan, bagaimana reformasi fashion terus berkembang. Salah satunya lewat keindahan dalam perbedaan.

5. Harapan gelaran JFW di tahun-tahun berikutnya

Gelaran JFW 2023 Sebagai Pendukung Kemajuan Fashion di IndonesiaBackstage acara JFW 2023 (dok.pribadi/Jakarta Fashion Week)

Setelah berhasil memeriahkan pagelaran tahun ini, JFW akan terus berkomitmen untuk menampilkan acara yang lebih baik untuk tahun-tahun ke depan. Hal tersebut juga turut disampaikan oleh Svidia, yang mengungkapkan harapannya di gelaran mendatang.

"Jakarta Fashion Week dari tahun pertama memang objektifnya adalah untuk kita sebagai panitia, lalu ada desainer, lalu ada ada penonton. Tentunya kita ingin dibawa lebih dari sekadar apa yang ada di tempat, tetapi membawanya ke dunia," ungkapnya.

Dengan berakhirnya gelaran JFW 2023 ini, diharapkan akan mampu menginspirasi banyak kalangan, terutama pecinta fashion. Selain itu, jangan lupa untuk nantikan juga gelaran JFW di tahun depan, ya!

Baca Juga: 9 Koleksi Wardah x Kami & Lace by Artkea di JFW 2023, Positive Vibes!

Nurkorida Aeni Photo Verified Writer Nurkorida Aeni

Mari berteman!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya