Comscore Tracker

5 Cara Berhenti dari Kebiasaan Mencampuri Kehidupan Orang Lain

Jangan buang-buang waktu guys!

Tanpa disadari seringkali kita mencampuri kehidupan orang lain bahkan hingga melupakan kehidupan diri sendiri. Jika sudah seperti ini, kamu perlu berhenti dari kebiasaan buruk ini yang cuma akan buang-buang waktu dan merugikan dirimu saja.

Nah, lima cara ini bisa kamu lakukan agar berhenti dari kebiasaan mencampuri kehidupan orang lain. Apa saja? Yuk simak langsung!

1. Sibukkan dirimu dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat

5 Cara Berhenti dari Kebiasaan Mencampuri Kehidupan Orang Lainpexels.com/@olly

Salah satu cara paling ampuh agar tidak mencampuri urusan orang lain adalah dengan menyibukkan diri sendiri. Lakukan kegiatan seperti bekerja, belajar, bergelut dengan hobi dan kegiatan bermanfaat lainnya yang membuatmu tak sempat mengurusi kehidupan orang lain. Selain itu, cara ini juga baik agar pekerjaanmu tidak terlantar karena mengurusi hal-hal yang tak penting.

2. Fokus terhadap perkembangan dirimu sendiri

5 Cara Berhenti dari Kebiasaan Mencampuri Kehidupan Orang Lainpexels.com/@olly

Daripada kamu sibuk mencampuri kehidupan orang lain, alangkah lebih baik jika kamu fokus terhadap perkembangan dirimu sendiri agar menjadi sosok yang lebih baik. Terus fokuskan diri dan terus belajar menjadi orang yang lebih baik sebelum kamu mencampuri urusan orang lain ya!

Baca Juga: Menyebalkan, 5 Zodiak Ini Suka Mencampuri Urusan Orang Lain

3. Hindari bergosip saat sedang berkumpul dengan teman

5 Cara Berhenti dari Kebiasaan Mencampuri Kehidupan Orang Lainpexels.com/@elevate

Bergosip memanglah sudah dianggap biasa dan sulit untuk dihindari ketika sedang berkumpul bersama teman-teman. Tanpa disadari salah satu dari teman atau bahkan kamu sendiri akan mulai membahas kehidupan orang lain untuk menjadi topik perbincangan.

Nah, kalau kamu sudah kebiasaan melakukan hal ini, sebaiknya kamu mencoba untuk menguranginya ya. Jika temanmu yang memulai bergosip, kamu bisa mengalihkan topik pembicaraan ke hal-hal yang lebih positif dan menarik.

4. Simpan pikiranmu untuk diri sendiri

5 Cara Berhenti dari Kebiasaan Mencampuri Kehidupan Orang Lainunsplash.com/@mimithian

Pastinya setiap orang memiliki pandangan, pendapat, dan pemikiran terhadap orang lain. Namun, tak semuanya bisa kamu sampaikan atau utarakan kepada orang lain, atau bahkan orang yang kamu maksud. Jika pemikiranmu akan menyakitkan orang lain, sebaiknya kamu menyimpannya untuk dirimu sendiri, karena kamu tidak pernah tahu perasaan orang lain saat menerima pemikiranmu.

5. Berpikir sebelum bertindak

5 Cara Berhenti dari Kebiasaan Mencampuri Kehidupan Orang Lainpexels.com/@olly

Tak hanya lewat kata-kata, sebelum kamu ingin mencampuri kehidupan orang lain, alangkah baiknya jika kamu berpikir matang-matang sebelum bertindak lebih jauh apalagi jika sampai salah langkah. Pikirkan lah apakah tindakanmu nantinnya akan berdampak positif kepada orang yang kamu maksud, atau apakah tindakanmu akan bermanfaat untuk dirimu sendiri.

Nah, itu dia lima cara jitu agar kamu bisa berhenti dari kebiasaan mencampuri kehidupan orang lain. Yuk fokus pada diri sendiri biar kamu gak menyesal melihat kesuksesan orang lain nantinya.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Tak Semestinya Kamu Ikut Campur Urusan Orang Lain

Nursyamsi Kusuma Dewi Photo Verified Writer Nursyamsi Kusuma Dewi

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya