Comscore Tracker

Ajukan 5 Pertanyaan Ini pada Dirimu Sebelum Berbicara

Pikirkan dengan matang, ya!

"Mulutmu, harimaumu," itulah pepatah yang sering kita dengar namun tetap terabaikan. Setiap kata-kata yang keluar dari mulut kita memiliki kekuatan dan dampak untuk orang lain maupun untuk diri sendiri. Tak heran ketika ingin berbicara, sebisa mungkin untuk dipikirkan berulang kali apakah perkataan yang akan kita sampaikan akan menyakiti dan merugikan orang lain atau tidak.

Agar tidak salah berucap dan lebih bijak, lima pertanyaan ini perlu kamu pertanyakan kepada dirimu sendiri sebelum kamu berbicara kepada orang lain.

1. Apakah saya jujur dan mengetahui faktanya?

Ajukan 5 Pertanyaan Ini pada Dirimu Sebelum Berbicaraunsplash.com/@siavashghanbari

Saat ini kabar burung seperti gosip maupun berita hoax mudah sekali bertebaran dan dipercayai banyak orang. Tanpa disadari kita juga sering mempercayainya dan bahkan ikut menyebarkan kembali berita tersebut tanpa mencari tahu kebenarannya. Oleh karena itu, sebelum kamu ingin membicarakan sesuatu kepada orang lain, kamu harus memastikan kebenarannya terlebih dahulu agar tidak menjadi salah paham.

2. Apakah yang akan saya katakan diperlukan?

Ajukan 5 Pertanyaan Ini pada Dirimu Sebelum Berbicaraunsplash.com/@kxvn_lx

Terkadang tidak semua hal atau opini yang kita miliki perlu disampaikan. Jika pendapat atau opinimu bisa berpotensi menyakiti perasaan orang lain, sebaiknya kamu perlu pikirkan kembali sebelum menyampaikannya. 

Baca Juga: 5 Kalimat Bijak yang Mampu Membantumu Merasakan Kebahagiaan Hidup

3. Apakah ada cara yang lebih baik untuk mengatakannya?

Ajukan 5 Pertanyaan Ini pada Dirimu Sebelum Berbicaraunsplash.com/@priscilladupreez

Ketika kamu menyesali ucapan yang telah kamu lontarkan dari mulutmu, kamu tidak akan pernah bisa menariknya kembali. Maka dari itu, jika kamu memang ingin mengutarakan pendapat atau opini yang kamu punya, pilihlah kata-kata dan cara penyampaiannya yang baik serta bijak agar lawan bicaramu tidak mudah tersinggung dengan ucapanmu.

4. Apakah ini momen yang pantas untuk berbicara?

Ajukan 5 Pertanyaan Ini pada Dirimu Sebelum Berbicaraunsplash.com/@mimithian

Ketika akan berbicara sesuatu, ada adab yang perlu kamu perhatikan yaitu mengetahui momen atau kapan waktu yang tepat untuk menyampaikannya. Pastikan lawan bicaramu sedang dalam emosi yang stabil ataupun sedang dalam waktu senggang agar kata-kata yang ingin kamu sampaikan dapat diterima dengan baik dan tepat.

5. Apakah jika saya diam menjadi pilihan terbaik?

Ajukan 5 Pertanyaan Ini pada Dirimu Sebelum Berbicaraunsplash.com/@mkrisanova

Meskipun hal yang kamu anggap benar dan ingin kamu sampaikan adalah kejujuran terkadang hal itu tidak perlu untuk disampaikan. Ada masa di mana diam merupakan cara terbaik yang perlu kamu lakukan. Ada kala di mana kamu hanya perlu belajar mendengarkan tanpa perlu menghakimi atau berpendapat.

Itu dia lima pertanyaan yang perlu kamu tanyakan kepada diri sendiri sebelum berbicara kepada orang lain. Belajarlah menyebarkan kasih sayang dan kebaikan yang sama seperti yang ingin kamu dapatkan dari orang lain.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Jumlah Temanmu Semakin Sedikit saat Usiamu Bertambah

Nursyamsi Kusuma Dewi Photo Verified Writer Nursyamsi Kusuma Dewi

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya