Comscore Tracker

Jangan Gegabah, 5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Mengambil Keputusan

Simpel namun sangat berpengaruh kedepannya

Di dalam kehidupan, pasti ada masa di mana kamu merasa bimbang ketika harus memutuskan sesuatu. Saat itulah muncul beberapa pertanyaan seperti apa yang harus kamu lakukan? Apakah keputusan yang kamu ambil sudah tepat? Apa yang terjadi setelah memutuskannya? Yup, itulah pertanyaan umum yang akan kamu pikirkan saat akan membuat keputusan. 

Nah, biar kamu gak bimbang dalam mengambil keputusan, ini 5 hal yang perlu kamu ketahui dan kamu lakukan agar tidak jatuh dalam keputusan yang salah.

1. Prioritaskan kebutuhan daripada keinginan

Jangan Gegabah, 5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Mengambil Keputusanunsplash.com/@thinkdeep

Tak bisa dimungkiri banyak dari kita yang sering membuat keputusan tanpa memikirkan apakah itu sebuah kebutuhan atau hanya keinginan semata. Contoh umumnya saat kita mau membeli suatu barang yang terkadang dibeli hanya karena menginginkannya atau bahkan hanya iseng, padahal kamu tak terlalu membutuhkannya.

Oleh sebab itu, belajarlah untuk memprioritaskan kebutuhan utamamu sebelum hal-hal lainnya. Hal ini tak hanya soal membeli sesuatu, begitu juga berlaku untuk aspek kehidupan lainnya.

2. Bersabar dan menunggu beberapa waktu sebelum kamu memutuskan sesuatu

Jangan Gegabah, 5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Mengambil Keputusanunsplash.com/@plqml

Pastikan jika kamu ingin memutuskan sesuatu, cobalah untuk bersabar dan memberikan sedikit waktu. Hal ini dilakukan agar kamu bisa berpikir lebih matang dan sedang tidak dalam kondisi gegabah sebelum mengambil keputusan.

Baca Juga: 5 Tips untuk Bantu Kamu Ambil Keputusan Penting dalam Hidup

3. Mempertimbangkan dari semua faktor

Jangan Gegabah, 5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Mengambil Keputusanunsplash.com/@itsbrandonlopez

Sebelum membulatkan keputusan, hal yang sangat penting yaitu memikirkan efek yang akan terjadi dari semua faktor ketika kamu memutuskan hal itu. Pertimbangkan hal-hal seperti siapa yang akan terpengaruh oleh keputusan yang kamu buat?

Apakah hal positif dan negatif yang akan kamu dapatkan nanti? Apakah kamu siap menghadapi apa pun yang akan terjadi setelah membuat keputusan? Nah, semua pertanyaan-pertanyaan yang ada di benakmu inilah yang harus kamu jawab sebelum memberikan keputusan.

4. Meminta saran kepada orang terdekat

Jangan Gegabah, 5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Mengambil Keputusanunsplash.com/@mimithian

Jika kamu memang benar-benar ragu dengan dirimu sendiri, tak ada salahnya kalau kamu meminta saran dengan orang-orang yang memang kamu percaya dan berpengalaman. Carilah saran dari beberapa orang agar kamu bisa melihat dari banyak sisi, jadi kamu akan lebih mudah dalam membuat keputusan.

5. Memikirkan untuk tujuan jangka panjang

Jangan Gegabah, 5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Mengambil Keputusanunsplash.com/@cjoudrey

Hal yang tak kalah penting sebelum akhirnya kamu membulatkan keputusan yaitu memikirkan untuk jangka panjang. Contohnya seperti saat kamu ingin membeli barang, belilah barang yang lebih mahal namun bisa dipakai untuk waktu yang lama daripada kamu membeli barang murah namun hanya bisa bertahan untuk waktu singkat dan akhirnya kamu pun harus membelinya lagi. 

Itulah 5 hal yang perlu kamu tahu dan lakukan sebelum kamu membuat keputusan. Meski beberapa hal di atas terdengar sepele, namun hal kecil itu bisa berpengaruh besar ketika kamu melakukannya.

Baca Juga: 12 Gaya Pembuat Keputusan Ini Dipercaya Dimiliki Semua Orang

Nursyamsi Kusuma Dewi Photo Verified Writer Nursyamsi Kusuma Dewi

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya